5 Cara Menghadapi Rasa Kesepian Saat Belajar Online

5 Cara Menghadapi Rasa Kesepian Saat Belajar Online

Merasa kesepian saat belajar online memang sering dirasakan para pelajar saat ini. Bagaimana cara mengatasinya?

Pembelajaran daring sering membuatmu merasa kesepian dan bosan? Mungkin ini efek dari  fokus di depan laptop atau gadget setiap waktu. Apalagi kalau belajar online-nya cuma di kamar. Sudah pasti akan mengalami jenuh pada titik tertentu.  Apa kamu juga merasa seperti itu ketika belajar online?


Tak apa, belajar online memang tak seseru masuk sekolah langsung. Gak bisa bertemu teman, bercanda, makan di kantin atau iseng lihat diam-diam si doi. Rasa kesepian itu wajar, namun kamu perlu mengatasinya segera. 

 

Hal apa saja yang bisa membangkitkan semangat belajar dan membuang rasa malas untuk beraktivitas? Bagaimana caranya? Simak 5 cara menghadapi rasa kesepian saat belajar online berikut ini.


1. Sulap Kamar Jadi Lebih Aesthetic

Sebagian besar pelajar melakukan proses pembelajarannya di dalam kamar. Hal ini dikarenakan suasana kamar lebih sepi, nyaman, dan jauh dari gangguan orang lain. Namun, suasana ini yang menyebabkan rasa sepi dan tertekan juga loh.

Untuk menghadapi rasa kesepian saat belajar online, kamu perlu membuat suasana kamar menjadi lebih fresh. Misalnya dengan merubah dekorasi kamar. Kamu bisa menemukan barang-barang lucu dan murah di marketplace. Misal, menghias dinding dengan wallpaper tempel. Harga mulai dari Rp.8000 saja. Mau lebih aesthetic? Kamu bisa order hiasan dinding dengan kalimat penyemangat start from Rp.5.990. Ganti sprei, tambahkan pewangi ruangan, buka jendela dan buat kamar semakin lega. Dijamin akan membuatmu lebih fresh.

 

2. Membuat kelompok belajar kecil

Jika kamu memiliki teman yang tinggal dekat rumah, boleh lah sesekali belajar tatap muka. Kelompok belajar seperti ini bisa menjadi wadah untuk kamu membahas materi bersama ketika kurang paham pada teori yang dijelaskan secara online.

Selain itu, bertemu untuk belajar kelompok bisa membuat sistem belajar lebih menyenangkan. Tentu saja kelompok belajar ini hanya dibentuk dalam 3 sampai 4 orang untuk menghindari kerumunan yang terlalu banyak. Dan jangan lupa patuhi protokol kesehatan ya!


3. Tetap terhubung dengan teman

Walaupun sekolah online, tapi gosip kelas harus tetap ada ya kan? Hehe. Kamu sangat diperbolehkan untuk mengobrol dengan teman saat jam istirahat. Tetap terhubung dengan topik bahasan apapun akan membantu membangun suasana belajar yang lebih hangat. Bagaimana kalau belum pernah bertemu langsung dengan teman-teman baru? Oke, kamu bisa usulkan ke ketua kelas untuk melakukan makan bersama secara virtual. Main game online, tebak kata juga bisa. Intinya, walaupun jarang bertemu langsung, kita perlu membuat kenangan indah. 

 

4. Memaksimalkan penggunaan platform sosial

Cara menghadapi rasa kesepian saat belajar online berikutnya adalah, memaksimalkan penggunaan platform sosial online untuk kepentingan berkomunikasi, berdiskusi, dan mencari informasi. Dari teman hingga materi belajar, kamu bisa menemukannya lewat platform online pilihan, contohnya adalah Quora.

Banyak informasi bisa didapat seperti penjelasan materi, wawasan baru, hingga mendapatkan rekomendasi buku bacaan.

 

5. Bertemankan camilan

Jika kamu merasa kesepian dan bosan karena belajar online sendiri di rumah, kamu bisa membeli camilan untuk teman belajarmu.

Sambil makan camilan sehat, kamu bisa merasa lebih termotivasi untuk belajar lebih rajin. Kamu pun tidak akan merasa kesepian karena mulutmu mengunyah dan merasakan camilan. Namun, ada baiknya jika kamu mengonsumsi camilan yang terbuat dari makanan sehat dan bisa menambah energimu.

 

Nah, untuk kamu yang masih merasa kesepian saat belajar online atau merasa bosan karena kamu kurang berkomunikasi orang lain karena adanya pembatasan jarak, kamu bisa mengatasinya dengan 4 cara di atas.