Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Jurusan Engineering Paling Dicari di USA

5 Jurusan Engineering Paling Dicari di USA

Berminat kuliah jurusan teknik di USA? Ketahui dulu 5 jurusan engineering yang banyak dicari mahasiswa

Apakah kamu ingin kuliah di USA dan bingung ambil jurusan apa? Coba pertimbangkan jurusan teknik deh. Di USA, fakultas jurusan teknik menjadi salah satu jurusan yang paling diminati. Fakultas teknik punya beragam jurusan dengan fokus di bidang yang berbeda-beda. Namun, ada 5 jurusan teknik yang paling dicari di USA dan memikat mahasiswa dari negara lain. Apa saja sih mereka?


1. Mechanical engineering

Tahukah kamu bahwa jurusan teknik yang paling dicari di USA adalah mechanical engineering? Mahasiswa lulusan dari sarjana mechanical engineering membludak hingga 50.000 orang. Mechanical engineering juga merupakan jurusan teknik dengan cabang yang luas, meliputi perancangan dan pembuatan segala sesuatu atas komponen.

Kebanyakan mahasiswa yang ingin kuliah jurusan mechanical engineering akan memilih jurusan-jurusan yang banyak direkomendasikan. Kampus-kampus tersebut adalah University of South Carolina, University of Dayton, University Illinois at Chicago dan masih banyak lagi.

2. Computer engineering

Perkembangan dunia digital kian tak terbendung. Jurusan computer engineering pun makin banyak dicari. Setiap tahunnya, jurusan ini memiliki lulusan lebih dari 15.000 orang. menurut The U.S. Bureau of Labor Statistics (BLS), lulusan dari jurusan ini bisa mendapat gaji hingga USD 114.600 lho!

Untuk meningkatkan skill hardware, software research, development and manufacturing, kamu bisa mendaftar jurusan ini di kampus-kampus rekomendasi. Kampus-kampus tersebut antara lain Florida International University, Gonzaga University dan University of Massachusetts Boston.

3. Electrical engineering

Kenapa ya jurusan electrical engineering jadi jurusan yang banyak dicari? Lulusan dari jurusan ini punya lapangan kerja yang diprediksi akan meningkat sebanyak 3% dari tahun 2019 hingga 2029 nanti. Maka dari itu, lulusan dari jurusan ini, setiap tahunnya ada lebih dari 31.000 mahasiswa.

Jika kamu ingin ambil jurusan ini di USA, kamu bisa memilih salah satu kampus yang terbaik dan populer disana. Rekomendasi kampus untuk kuliah jurusan electrical engineering adalah University of Mississippi, University of Illinois, dan University of California-Berkeley.

4. Civil engineering

Jurusan teknik sipil menjadi jurusan yang sejak dulu banyak diminati pelajar. Jurusan ini mempelajari desain dan cara membangun sistem, pembangunan jalan, jembatan, dan lain-lain. Lulusan dari jurusan ini ada sekitar 22.000 mahasiswa setiap tahunnya.

Diperkirakan pada tahun 2019 sampai 2029, pertumbuhan lowongan kerja yang membutuhkan keahlian dari jurusan ini adalah sebesar 2%. Jurusan ini juga banyak dicari pada sejumlah kampus yang populer, yaitu University of Illinois, University of California-Berkeley, dan Florida International University

5. Chemical engineering

Chemical engineering atau teknik kimia adalah salah satu jurusan engineering yang paling dicari dan populer di USA. Terdapat lebih dari 14.000 mahasiswa yang berminat pada jurusan ini setiap tahunnya. Hal ini juga dipicu oleh pertumbuhan kebutuhan pekerjaan di bidang ini yang naik sebanyak 4% dari tahun 2019 hingga 2029.

Jurusan yang membutuhkan skill matematika dan sains ini juga terdapat pada perguruan tinggi yang populer juga, salah satunya adalah Auburn University. Selain itu juga ada Kansas University, University of Utah, Louisiana State University dll


Kamu sudah tahu kan 5 jurusan teknik yang paling banyak diminati di USA dan alasannya? Salah satunya dikarenakan prospek kerjanya yang bagus di masa depan, sehingga gaji yang bisa didapatkan dari jurusan tersebut juga cukup besar.

Masih kepo dengan jurusan-jurusan tersebut? Hubungi Vista Education untuk mendapatkan info lebih lengkapnya.