Ini Pilihan Universitas Untuk Kuliah Culinary Selain Le Cordon Bleu

Ini Pilihan Universitas Untuk Kuliah Culinary Selain Le Cordon Bleu

Rekomendasi Universitas Untuk Jurusan Culinary

Maraknya acara kuliner di televisi meningkatkan minat masyarakat terhadap bidang ini. Profesi sebagai chef pun semakin banyak dilirik. Dampaknya, jurusan tata boga ataupun culinary art juga kian popular. Banyak pelajar yang ingin menempuh studi di bidang masak-memasak. Tak sedikit pula yang ingin menempuh program culinary di luar negeri. Well, apakah kamu salah satunya?

Kamu yang mencintai dunia kuliner pasti tahu tentang Le Cordon Blue, yaitu universitas khusus di bidang masak-memasak yang telah meluluskan banyak chef terkenal. Kampus Le Cordon Bleu berpusat di Paris, Prancis namun mereka juga hadir di negara benua Asia seperti Thailand, Jepang, Korea Selatan, dan Malaysia. Tapi ternyata banyak juga kampus keren selain Le Cordon Bleu yang bisa kamu pertimbangkan untuk menempuh studi. Yuk, simak ulasan berikut ini!

NSIA
NSIA (North Shore International Academy) adalah sekolah bidang Hospitality terbesar di New Zealand. Selain menawarkan jurusan management hospitality, NSIA juga terkenal karena jurusan tata boganya yang memiliki banyak peminat. Untuk kamu yang suka membuat kue, jurusan Baking akan sangat cocok untukmu. Materi olahan Patisserie sudah termasuk dalam jurusan ini. Sedangkan jurusan Cookery sangat cocok untuk kamu yang ingin ahli memasak appetizer dan maincourse. Ada juga jurusan Restaurant Services and Barista, lho! Kamu harus menempuh studi selama 96 minggu (termasuk libur 16 minggu).

william anglis, kuliah culinary

William Angliss Institute
William Angliss Institute berlokasi di Melbourne dan Sydney, Australia. Kampus ini khusus bidang pariwisata, hospitality, dan tata boga. Kamu dapat memilih tiga pilihan jurusan konsentrasi tata boga, yaitu Baking, Patisserie, dan Commercial. Pilihan jurusan lainnya adalah Teknologi Pangan. 

Kamu harus menyelesaikan studi selama 12 dan 18 bulan di kampus ini, tergantung jenis kelas yang kamu pilih. Nah, jika ingin menguasai dua bidang sekaligus, kamu diijinkan untuk mengambil jurusan Patisserie dan Commercial Cookery bersamaan dengan menambah waktu kuliah selama 8 bulan. Wah, pilihan yang cukup menarik, ya!

Berjaya University College of Hospitality
Malaysia bisa menjadi salah satu negara yang sapat kamu pertimbangkan untuk menempuh studi  jurusan tata boga. Salah satu kampus terbaik untuk jurusan ini adalah Berjaya University College of Hospitality. Kamu bisa memilih beberapa fokus di bidang tata boga, yaitu Patisserie, Heritage Cuisine, dan Culinary Arts Management. Kamu berkesempatan untuk bekerja di restoran yang menjadi mitra dari Berjaya Group setelah lulus. Nah, jika kamu menjadi siswa berprestasi maka kamu memiliki peluang besar untuk mendapatkan beasiswa dari kampus.

SHATEC The International Hotel and Tourism School
SHATEC berlokasi di Singapura, menawarkan jurusan perhotelan, pariwisata, dan tata boga. Konsentrasi jurusan yang dapat kamu pilih yaitu Hotel Management, Culinary Skills dan Pastry and Baking. Kamu akan menempuh dua semester di SHATEC. Pada semester pertama, kamu akan mempelajari dasar teknik memasak. Sedangkan di semester kedua kamu akan mendalami teknik mengolah makanan yang lebih detail, termasuk Food Science and Nutrition. Total waktu studi di kampus ini adalah 18 bulan, termasuk praktik kerja di industri selama 6 bulan. Tersedia juga beasiswa untuk murid yang berprestasi.

Ternyata pilihan kampus bergengsi untuk jurusan Culinary cukup beragam, ya! Bagaimana, apakah kamu berminat untuk mendaftar di salah satu kampus tersebut? Jangan lupa untuk mengakses informasi selengkpanya di laman resmi masing-masing kampus, ya! Semoga impianmu menjadi seorang chef yant handal akan menjadi nyata.

Jangan lupa untuk join ke 

TOP MAJORS ONLINE EDUCATION FAIR 2020

Untuk informasi kuliah culinary di luar negeri