5 Keuntungan Program Pathway untuk Kuliah Ke Luar Negeri

5 Keuntungan Program Pathway untuk Kuliah Ke Luar Negeri

Kuliah di luar negeri memang terdengar sebuah hak istimewa. Betul! Selain tak semua orang mampu, kuliah di luar negeri membutuhkan effort yang jauh lebih besar. Mereka harus fasih dengan Bahasa Inggris, adaptasi dan semangat memasuki system Pendidikan baru. Gak main-main, saingan kita bukan anak tetangga lagi. Tapi mereka dari berbagai belahan dunia. Nampak menantang bukan? Bagaimana dengan mereka yang kurang percaya diri? Mereka yang kemampuan Bahasnya masih kurang?. Atau mereka yang perlu waktu tambahan untuk mengatasi culture shock?. Banyak juga yang perlu dukungan untuk adaptasi perihal akademik. Maka, program pathway adalah jawabanya.

5 Keuntungan Program Pathway untuk Kuliah Ke Luar Negeri

 

Pathway adalah sebuah program yang menjembatani perbedaan system dan kualifikasi calon mahasiswa internasional dan syarat masuk sebuah universitas. Bisa berupa kurikulum, nilai dan bahasa. Selama berada di program pathway, mahasiswa akan mempelajari ilmu dasar sesuai dengan jurusan yang dipilih. Selain itu, mahasiswa juga akan dilatih menyesuaikan diri. Karena, bisa jadi gaya pengajaran yang akan mereka dapatkan akan banyak berbeda dibandingkan apa yang pernah mereka alami.

 

Pathway membantumu lebih cepat beradaptasi 

Kendala apa yang paling umum dihadapi calon mahasiswa internasional? Yap, jawabannya adalah Bahasa.Perbedaan Bahasa ibu ini akan banyak merepotkan. Terutama kalau kita tidak biasa menggunakan Bahas Inggris. Bisa jadi, kita akan kesulitan untuk mengikuti proses belajar.  Bagaimanapun juga, kita harus bisa mengerti apa yang dosen sampaikan, mengerjakan tugas, atau berbicara dengan teman .Nah! Kekurangan kita dalam menguasai Bahasa Inggris ini akan dikikis dalam program pathway. Selama 2 tahun, kamu akan berubah menjadi mahasiswa yang benar-benar siap berprestasi dari segi komunikasi.

Beradaptasi juga perlu loh! Siapa tahu tipe dosennya 100% beda

Umumnya, kelas-kelas di Indonesia berbeda dengan di luar negeri. Baik itu dari cara mengajar guru, penilaian atau Bahasa yang digunakan. Jika dulu lebih banyak duduk manis dan mendengarkan guru bercerita, kehidupan kelas di luar negeri berbeda. Siapa tahu kampusmu nanti lebih mengutamakan presentasi dan kerja kelompok. Atau, karena satu kelas diisi banyak mahasiswa, kamu harus belajar bagaimana caranya bisa di notif oleh dosen. Nah, hal-hal seperti inilah yang akan kamu pelajari di pathway. Antara penting gak penting sih. Namun, belajar beradaptasi itu harus.

Melatih percaya diri

Persiapan yang baik tentu akan membawa hasil yang baik. Kita akan percaya diri dengan kemampuan Bahasa yang telah stabil. Kita juga telah paham system belajar mengajar yang baru. Kepercayaan diri ini akan membuat kita lebih siap untuk belajar dan berkompetisi.

Dijamin Lebih hemat

2 tahun program pathway dan langsung transfer ke University di tahun ke tiga sangat efektif. Terlebih untuk urusan dana. Pasalnya, mahasiswa transfer tidak perlu mengulang dari tahun pertama. Mereka akan langsung ke tahun ke tiga seperti mahasiswa regular lain. Dibandingkan dengan 4 tahun di universitas, 2 tahun di pathway dan 2 tahun di universitas sangatlah affordable.

 

“ Tahukah kamu? Ada program pathway yang bisa kamu jalani di Jakarta. Yaitu melalui Sampoerna University. Sebuah University unggulan yang bekerja sama dengan berbagai Universitas di dunia. Kamu bisa menyelesaikan 2 tahun pertama di indonesia, baru kemudian melanjutkanya di luar negeri. Kurikulum, kualitas dan fasilitas Sampoerna University tidak perlu diragukan lagi. Menurut Vista, program yang ditawarkan Sampoerna University ini merupakan pilihan yang cerdas “

 

Jaminan transfer ke Universitas impian

Karena adanya banyak celah dan perbedaan, langsung lolos seleksi masuk kampus besar itu berat. Ditambah dengan persiapan mental culture shock dan kendala Bahasa. Namun, Pathway menghapus semua batasan tersebut. Dengan 4 keuntungan diatas, kamu masih bisa lanjut ke Universitas impian. Yang jelas, kamu akan berada pada level yang lebih siap dibandingkan sebelumnya. Tugas kamu adalah memilih program pathway terbaik. Salah satunya adalah Sampoerna University. Kampus idola ini bekerja sama dengan berbagai Universitas dunia yang bisa kamu pilih. Diantaranya adalah :

  1. University of Arizona
  2. Broward College

 Apakah ada Program pathway tapi langsung di luar negeri? 

Tentu saja ada!. Salah satu penyelanggaranya adalah navitas. Navitas bekerja sama dengan berbagai universitas keren seperti  

  1. (UMass) University of Massachusetts, Dartmouth
  2. (UMass) University of Massachusetts, Lowell
  3. (UMass) University of Massachusetts, Boston
  4. University of New Hampshire
  5. Western Kentucky University
  6. Florida Atlantic University
  7. Curtin University
  8. Deakin University 
  9. La Trobe University dan masih banyak lagi 

Pathway navitas berada di area yang sama dengan universitas partner. Kamu juga berhak menggunakan perpustakan, area olahraga, kantin dan fasilitas lain. Gak ada bedanya dengan mahasiswa lain. Oh, sedikit perbedaanya adalah : Kamu akan berada di kelas-kelas yang lebih kecil. Kamu akan mendapat pengajaran lebih intensive. Kamu juga akan mendapat sederet bantuan akademik tambahan seperti kelas bahasa. Secara biaya juga jauh lebih affordable. Jika sudah siap, kamu akan bergabung ke kelas reguler mahasiswa universitas alias transfer. 

Jika kamu membutuhkan bantuan soal pathway, jangan lupa hubungi konsultan Vista Education ya! 
Kirim pesan lewat whatsapp atau hubungi kantor terdekat