Serba Serbi Jurusan Teknik Komputer
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Serba Serbi Jurusan Teknik Komputer

Serba Serbi Jurusan Teknik Komputer

Jurusan Teknik Komputer merupakan salah satu jurusan yang termasuk dalam bidang teknik, dan seringkali memang masuk dalam fakultas teknik di universitas-universitas di seluruh dunia. Jurusan ini sangatlah popular di kalangan anak-anak SMA.

Teknik Komputer merupakan salah satu jurusan pendidikan tingkat perguruan tinggi yang mempelajari serta menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer. Dalam kata lain, bidang studi ini akan melakukan pembahasan terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknologi komputer yang menggunakan prinsip dan proses logika.

Berikut beberapa hal tentang jurusan Teknik Komputer yang wajib kamu tahu.

Peminatnya Tiap Tahun Meningkat

Peminat jurusan Teknik Komputer setiap tahunnya selalu meningkat. Bahkan, fakultas kedokteran yang cukup lama bertengger sebagai jurusan terfavorit pun mulai tergeser. Di salah satu perguruan tinggi terbaik di Bandung contohnya, perbandingan jumlah calon mahasiswa yang mendaftar dan diterima untuk jurusan ini adalah 100:1. Artinya, dari 100 pendaftar, hanya 1 orang yang akan diterima. Jurusan Teknik Komputer makin hari makin laris lantaran jurusan ini dibutuhkan di berbagai macam bidang dan industry. Persaingan yang sangat ketat, bukan?

Beban Kuliah Yang Berat

Menjadi mahasiswa Teknik Komputer tidaklah mudah. Tugas-tugas yang diberikan cenderung menyita waktu dan fokusmu. Di samping itu, tugas-tugas tersebut juga menuntut keterampilanmu secara pribadi sehingga tidak selamanya kamu dapat mengandalkan teman untuk menyelesaikan pekerjaanmu.

Pertanyaannya, mampukah kamu kira-kira bertahan nantinya? Mampukah kamu harus begadang sepanjang malam untuk menyelesaikan skrip program dan mencari di mana logika atau perintah yang salah dimasukkan? Mampukan kamu menghabiskan lebih banyak waktu untuk ‘berbicara’ dengan komputer dalam bahasa pemrograman dengan logika yang hanya kamu yang dapat memahaminya?

Bagaimanapun, hal ini tidak dapat dipisahkan dari karaktermu sebagai seorang individu. Perbanyaklah mencari informasi mengenai jurusan Teknik Komputer dari kakak angkatan, alumni, atau bahkan teman yang kamu temui di media sosial. Persiapkan dengan matang dirimu, termasuk untuk urusan mental. Pasalnya, tidak sedikit mahasiswa yang kemudian mundur di tengah jalan karena terlambat ‘menyadari’ bahwa dirinya tidak sesuai berada di lingkungan yang demikian.

Gaji Lulusannya Lumayan Tinggi

Bicara soal gaji lulusan Teknik Komputer, sangat bervarias, lo. Menurut survei di tahun 2018, rerata besarnya gaji programmer yang baru lulus kuliah alias fresh graduate di Inggris mencapai sekitar 610 juta rupiah per tahun dan 919 juta rupiah per tahun di Amerika Serikat. Dibanding Indonesia, tentu angkanya jauh berbeda. Untuk level junior dan belum berpengalaman (fresh graduate), seorang lulusan Teknik Komputer yang bekerja pada bidangnya secara umum memperoleh gaji sekitar 4 sampai 7 juta rupiah. Namun, perusahaan startup yang cukup bonafide dan perusahaan asing biasanya memberikan gaji yang lebih menggiurkan. Untuk entry level, kamu sebagai lulusan Teknik Komputer bisa mendapat upah sekitar 10 juta rupiah atau bahkan lebih setiap bulannya. Hanya saja, seleksi yang dilakukan oleh perusahaan semacam ini cenderung lebih ketat dan betul-betul memperhatikan skill daripada nilai dan prestasi yang sekadar ada di atas lembar resume atau CV.

 Prospek Kerja Beragam

Kesempatan untuk berkarir di bidang Teknik Komputer sangatlah luas. Kebutuhan terhadap dunia digital diprediksi terus memberikan tren yang positif sehingga kamu pun tidak perlu merisaukan tentang kiprah profesi. Bila tak ingin menjadi karyawan pun, peluangmu untuk menjadi pemain bisnis dalam bidang yang masih relevan pun sama tingginya. Beberapa pekerjaan yang cocok dengan jurusan ini diantaranya Programmer, System Analyst, lulusan Teknik Komputer juga biasanya dipercaya untuk menjadi Network Administrator, Database Engineer, Software Engineer, hingga Web Designer.

Itulah beberapa informasi terkait jurusan Teknik  Komputer yang perlu kamu ketahui. Secara umum, bidang studi ini akan banyak menuntutmu untuk berpikir secara sistematis agar mencapai logika pemrograman yang sesuai, tidak peduli seberapa sederhana atau kompleks logika yang disusun. Tertarik untuk menempuh studi di sini?

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !