5 Jurusan Kuliah Untuk Anak IPA Penjamin Masa Depan
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Jurusan Kuliah Untuk Anak IPA Penjamin Masa Depan

5 Jurusan Kuliah Untuk Anak IPA Penjamin Masa Depan

Untuk anak IPA punya pilihan jurusan kuliah apa ya yang recommended?

Konon, anak IPA yang lulus SMA bisa masuk jurusan apa saja. Meskipun begitu, kita gak boleh sembarangan pilih jurusan dong. Bener-bener perlu dilihat prospek dan cocok gak nya dengan diri kita dulu. Itu kenapa, siswa yang ingin kuliah di luar negeri melalui Vista Education perlu mengikuti tes penjurusan dulu. Konsultan perlu tahu apa sebenarnya minat dan bakat anak sebelum memberikan berbagai opsi jurusan menarik di universitas.  

Selain harus sesuai dengan passion, jurusan juga harus menjanjikan masa depan yang lebih baik. Dia harus punya lapangan pekerjaan yang meningkat dan rate salary yang cenderung naik pula. Kira-kira anak IPA sebaiknya ambil jurusan apa ya yang tepat? Ini lho 5 jurusan untuk anak IPA yang bisa menjamin masa depan.


1. Farmasi

Entahlah, dunia saat ini banyak diteror oleh virus baru. Penyakit-penyakit lama belum tuntas, sudah bermunculan banyak kasus baru. Sisi positifnya, permintaan pekerja di industri kesehatan terus naik  tajam. Lulusan dari jurusan farmasi pun akan dibutuhkan baik di rumah sakit atau apotek, dan instansi kesehatan lainnya.

Fokus materi pada jurusan farmasi adalah ilmu pengobatan. Mulai dari pembuatan obat, penelitian mengenai interaksi senyawa kimia pada obat, dan teori-teori medis yang perlu dipraktikkan. Kamu pun akan mempelajari etika dan hukum bidang kesehatan, komunikasi kesehatan, hingga pengelolaan bencana.

2. Teknik Sipil

Tak cuma di Jakarta, pembangunan berbagai infrastruktur semakin masif dan merata. Begitu pula dengan kebutuhan lingkungan terhadap lulusan teknik sipil. Anak IPA yang pintar matematika dan fisika bisa banget ambil jurusan kuliah ini. Perkiraan pertumbuhan profesi cemerlang ini akan mencapai 8% di tahun 2030 nanti.

Teknik sipil adalah jurusan yang mempelajari perancangan, pengelolaan atau manajemen, dan konservasi serta konstruksi fasilitas dan sistem lingkungan. Jurusan teknik sipil juga berkaitan dengan jurusan teknik konstruksi gedung dan properti.

3. Teknik Elektro

Anak IPA, khususnya yang suka fisika, bisa banget ambil jurusan teknik elektro. Anak dari jurusan teknik elektro akan sangat menarik bagi perusahaan pembangkit listrik dan manufaktur besar. Pertumbuhan pekerjaan teknik elektro ini meningkat sekitar 7% dari tahun 2020 ke 2030.

Apa jurusan teknik elektro akan berkaitan erat dengan listrik? Ya, tapi lebih mendalam soal listrik. Seperti elektromagnet, sinyal listrik, mikroprosesor, dan mempelajari tentang teknologi di bidang listrik.

4. Teknik Kimia

Berikutnya adalah jurusan teknik kimia, jurusan yang cukup menjanjikan anak IPA untuk mendapatkan masa depan cerah. Jurusan ini menjadi sorotan karena lulusannya banyak dipekerjakan di perusahaan besar di bidang farmasi dan laboratorium. Rata-rata pertumbuhanya dari tahun 2020 ke 2030 adalah sebesar 9%.

Jurusan teknik kimia adalah jurusan yang tidak hanya melakukan penelitian mengenai reaksi kimia dan molekuler baru, tetapi juga mengembangkan teknik produksi. Lulusan jurusan teknik kimia akan dibutuhkan di semua industri, terutama industri minyak dan gas.

5. Sistem Informasi Komputer

Saat ini, kemajuan teknologi tidak akan lepas dari jurusan ini juga lho! Jurusan sistem informasi memiliki prospek kerja yang banyak diminati dan tentunya dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar juga. Pertumbuhan lapangan pekerjaan lulusan ini meningkat 11% dari tahun 2020 ke 2030, lebih cepat dibanding rata-rata pekerjaan lainnya.

Jurusan sistem informasi komputer merupakan gabungan dari ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Yang akan kamu pelajari di jurusan sistem informasi adalah perancangan sistem sesuai kebutuhan perusahaan dan mengetahui proses bisnis di suatu perusahaan dan mengidentifikasi data-data perusahaan tersebut.


Anak IPA tak perlu khawatir lagi kalau mau pilih jurusan kuliah. Peluang kerjanya masih sangat luas dan mampu menjamin masa depan karena peningkatan kebutuhan profesinya itu sendiri. Mau tahu rekomendasi universitas luar negeri untuk jurusan-jurusan di atas? Boleh banget langsung klik ikon kuda di bawah kanan untuk konsultasi dengan Vista Education.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !