Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Jurusan Para CEO Start Up dan Owner Bisnis

5 Jurusan Para CEO Start Up dan Owner Bisnis

5 Referensi Jurusan yang banyak diambil oleh para CEO

Apakah kamu salah satu penggemar drakor Start-up ? Itu loh, drama yang bercerita tentang perjuangan para founder untuk merintis sebuah perusahaan. Drama yang dibintangi mbak Bae Suzi ini berhasil menarik banyak perhatian. Banyak dari kita yang akhirnya penasaran sama dunia start up. Kalau di Indonesia, banyak perusahaan start up yang kian bersinar. Contoh kecil adalah Gojek dan Bukalapak. Saat ini, makin banyak anak muda yang sedang berjuang untuk ide bisnisnya dan berusaha mendapat pendanaan. Apakah kamu pengen jadi Nam Do-San atau my love Han Jin-Pyeong. Oke, Ulasan kali ini akan membahas beberapa jurusan yang banyak diambil oleh CEO perusahaan rintisan dan owner bisnis lainnya.

Ilmu Komputer
Teknik Komputer merupakan salah satu jurusan pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer. Dalam kata lain, bidang studi ini akan melakukan pembahasan terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer yang menggunakan prinsip dan proses logika. Beberapa founder dengan jurusan Ilmu Komputer adalah Kevin Osmond. Kevin telah membangun beberapa startup yang didirikan dengan rekannya, seperti Fimela, Bouncity, Tiket.com, Weekend Inc, hingga yang paling baru adalah Printerous yang didirikannya pada tahun 2012. Lalu ada Andreas Senjaya, yang mendirikan sebuah perusahaan startup yang diberi nama iGrow, yakni sebuah platform online yang bertujuan untuk menghubungkan berbagai pihak dalam rantai pasokan pertanian.


Bisnis
Banyak sekali CEO dari perusahaan ternama mengambil program Master of Business Administration (MBA). Jurusan ini memberikan ilmu manajemen bisnis yang lebih terarah, serta mengambil sudut pandang pemberi kerja atau perusahaan. Jadi jurusan ini biasanya ditempuh oleh orang-orang yang sudah pernah atau sedang bekerja. Eks-CEO Go-Jek Nadiem Makarim juga lulusan MBA di Harvard Business School, lho!


Hukum
Kuliah di jurusan hukum tak melulu berakhir menjadi pengacara. Kamu juga bisa terjun di dunia bisnis. Min Liang Tan, pendiri sekaligus CEO Razer, sebuah perusahaan teknologi yang identik menciptakan perangkat berbau video game, merupakan sarjana hukum lulusan National University of Singapore. Bill Gates juga mengikuti kelas hukum di Harvard University selama dua tahun sebelum berhenti pada 1975 untuk menjadi pendiri Microsoft. Ia juga terdaftar dalam program pascasarjana matematika dan ilmu komputer. Setelah tiga puluh tahun berhenti, akhirnya Harvard memberi penghargaan kepada Gates berupa gelar sarjana hukum.


Teknik
Jurusan Teknik erat kaitannya dengan teknologi. CEO Microsoft, Satya Nadella, adalah lulusan Sarjana di bidang Teknik Elektro. Rex W. Tillerson, CEO Exxon Mobil, juga lulusan jurusan Teknik Sipil dari University of Texas. CEO Apple yaitu Tim Cook juga pernah mengambil jurusan Teknik Industry dari Auburn University.


Fisika
Jurusan ini juga menghasilkan deretan CEO ternama. Salah satu pendiri Sony, Akio Morita, adalah lulusan jurusan fisika dari Universitas Osaka. Mungkin yang saat ini paling terkenal adalah Elon Musk, pendiri SpaceX dan Tesla, yang ternyata juga alumnus jurusan fisika.

Pastinya bukan hal mudah untuk mendirikan sebuah perusahaan. Asalkan kamu pandai membaca peluang dan bekerjasama dengan rekan-rekan dari berbagai disiplin ilmu, bukan hal yang tidak mungkin kalau kamu akan meraih sukses besar. Gimana, apakah bahasan kali ini menginspirasimu untuk memilih jurusan kuliah?

Eh lupa, kalau kamu tertarik dengan start up di dunia kuliner, mampir bentar yuk ke webinar kolaborasi antara Eatlah dan Vista Education. Gratis! 
Baca selengkapnya disini !