5 Jurusan yang Bisa Kamu Ambil Untuk Menjadi UI/UX Designer
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Jurusan yang Bisa Kamu Ambil Untuk Menjadi UI/UX Designer

5 Jurusan yang Bisa Kamu Ambil Untuk Menjadi UI/UX Designer

Posisi pekerjaan baru yang sedang booming banget ini bernama UI/UX designer. Dia juga diprediksi semakin besar di masa depan. Kamu tertarik untuk menjadi UI/UX designer?

Bisnis digital saat ini sedang berkembang pesat. Penjualan produk dan jasa dilakukan melalui e-commerce maupun aplikasi. Untuk membuat e-commerce atau apps yang menarik, maka dibutuhkan desain yang atraktif bukan? Maka dari itu profesi UI/UX designer juga sedang marak di saat ini.

UI adalah singkatan dari User Interface dan UX adalah User Experience. Anak UI membuat design dengan tujuan estetika tampilan sebuah produk. Komponen UI meliputi tema layout desain, tombol, ikon, font dll.  Sedangkan anak UX bertugas untuk memberikan pengalaman menyenangkan bagi user saat mengakses produk. UX meliputi navigasi yang baik, fitur, konten, branding dan copywriting

Berhubung belum ada  jurusan UI/UX design, terus jurusan apa yang bisa diambil untuk menjadi seorang UI/UX designer? Ini lho jurusan-jurusan yang berhubungan dekat dengan UI/UX design.


Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan DKV menjadi jurusan yang punya hubungan paling dekat dengan UI/UX design. Jurusan yang sering dimasukkan ke dalam fakultas seni dan desain ini mempelajari dasar seni rupa dan desain, rekayasa dan desain, ilustrasi dasar, fotografi aplikatif, hingga komunikasi visual multimedia.

Dari materi yang dipelajari pada jurusan DKV, kamu dapat menjadi web designer atau UI/UX designer. Pada dasarnya, tampilan web harus didesain dengan apik dan kompatibel untuk perangkat mobile maupun pc. Jadi, jurusan ini tepat untuk kamu yang suka desain web juga.

Jurusan Desain Grafis

Selain biasa terlibat dalam pembuatan logo, gambar, berbagai desain geometrik, dan komunikasi visual, jurusan desain grafis dapat menjadi batu loncatan untuk menjadi UI/UX designer. Jurusan desain grafis akan banyak menggunakan software desain seperti Adobe Photoshop dan Illustrator. Mahasiswa dari jurusan ini juga akan terbiasa pada pembuatan poster, majalah, dan desain buku.

Menjadi UI/UX designer juga memerlukan pengetahuan tentang tipografi dan detail visual yang dapat dirasakan audiens. Maka dari itu, kamu bisa ambil jurusan desain grafis karena berhubungan erat dengan desain UI (User Interface).

Jurusan Sistem Informasi

Salah satu hal yang harus kamu kuasai ketika ingin menjadi UI/UX designer adalah pemrograman dasar dan studi mengenai internet di masyarakat. Di tingkat berikutnya, kamu dapat mempelajari tentang arsitektur informasi, sistem informasi, dan analisis data, yang dimana dapat dipelajari di jurusan sistem informasi.

Jurusan sistem informasi memiliki ilmu yang dapat membantumu dalam pembuatan prototype. Prototype berguna dalam pembuatan desain website maupun aplikasi yang nantinya akan digunakan oleh programmer.

Jurusan Ilmu Komputer

UI/UX design bukan melulu soal desain dan tampilannya, tetapi juga algoritma dan pemrograman yang ada dibalik pembuatan desain. Jurusan ilmu komputer mempelajari kedua hal tersebut ditambah struktur dan matematika.

Ilmu pemrograman yang kamu dapat di jurusan ini dapat membantumu menjadi jembatan komunikasi antara designer dan developer. Jurusan ilmu komputer tidak hanya membuatmu bekerja untuk desain, tetapi juga mendapatkan peran dalam pengembangan front-end.

Jurusan Psikologi

Lho, kok ambil jurusan psikologi? Apa ada kaitannya dengan desain UI/UX? Tentu saja ada kaitannya, terutama pda UX design. Kalau kamu ingin fokus pada UX design, kamu bisa ambil jurusan yang cenderung melakukan interaksi dengan manusia. Jurusan psikologi menjadi jurusan yang tepat untuk itu karena akan sering mempelajari perilaku manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Ketika ingin membuat desain interface yang menarik, designer harus mempertimbangkan pengalaman pengguna dalam menjalankan aplikasi atau platform-nya. Itu sebabnya psikologi menjadi jurusan yang bisa diambil jika kamu ingin menjadi UI/UX designer.


Wahh ternyata ada ya jurusan yang bisa jadi alternatif kalau mau jadi UI/UX designer! Kalau ingin cari tahu tentang jurusan lainnya, baca-baca artikel lain juga ya!

Hubungi juga Vista Education jika kamu ingin dapat rekomendasi kampus di luar negeru dengan jurusan yang kamu cari. Cuss klik tombol WhatsApp atau hubungi kantor terdekat kami.

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !