Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

4 Perbedaan College dan Universitas

4 Perbedaan College dan Universitas

Meski college sering diartikan sebagai universitas, ternyata college tidak sama dengan universitas lho! Menurut kamu, apa saja perbedaan college dan universitas?

Banyak orang masih menganggap istilah college sebagai universitas. Padahal, keduanya berbeda lho! College dan universitas di luar negeri memiliki perbedaan yang perlu kamu tahu. Apa sajakah itu?


1. Kapasitas mahasiswa di dalam kampus

College memiliki lebih sedikit mahasiswa dan kampus yang lebih terbatas. College juga disebut sebagai kuliah dua tahun jika di Amerika Serikat. Rata-rata, mahasiswa college bisa lanjut transfer ke universitas langsung di tahun ke 3. Untuk pilihan tujuan transfer-pun bermacam-macam. Tergantung dengan kerja sama yang college tersebut miliki.

Sedangkan universitas memiliki kapasitas mahasiswa yang besar dan ukuran kampus yang lebih luas. Hal ini dikarenakan universitas merupakan institusi publik ataupun swasta, sehingga dapat menampung lebih banyak mahasiswa.

Contohnya Auburn University merupakan public university yang bisa menampung lebih dari 70.000 mahasiswa. Sedangkan Diablo Valley College memiliki total mahasiswa tak lebih dari 20.000

 

2. Program studi yang ditawarkan

a. College

Biasanya, college memiliki fokus bidang studi sendiri, misalnya seperti bisnis, teknik, seni, dan lain-lain. Contohnya adalah College of Music Seoul National University. Kampus ini merupakan bagian dari Seoul National University yang memiliki jurusan seni musik yang bercabang menjadi 3 bidang dan bidang dari cabang tersebut memiliki fokus studi lagi.

b. Universitas

Di samping itu, universitas merupakan institusi yang memiliki lebih banyak program studi dan menjadi institusi yang sifatnya lebih ke bidang penelitian. Universitas memiliki pilihan fakultas, mulai dari sains, seni, teknik, hingga teknologi. Kemudian dari fakultas tersebut dipecah lagi menjadi sejumlah program studi yang lebih fokus.

Misalnya seperti fakultas seni memiliki jurusan seni tari, seni musik, dan seni lukis. Fakultas teknik memiliki jurusan teknik sipil, teknik pertambangan, dan teknik kimia. Begitupun dengan jenis fakultas lainnya yang memiliki jurusan sesuai bidangnya.


3. Program perkuliahan dan gelar pendidikan

a. College

Umumnya, college menawarkan program vokasi. Sebagian kecil menawarkan gelar sarjana. Namun, kebanyakan college hanya memberikan gelar certification dan associate degree. Hal ini juga dapat mempengaruhi masa studi seorang mahasiswa yang rata-rata menempuh selama 2 tahun atau tak lebih dari 4 tahun untuk bisa lulus dari college.

Program perkuliahan pada college dapat menguntungkan mahasiswa yang ingin cepat lulus dan mendapatkan wawasan yang cukup dari program studi jurusannya. Apalagi program studinya sudah terfokuskan dan sistem pembelajarannya sangat intens.

b. Universitas

Di sisi lain, universitas memiliki program perkuliahan yang lebih lengkap mulai dari program postgraduate hingga program magister. Mahasiswa akan menempuh masa studi selama lebih dari 3 tahun untuk mendapatkan gelar sarjana.
Di universitas, mahasiswa bisa memperluas jaringan pertemanan, berkesempatan melakukan penelitian dengan profesional dan bekerja sama dengan universitas lain. Mahasiswa juga berpeluang mendapat teman dari jurusan lain dengan mudah.


4. Biaya pendidikan

Dilihat dari segi program studinya dan masa tempuh pendidikan, universitas memiliki biaya pendidikan yang jauh lebih mahal dibanding college. Selain pengaruh dari program studi dan masa pendidikan, biaya juga dapat dipengaruhi oleh penggunaan fasilitas dan adanya penelitian yang biasa dilakukan mahasiswa dari universitas.

Misalnya, di US, rata-rata biaya kuliah mahasiswa internasional di college dengan masa kuliah 2 tahun adalah USD 12,320 atau sekitar IDR 175,5 juta. Sedangkan rata-rata biaya kuliah mahasiswa internasional di universitas dengan masa kuliah 4 tahun adalah USD 37,430 atau sekitar IDR 533 juta.

Kedua biaya tersebut dibayarkan per tahunnya dan sudah mencakup biaya akomodasi. Pun, biaya pendidikan ini juga akan berbeda di negara lainnya.


Maka dari itu, sebelum kuliah di luar negeri kamu harus tahu jurusan apa yang ingin kamu ambil dan kategori apa saja yang kamu cari supaya dapat mengetahui apakah kamu cocok di college atau universitas.

Daripada bingung dan sulit mencari informasi kampus yang cocok denganmu, konsultasikan saja dengan Vista Education.