5 Alasan China Adalah Negara yang Cocok Untuk Kuliah di Luar Negeri
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

5 Alasan China Adalah Negara yang Cocok Untuk Kuliah di Luar Negeri

5 Alasan China Adalah Negara yang Cocok Untuk Kuliah di Luar Negeri

China merupakan negara terluas di Asia timur. Negara ini juga penduduk terbanyak di dunia, yakni sekitar 1,4 miliar. Dikenal dengan Tembok Besar-nya, China ternyata punya kualitas pendidikan tinggi yang bagus, lho. Inilah 5 alasan mengapa negara China cocok untuk kuliah!

  1. Perguruan tinggi kelas dunia

Yup! Ada banyak universitas kelas dunia di China. Bahkan Peking University dan Tsinghua University menempati peringkat 12 dan 14 sebagai universitas terbaik di dunia. Keren, kan? Selain dua universitas tersebut, masih banyak perguruan tinggi bergengsi lainnya, seperti Fudan University, Zhejiang University, Shanghai Jiao Tong University, dan University of Science and Technology of China.

  1. Biaya yang terjangkau

Biaya hidup di China lebih terjangkau jika dibandingkan dengan negara Eropa atau Amerika, yaitu sekitar 7,300 RMB atau 15,6 Juta IDR, yang meliputi:

  • Sewa: 3000- 4500 RMB
  • Utilitas (listrik, gas, air): 200 RMB
  • Telepon & Internet: 300 RMB
  • Makanan: 2.000 RMB
  • Asuransi: 300 RMB

Biaya kuliahnya pun juga lebih murah, lho! Misalnya biaya kuliah per tahun di Peking University dengan pengantar kelas bahasa Inggris:

  • Program Sarjana / Sarjana

26000 CNY = 55,8 juta IDR

  • Program Magister / Pascasarjana

50000-190000 CNY = 10,7 juta - 40,7 juta IDR

  • Gelar Doktor/Program PhD

32000-47500 CNY = 68,6 juta - 101,8 juta IDR

 

Baca juga: Lengkap! Biaya hidup dan kuliah di China

  1. Punya teknologi canggih

Research and Development (R&D) menjadi fokus utama dalam pengembangan inovasi teknologi di China. Setiap tahunnya, negara ini terus menambah pengeluarannya dalam bidang penelitian dan pengembangan. Mengenyam studi pendidikan tinggi di China akan membuatmu berkesempatan menikmati produk teknologi terbaru, bahkan menjadi bagian dari perkembangan teknologi disana. 

 

  1. Bisa menguasai bahasa Mandarin

Pengantar kuliah di China dapat dipilih menggunakan bahasa Inggris atau Mandarin. Namun, sebagian besar perkuliahan di China menggunakan bahasa Mandarin. Jadi sebaiknya kamu memenuhi persyaratan yang paling dibutuhkan yaitu hasil tes HSK (test level bahasa Mandarin) level 4, baik jenjang sarja, pascasarjana, maupun doktor. Beberapa kampus bahkan mensyaratkan untuk HSK level 5. Bisa bahasa Mandarin akan jadi nilai plus-mu ketika nanti berkarir, lho!

  1. Peluang karir

Berkembangnya teknologi di China juga mendorong munculnya banyak perusahaan, terutama perusahaan-perusahaan teknologi, alat transportasi, dan alat yang digunakan untuk keseharian. Ini menjadi peluang besar untuk kamu berkarir di perusahaan mereka. Bahkan banyak juga perusahaan China yang punya kantor di Indonesia, lho! Pernah kuliah di China pasti menjadi nilai plus-mu.

 

So, setelah mempertimbangkan alasan-alasan tersebut, apakah kamu tertarik untuk kuliah di China?

Wujudkan mimpimu kuliah di China bersama Vista Education!

Tim professional Vista Education siap membantu mewujudkan mimpimu kuliah ke luar negeri. Berpengalaman sejak tahun 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Tim kami akan mendampingimu mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan. 

Segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via WhatsApp.

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !