5 Ide Bisnis Anak Muda di Masa Pandemi

Divrumah aja tapi makan kreatif dan punya pemasukan tambahan? Mulai dari sini yuk

Ayo acungkan jari, siapa yang uang jajannya dipotong gara-gara sekolah dari rumah? Duh, tak apa ya, gimana kalau kita mulai jalanin bisnis sendiri. Hitung-hitung untuk menyalurkan hobi dan dapat bonus uang tambahan. Modal yang dibutuhkan tidak perlu terlalu besar. Sesuatu yang bisa kamu nikmati dalam prosesnya. Butuh masukan? Inilah beberapa ide dan contoh usaha untuk kamu para anak muda di masa pandemi, versi Vista Education:

Mahasiswa culinary di luar negeri yang membuka PO cake dan patisery
 

Sempat fyp di Tik Tok, Sarah adalah seorang mahasiswa dari salah satu universitas culinary di luar negeri. Karena sedang belajar via daring, dia memiliki cukup waktu untuk open PO di rumah. Belajar di luar negeri beda memang ya, Sarah mampu membuat cake yang super lucu dan lain dari yang lain. Sarah juga kreatif banget nih. Dia sering mendekomentasikan caranya memasak dan menguploadnya ke sosial media. Yap! Sekarang Sarah bisa praktikum dan mendapat gaji sekaligus. Kamu punya ketrampilan yang sama? Cobain cara Sarah membangun bisnisnya deh. 

Jadi translator Bahasa Korea 

Kamu sedang mempersiapkan diri kuliah di Korea? Udah lumayan mahir bahasa Korea dong? Gimana kalau sambil asah kemampuan, kita juga jadiin ladang cuan. Faktanya, sejak semua orang menyukai KPOP, lapangan kerja untuk para translator semakin banyak. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di situs-situs seperti fastwork dan linkedIn.  


Jasa Desain Grafis

Semakin banyak bisnis online yang muncul saat pandemi, membuat jasa desainer grafis juga semakin dibutuhkan. Misalnya, untuk membuat materi promosi,logo dan  konten sosial media. Kalau kamu punya skill atau kebetulan sedang kuliah jurusan design (link), ide ini boleh banget dicoba. Kamu bisa menemukan client-mu di berbagai situs seperti up-work dan freelancer. Jangan lupa buat portfolio dulu ya!


Jasa Foto dan Video produk 

Nah, kalau kalian punya bakat dibidang fotografi atau videografi, kamu bisa membuka jasa yang satu ini nih. Apalagi tidak banyak orang yang ahli di bidang fotografi. Tak selalu harus mengabadikan momen, skill-mu ini juga dibutuhkan untuk keperluan promosi suatu produk. Kamu bisa belajar dari Youtube tentang cara membuat video sinematik atau bagaimana cara memotret makanan yang bagus. Saat ini, rata-rata freelance produk foto bisa membandrol harga sampai Rp.5000 tiap barang untuk pemula. 


Tutor Bahasa Inggris para junior

Kamu jago Bahasa Inggris? Sudah ambil tes TOEFL atau IELTS? Bagaimana jika membuka private English class untuk mereka yang lebih junior. Saat ini, banyak pelajar khususnya yang sekolah dasar membutuhkan jasa ini loh. Nampaknya para orang tua juga sudah pusing kalau membantu anaknya belajar sendiri. So, kenapa tidak dimanfaatkan? Mulai dari tetangga kompleks, adek temen atau bisa dipromosikan juga di media sosial. Tips : minta bantuan mama untuk menyebarkan jasa tutormu di berbagai group whatsapp yang beliau miliki. Pasti cepet dapet, hehehe.

Dari kelima bisnis di atas, manakah yang paling cocok denganmu? Atau bahkan kamu sedang memulai salah satunya? Semoga bisnismu semakin berkembang, ya! Meskipun sedang berbisnis, jangan lupa untuk tetap fokus belajar. Apa lagi kalau kamu ingin kuliah di luar negeri. Biar tak berjuang sendiri, hubungi tim Vista Education aja. Kami siap membantu proses persiapan kuliah di luar negerimu menjadi lebih menyenangkan!