4 Tipe Jurusan Culinary di Luar Negeri
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

4 Tipe Jurusan Culinary di Luar Negeri

4 Tipe Jurusan Culinary di Luar Negeri

Bermacam-macam jurusan yang berkaitan dengan tata boga di luar negeri

Siapa yang hobi makan, nih? Atau ada dari kalian yang suka masak? Tak jarang kecintaan kita pada sesuatu menjadi alasan dalam pengambilan jurusan di perkuliahan, loh. Uniknya lagi, perkara makanan tak hanya soal masak-memasak. Seiring dengan adanya perkembangan zaman, dunia kuliner semakin menantang untuk dicoba. Di bawah ini ada 4 tipe jurusan kuliner di luar negeri yang mungkin bisa menjadi pilihan kamu!

  1. Jurusan Gastronomy & Nutrition

Gastronomy adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan seni, praktik, dan kajian tentang pemilihan, preparasi, produksi, penyajian berbagai makanan dan minuman. Kemudian nutrition mengacu pada sejumlah kandungan gizi atau zat yang umumnya diperoleh dari berbagai jenis bahan pangan dan makanan. Dengan demikian gastronomy & nutrition pada dasarnya mempelajari proses pengolahan makanan dan juga menganalisis kandungan dari bahan makanan yang diolah. 

Jika kamu memasuki jurusan ini kamu akan mempelajari tren makanan saat ini kemudian juga keterkaitan antara nutrisi, kesehatan, dan makanan. Kamu akan diajari untuk menciptakan hidangan inovatif dengan cita rasa global dan kamu juga akan belajar sejarah bahan pangan hingga penyediaannya secara berkelanjutan (sustainability).

jurusan culinary art di luar negeri

 

  1. Jurusan Culinary Arts & Business

Seperti namanya, jurusan ini akan berfokus pada seni kuliner dan bisnis dari kuliner itu sendiri. Seni kuliner akan mempelajari tentang teknik memasak makanan, termasuk juga bahan yang dipakai, proses pengolahannya, bahkan penggunaan mesin industri dari berbagai negara di dunia, loh. Selain itu, kamu juga akan belajar mengenai seni penyajian hidangan yang eye catching dan menggugah selera. Terdapat pula bisnis dalam dunia perkuliahan yang akan kamu perdalam materinya dari mulai manajemen bisnis hingga statistik data dari bisnis kuliner kamu.

Nah, jika kamu memasuki jurusan ini kamu diharapkan bisa menciptakan, mempraktikkan, dan mengelola bisnis kuliner kelas dunia. Intinya kamu akan menerapkan pengaturan kuliner yang kompleks dan berorientasi pada sebuah bisnis.

  1. Jurusan Hotel, Restaurant & Culinary Management

Jurusan ini merupakan jurusan yang cocok buat kamu yang ingin mengelola usaha kuliner. Kamu akan belajar mengelola hotel atau restoran hingga menjalankan bisnis kuliner sendiri. Selanjutnya jurusan ini berkaitan erat dengan kepemimpinan dalam bisnis, dengan begitu kamu akan memiliki keterampilan untuk sukses di dunia nyata.

Hal yang menarik dari jurusan ini yakni kamu akan diajari tentang bagaimana mendapatkan konsumen dan membuatnya menjadi pelanggan setia. Tidak sampai disitu saja, kamu akan belajar cara membuat menu baru dan menciptakan kuliner yang memiliki peluang dengan jangkauan pasar yang luas.

  1. Jurusan Pastry & Confectionery

Mungkin kata pastry masih terdengar asing menurut kita. Jadi, pastry merupakan salah satu bidang dalam kuliner yang berfokus pada penyajian serta pengolahan hidangan jenis kue. Oleh karena itu, pastry juga bisa disebut sebagai salah satu bidang keilmuan yang mendalami seluk beluk tentang kue, baik kue oriental maupun kontinental. Sedangkan confectionery adalah olahan makanan yang sebagian besar terdiri dari gula atau pemanis yang serupa.

Dari penjelasan diatas tentunya jurusan ini akan berfokus untuk mempelajari makanan dengan jenis kue dan makanan yang memiliki rasa manis. Tentunya jurusan ini sangat cocok buat kamu yang suka mengulik dessert atau makanan penutup seperti es krim, puding, coklat, dan potongan kue. 

Kuliah jurusan culinary di luar negeri 

4 Jurusan diatas bisa kamu temukan di berbagai universitas yang fokus ke bidang culinary. Beberapa diantaranya adalah Le Cordon Bleu, William Angliss dan Business and Hotel Management School atau BHMS di Swiss. Perkuliahan akan ditempuh selama 3 - 4 tahun diselingi dengan magang. Kamu juga berkesempatan untuk internship di berbagai hotel dan restoran internasional selama kuliah di luar negeri. Wow! Seru banget bisa bawa pulang pengalaman dan portfolio keren.

Mulai kuliah di luar negeri bersama Vista Education

Kamu bingung ambil jurusan apa dan pilih universitas yang mana? Fix! Kamu perlu set jadwal diskusi bersama tim konsultan Vista Education. Kami adalah konsultan pendidikan yang berpengalaman lebih dari 20 tahun. Membantu anak Indonesia sejak proses pemilihan jurusan, universitas dan negara, pendaftaran, admission, pengurusan VISA sampai pencarian tempat tinggal. Kamu bisa menghubungi kami dengan mengisi form konsultasi atau chat kami lebih cepat via whatsapp

Kamu juga bisa mengikuti 

VISTA OVERSEAS EDUCATION FAIR

Pameran pendidikan spesial jurusan-jurusan terfavorite, salah satunya culinary

cek infonya di sini

 

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !