10 Istilah Penting Tentang Kuliah di Luar Negeri dan Artinya
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

10 Istilah Penting Tentang Kuliah di Luar Negeri dan Artinya

10 Istilah Penting Tentang Kuliah di Luar Negeri dan Artinya

Sistem pendidikan di dalam dan di luar negeri tentu berbeda. Demikian pula dengan istilah yang digunakan. Nah, sebelum kuliah di luar negeri, kamu wajib memahami berbagai istilah penting berikut ini!

1. College

College adalah lembaga pendidikan atau bagian dari lembaga pendidikan. Kebanyakan berdiri terpisah, namun ada juga yang berlokasi di universitas. Istilah “college” juga digunakan di dalam universitas, maknanya mirip dengan “fakultas” di Indonesia. Di Amerika Serikat, college disebut sebagai kuliah dua tahun. Siswa college dapat langsung melanjutkan studinya dengan transfer ke universitas-universitas mitra college tersebut. Namun terkadang kata college disana juga menggantikan kata university.

Baca juga : Kuliah di Community College USA, Untuk Kuliah Lebih Murah

2. Admission

Admission atau university admission dalam bahasa Indonesia berarti penerimaan mahasiswa baru. Kamu akan menjumpai istilah ini di laman resmi universitas. 

3. Visa

Setelah mengantongi paspor, kamu juga wajib mengurus visa sebelum kuliah ke luar negeri. Visa adalah dokumen izin sementara yang dikeluarkan pemerintah negara tujuan kepada orang asing agar mereka dapat masuk, tinggal, atau meninggalkan wilayahnya. Visa ada beberapa jenis, kamu bisa apply untuk mendapat visa belajar.

Baca juga : Apa Saja Sih Syarat Pengurusan VISA untuk Kuliah di Luar Negeri

4. Culture Shock

Culture shock atau gegar budaya dalam bahasa Indonesia adalah perasaan cemas dan gelisah saat berhadapan dengan lingkungan dan budaya yang baru, seperti saat tinggal di negara asing. 

5. Residential College

Residential college adalah fasilitas akomodasi yang disediakan dan dikelola oleh universitas. Biasanya terletak sangat dekat dengan kampus, bahkan kadang-kadang di dalam lingkungan kampus.  Residential college menyediakan lingkungan belajar yang bersahabat dan suportif. Bahkan, biasanya pihak universitas punya program-program khusus, lho!

6. Pathway

Pathway adalah program yang menjembatani perbedaan sistem dan kualifikasi calon mahasiswa internasional dan syarat masuk sebuah universitas, misalnya kurikulum, nilai, dan bahasa. 

Baca juga: Pathway, Solusi Mudah Kuliah di Universitas Terbaik Australia

7. Study Transfer 

Study transfer adalah suatu program dimana siswa dapat melanjutkan belajar di program atau institusi lain. Course yang telah didapatkan sebelumnya dan dinilai cukup mirip, dianggap setara dengan yang ada di program atau institusi lain. Misalnya di Amerika Serikat, biasanya siswa akan transfer dari program dua tahun di College ke universitas pemberi gelar sarjana tanpa memulai dari awal.

8. Undergraduate dan Postgraduate

Kedua istilah ini merupakan tingkat pendidikan yang ada di luar negeri. Kamu yang baru lulus SMA dapat mendaftar ke program Undergraduate atau jenjang sarjana. Sedangkan Postgraduate adalah program pendidikan lanjutan, baik master atau doktor. 

9. Student Loan

Student loan adalah jenis pinjaman biaya pendidikan untuk menempuh perguruan tinggi, bahkan terkadang juga termasuk biaya hidup. Pinjaman tersebut harus dibayar saat sudah lulus atau sudah bekerja. Pelunasannya juga dapat dicicil, lho! 

10. Scholarship dan Fellowship

Scholarship atau beasiswa adalah dana yang diberikan penyedia beasiswa kepada pelajar untuk keperluan belajarnya. Sedangkan fellowship adalah beasiswa untuk mahasiswa pascasarjana. Biasanya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan scholarship maupun fellowship.

Mulailah kuliah di luar negeri bersama Vista Education!

Tim professional Vista Education siap membantu mewujudkan mimpimu kuliah ke luar negeri. Berpengalaman sejak tahun 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Tim kami akan mendampingimu mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan. 

Segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via WhatsApp.

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !