10 Langkah Menyusun Rencana Kuliah Ke Luar Negeri
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

10 Langkah Menyusun Rencana Kuliah Ke Luar Negeri

 10 Langkah Menyusun Rencana Kuliah Ke Luar Negeri

Temukan panduan praktis 10 langkah untuk merencanakan kuliah di luar negeri dengan sukses di artikel ini. Dari memilih program yang sesuai hingga mengurus visa, persiapkan diri Anda untuk pengalaman belajar internasional yang tak terlupakan.

Studi di luar negeri adalah impian banyak orang yang ingin mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda serta memperluas wawasan mereka.

Jika Anda memutuskan kuliah ke luar negeri dalam waktu dekat itu adalah langkah berani dan bisa menjadi pengalaman yang luar biasa. Namun, sebelumnya Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik itu penting. Supaya nantinya perjalanan akademis Anda di luar negeri lancar.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips 10 langkah menyusun rencana kuliah ke luar negeri dengan sukses. Yuk, simak baik - baik ya!

1. Tentukan Tujuan, Motivasi dan pilihan Negara Anda

Sebelum memulai proses perencanaan kuliah ke luar negeri, tentukan alasan Anda ingin melanjutkan studi ke luar negeri. Apakah Anda ingin mendapatkan pengalaman internasional? mendalami bidang studi tertentu karena program studi yang Anda inginkan tidak tersedia di Indonesia? atau ingin merasakan pengalaman belajar yang lebih global?  atau Anda ingin meningkatkan keterampilan berbahasa asing? 

Memahami tujuan dan motivasi Anda akan membantu dalam membuat keputusan yang tepat sepanjang proses. Pertimbangkan juga faktor-faktor seperti biaya program studi yang diinginkan, biaya hidup, serta kebutuhan pribadi Anda di negara tujuan lanjut studi.

2. Cari Informasi tentang Program Studi Yang Anda Minati

Setelah Anda memilih negara tujuan, cari informasi tentang program studi yang Anda minati di universitas-universitas di negara tersebut.

Perhatikan pula persyaratan masuk, kurikulum, biaya, reputasi universitas dan fasilitas yang ditawarkan serta pendukung lainnya. Pastikan program studi yang Anda pilih sesuai dengan tujuan akademik Anda.

3. Perhitungkan Biaya dan Persiapkan Dana

Kuliah di luar negeri umumnya membutuhkan biaya yang lebih besar dibanding kuliah di Indonesia.  Buatlah kalkulasi biaya hidup, biaya kuliah, transportasi, asuransi kesehatan serta biaya tak terduga lainnya selama Anda kuliah ke luar negeri.  

Riset juga tentang biaya kuliah rata-rata di jurusan dan universitas incaran.  Setelah itu, buatlah rencana keuangan yang matang untuk mencukupi biaya tersebut. 

Pertimbangkan juga opsi beasiswa dan bantuan keuangan lainnya yang tersedia untuk mahasiswa internasional.

4. Pelajari Persyaratan Masuk

Setiap universitas dan program studi di luar negeri memiliki persyaratan masuk yang berbeda-beda. Pelajari dengan teliti persyaratan yang dibutuhkan, seperti tes kemampuan bahasa (Tes TOEFL atau IELTS).

Nah, jika Anda belum memiliki sertifikat TOEFL atau IELTS. Tenang saja, Anda masih punya waktu untuk mempersiapkan skor TOEFL atau IELTS agar sesuai persyaratan! Anda bisa mengikuti latihan atau mengikuti tes TOEFL atau IELTS bersertifikat yang di akui di vista education

Persiapkan juga transkrip nilai, surat rekomendasi, dan esai aplikasi. Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan untuk masuk ke universitas dan program studi impian.

5. Siapkan Dokumen dan Izin yang Diperlukan

Pastikan bahwa Anda siap mengumpulkan dokumen-dokumen penting untuk mendapatkan visa belajar serta izin tinggal di negara yang akan Anda tuju.

Dokumen-dokumen tersebut umumnya meliputi paspor, surat penerimaan dari perguruan tinggi / universitas (LOA), dokumen bukti finansial, serta formulir permohonan visa. Penting juga untuk Anda mempelajari prosedur pengajuan visa beserta estimasi waktu yang dibutuhkan untuk proses tersebut.

Baca artikel kami lainnya : Mengenal LoA: Pengertian, Syarat, dan Cara Mendapatkannya


6. Kirim Semua Lamaran Tepat Waktu

Setiap universitas tentunya memiliki batas waktu pendaftaran yang berbeda.  Perhatikan deadline dan pastikan Anda mengirimkan lamaran beserta seluruh dokumen pendukung sebelum batas waktu habis.

7. Urus Visa dan Izin Tinggal

Jika Anda diterima di universitas tujuan, Anda perlu mengurus visa pelajar.  Sesuaikan jenis visa dengan program studi yang Anda ambil.

Ikuti prosedur pengurusan visa dengan benar dan lengkapi semua dokumen yang dibutuhkan. Pastikan juga Anda memiliki semua dokumen yang diperlukan dan mengikuti prosedur aplikasi dengan benar serta pertimbangkan juga waktu yang diperlukan untuk mendapatkannya.

8. Pertimbangkan Riwayat Kesehatan dan Keamanan Di Negara Tujuan

Cari informasi tentang sistem kesehatan di negara tujuan dan pastikan Anda memiliki asuransi kesehatan yang sesuai. Sebelum berangkat studi, pastikan Anda telah memenuhi persyaratan kesehatan dan vaksinasi yang diperlukan untuk masuk ke negara tujuan Anda.

Selain itu, cari tahu juga tentang situasi keamanan di negara tersebut dan ikuti anjuran dari Kementerian Luar Negeri atau sumber lain yang terpercaya.


Baca juga artikel kami yang lain : Perbedaan Beasiswa Fully Funded dan Partially Funded


9. Rencanakan Akomodasi dan Transportasi

Pertimbangkan opsi akomodasi yang tersedia di sekitar kampus dan rencanakan juga transportasi Anda dari tempat tinggal ke kampus. Pastikan Anda memiliki rencana yang jelas untuk kediaman dan mobilitas selama studi di luar negeri.

10. Siapkan Diri secara Mental dan Emosional

Studi di luar negeri adalah pengalaman yang menantang secara mental dan emosional. Siapkan diri Anda dengan membuka pikiran untuk budaya dan lingkungan yang baru, serta jangan ragu untuk mencari dukungan jika diperlukan. Pelajari budaya negara tujuan Anda untuk memudahkan adaptasi.  

Selain itu, persiapkan juga mental menghadapi tantangan seperti rindu rumah dan perbedaan sistem belajar. Jangan ragu untuk menjelajahi lingkungan sekitar Anda. Manfaatkan setiap kesempatan untuk belajar dan berkembang sebagai individu global.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo mulai susun rencanamu untuk kuliah ke luar negeri sekarang juga! 

Mau Kuliah di Luar Negeri ? Yuk Vista Education bantu!

Vista Education adalah konsultan pendidikan yang berpengalaman selama 25 tahun lebih. Kami bermitra dengan 200 lebih universitas dari USA, UK, Kanada, Swiss, Korea Selatan, China, Hongkong, Singapore, Malaysia, Australia, New Zealand dan masih banyak lagi. 

Vista Education siap membantu Anda atau buah hati Anda kuliah ke luar negeri, mulai dari proses pemilihan jurusan, universitas, negara, pendaftaran, admission sampai akomodasi. Pokoknya, dijamin proses kuliah di luar negerimu lebih mudah, aman dan menyenangkan

Yuk diskusi dengan kami sekarang disini!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !