Tips Survive Dalam Pekerjaan Pertama
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Tips Survive Dalam Pekerjaan Pertama

Tips Survive Dalam Pekerjaan Pertama

Bagi para fresh graduate, pekerjaan pertama adalah momen yang tidak akan mudah terlupakan. Selain hal-hal baru, kamu juga akan mendapat banyak kejutan hidup. Bisa jadi lebih “drama” dibandingkan saat jaman kuliah dulu. Jangan heran kalau kamu akan bertemu banyak drama queen atau drama king yang super pro. Agak canggung dan bikin ngeri sih iya. Tapi kamu bisa melakukan berbagai hal agar kamu bisa survive di episode pertama.

tips dalam pekerjaan pertama

Nggak semua seumuran. Rubah cara bergaul dan maklumi gap generation yang mungkin terjadi

Kecuali di perusahaan start up, kemungkinan kamu akan bekerja dengan rekan lintas generasi. Alih-alih bisa menemukan teman seumuran. Bisa nemu yang terpaut dua tahun saja sudah beruntung. Kebanyakan harus berlapang dada harus se tim dengan yang bahkan seumuran dengan ortu. Wah! Kalau udah gini, buang jauh-jauh deh style gahulmu yang dulu. Jangan sampai di hari pertama kerja kamu udah nyapa “Halo Bro!”. Gawat!

Bersikaplah dengan normal. Pun saat lagu yang kamu putar akan ditolak karena tidak sesuai dengan mereka. Coba ikuti dulu meskipun bahasan mereka terlalu berat untuk kamu pahami. Yang pasti, harus tetap bergaul dan jarring banyak koneksi

Rutinitas boleh berubah, Tapi pastikan masa mudamu tetap indah

Yah, namanya juga bekerja. Siap-siap untuk peras otak dan tenaga selama 8 jam sehari. Belum kalau lembur. Rutinitasmu 100% akan berubah total. Ketemu temanpun harus melewati masa negosiasi jadwal. Namun, hal tersebut bukan berarti kamu harus kehilangan kehidupan sosialmu. Rutinitas di kantor rentan menimbulkan stress. So, its okayuntuk tetap hang out, nongkrong atau traveling. Tapi ingat, porsinya nggak boleh disamakan seperti saat kuliah. Inget, besoknya harus kerja lagi.

Gaji pertama memang asyik, tapi akan hambar jika kamu gak pandai mengaturnya

Rasanya dapat gaji pertama itu susah diungkapkan dengan kata-kata. Rasanya tuh pengen segera borong dan blanja ini itu. Pokoknya berasa kaya raya deh. Tapi gaji itu udah mirip jebakan batman. Kalau gak pinter atur, maka kita akan terperangkap. So, meskipun fresh graduate nggak  ada salahnya untuk mulai mengatur keuangan. Justru sejak gaji pertamalah niat untuk berhemat dan plan keuangan harus dikembangkan.

Jangan mikir soal promosi dan naik jabatan dengan cepat, asal kerja maksimal dulu

Naluri untuk segera melesat ke level tertinggi itu wajar. Toh kita memang masih muda. Namun, cobalah lebih bersabar saat di dunia kerja. Rumah aja membutuhkan waktu panjang sampai siap di huni. Begitu juga dirimu. Meskipun lulus dari kampus oke sekalipun, kamu masih perlu belajar banyak hal. Bukan karena kamu nggak punya skill. Namun, untuk menjadi seorang pemimpin ada seninya tersendiri.

 

Yang pertama belum tentu jadi yang terakhir. Tetap update pada dunia luar akan membuatmu lebih bijaksana

Pekerjaan pertama yang sedang kamu geluti sekarang belum tentu akan kamu jalani sampai akhir. Itu mengap kamu harus tetap perduli dengan dunia luar. Tetap update informasi dan tetap mau belajar banyak hal. Strategi terbaik untuk tidak kalah dengan waktu adalah dengan tetap update.  

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !