4 Bidang Pekerjaan Untuk Kamu yang Extrovert
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

4 Bidang Pekerjaan Untuk Kamu yang Extrovert

4 Bidang Pekerjaan Untuk Kamu yang Extrovert

Pasti nyaman kan punya pekerjaan yang cocok dengan kepribadian atau minat kita? Nah untuk extrovert cocok dengan 4 bidang pekerjaan ini nih!

“Duh, kerjaannya bikin bosen” Suka denger temen ngomong gitu? Atau malah kamu sendiri? Bisa terjadi jika kepribadian dan bidang kerja yang tidak sesuai. Tipe kepribadian memang beragam. Mereka memiliki ciri dan karakter yang berbeda satu sama lain. Kali ini, yuk kita bahas tentang si extrovert dulu.

Orang dengan sifat extrovert lebih suka banyak berbicara, suka keramaian, berani, dan ramah. Mereka cenderung suka berinteraksi dan suka memulai percakapan. Ada yang relate? Jika iya, Ini dia ada rekomendasi bidang pekerjaan yang cocok untuk kamu yang extrovert

1. Komunikasi

Extrovert adalah sosok yang berani dan fleksibel di berbagai situasi. Mereka tidak kaku walaupun berhadapan dengan orang baru. Komunikasi verbal adalah kunci baginya. Itu mengapa, banyak pekerjaan di bidang komunikasi yang cocok dengan kepribadian extrovert.

Pertama adalah bidang media. Kamu yang suka update berita dan menyiarkannya, bisa bekerja sebagai jurnalis/wartawan. Bisa juga menjadi seorang penyiar radio. Bidang corporate tak kalah seru. Kamu berpeluang besar bekerja sebagai public relations untuk dealing dengan banyak orang. 

Sifat optimis dan pandai berekspresi menjadi bagian dari anak extrovert. Karakter yang cocok untuk seorang sutradara film Ada juga job lainnya di bidang komunikasi, seperti bagian advertising, camera person, dan event organizer.

2. Pendidikan

Jadi guru sudah terlalu biasa? Bagaimana jika menjadi seorang konsultan pendidikan? Konsultan pendidikan bertugas untuk memimpin jalannya diskusi bersama murid atau orang tua. Biasanya terkait rencana pendidikan sampai kuliah di luar negeri. Selain harus cerewet, konsultan pendidikan juga harus berpengetahuan luas dan menyukai dunia anak atau remaja. Sedikit ilmu psikologi juga perlu mereka kuasai. Punya problem solving adalah nilai lebih.

Yap, menjalankan konsultasi dengan orang lain sangat menantang. Mereka selalu memiliki kendala unik atau pertanyaan diluar dugaan. Kalau kamu merasa menjadi seorang konsultan pendidikan itu keren, kebetulan sekali! Vista Education sedang membuka banyak lowongan pekerjaan untuk posisi ini. Cek informasinya di sini ya! 

3. Pariwisata

Kamu suka plesiran? Pasti tahu dong dengan sosok yang satu ini ? Ya, betul! Tour guide adalah orang yang bertugas menjelaskan detail dari tempat wisata, mulai dari sejarah sampai keunikannya. Kalau dilihat dari tugasnya, sangat cocok untuk anak extrovert yang suka berjalan-jalan sambil menceritakan tempat wisata itu sendiri.

Selain tour guide, anak extrovert yang ingin bekerja di bidang pariwisata bisa apply job sebagai konsultan pariwisata, agen biro perjalanan, manajer akomodasi pariwisata, bahkan sampai jadi travel writer.

Bagi yang tahu banyak tempat wisata dan alur perjalanan menyenangkan, bisa bekerja sebagai agen biro perjalanan atau konsultan pariwisata. Karena kamu yang suka jalan-jalan, pasti punya banyak rekomendasi tempat wisata di beberapa kota, hidden gems (tempat tersembunyi yang indah bak harta karun) serta tempat makan recommended di sekitar tempat wisata.

4. Marketing

Sering rancu dengan tim sales, anak marketing atau pemasaran bertugas untuk menyusun kegiatan pemasaran produk atau jasa kepada calon konsumen. Mereka adalah otak utama dan justru jarang terlihat di depan umum. Tapi anak marketing juga tak kalah wajib extrovert. Karena proses marketing yang cukup panjang.

Mereka perlu mengenal pasar dengan melakukan survey dan analisa. Mereka juga harus paham betul dengan services atau produk yang ingin mereka miliki. Tak jarang, mereka harus memimpin rapat dan memberi arahan tim lain seperti designer, copywriter dan terlibat dengan berbagai perjanjian dengan vendor. Negosiasi adalah keahlian pasti. Begitu juga menemukan inovasi, ide dan kreatifitas.

Jadi, bidang pekerjaan apa yang kamu pilih sekarang? 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !