Tips Rencanakan Liburan Akhir tahun
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Tips Rencanakan Liburan Akhir tahun

Tips Rencanakan Liburan Akhir tahun

Memasuki akhir tahun, banyak  wisatawan yang mulai merencanakan liburan. Apalagi bagi mereka yang sudah berkeluarga. Momen kebersamaan bersama anak harus disiapkan dengan sangat baik. Entah dari destinasi wisata, tiket transportasi atau akomodasi. Banyak orang yang less preparation saat berlibur.Padahal, liburan boleh seru-seruan, tapi jangan lupa untuk tetap memperhatikan faktor keamanan dan juga kenyamanan. So, apa saja yang harus disiapkan menjelang liburan akhir tahun nanti?

merencanakan liburan akhir tahun- tips traveller- tips liburan

1. Rencanakan minimal 3 bulan sebelum liburan

Selama tiga bulan sebelum hari H, manfaatkan waktu untuk mencari tahu kemana Anda akan pergi. Akan lebih baik jika diskusi ini dilakukan bersama keluarga. Usahakan untuk mencari tahu informasi dari dua sisi. Maksudnya adalah bukan hanya keindahan yang menjadi pertimbangan utama. Tapi juga faktor-faktor alam yang kemungkinan terjadi. Seperti apakah tempat tersebut rawan longsor, akses jalan dan juga akomodasi.

2. Pantau harga tiket

Jika Anda berencana pergi menggunakan transportasi umum seperti pesawat dan juga kereta api, pantau harga tiket atau jika perlu booking segera. Biasanya harga tiket akan mengalami kelonjakan atau justru Sold Out jika Anda memesan secara mendadak.

tips merencanakan liburan - tips liburan akhir tahun - kuliah ke luar negeri

 

3. Cari Informasi Penginapan

Informasi penginapan ini dapat Anda peroleh melalui website atau juga teman. Cek Review hotel sebelum Anda booking. Apakah fasilitas sesuai standart dan apakah hotel atau villa tersebut berhantu atau tidak.hehehehe

Beberapa kesalahan saat memilih penginapan adalah kesalahan mengatur jadwal. Jangan sampai impian untuk langsung segera istirahat saat baru tiba, lenyap begitu saja setelah Anda datang terlalu awal sebelum jadwal check in.

Kesalahan ke dua yang mungkin terjadi adalah karena kurang teliti. Jika Anda membaca ulasan hotel yang mengatakan berlokasi di pusat kota, usahakan untuk mengeceknya secara pribadi. Anda bisa mengeceknya di google map dan melihat apakah hotel benar-benar dekat dengan berbagai fasilitas atau tidak. Beberapa hotel mengatakan mereka berada di pusat kota. Tapi ternyata, dia sejauh 2 jam dari bandara dan fasilitas yang ada. Alhasil Anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk berpergian.

Kesalahan ke tiga adalah teriming-iming oleh “low price” dan diskon. Banyak wisatawan yang langsung saja memesan hotel pada saat melihat ada potongan harga. Tapi bisa jadi di hotel lain yang memiliki fasilitas kurang lebih sama mempunyai harga yang lebih murah. So, di amati dulu ya semua.

4. Mengatur Budged

Well, jika tempat wisata sudah dipilih dan akomodasi sudah fix, saatnya untuk mengatur keuangan.  Lebih baik untuk membawa uang cadangan. Karena biasanya, selama berwisata kita akan tergiur membeli pernak-pernik atau sekedar membeli makanan kecil. Tips ke dua adalah bawa uang cash aja ya. Hal ini akan memudahkan Anda melakukan transaksi di daerah yang kemungkinan tidak menyediakan transaksi kredit.

merencanakan liburan akhir tahun- tips traveller- tips liburan

5. Menyusun Itenary

Nah! Hal ini wajib dilakukan jika ingin waktu liburan Anda lebih efektif. Atur jadwal jam berapa dan kemana saja Anda akan berkunjung. Dengan mengatur schedule, Anda akan terbebas dari kemungkinan pindah tidur saja. 

6. Hafalkan lokasi rumah sakit atau pihak keamanan terdekat

Yah.. kita semua tidak pernah berharap hal buruk akan terjadi. Tapi alangkah baiknya kalau kita mempersiapkan semuanya dengan matang. Contoh kecil adalah dengan mengingat lokasi rumah sakit atau kantor polisi terdekat. Jadi, jika mungkin ada luka kecil atau membutuhkan bantuan Anda langsung tahu kemana Anda harus pergi.

Hal kedua adalah dengan meminta si kecil menghafal nomor telfon atau alamat rumah. Sekali lagi bukan berharap hal buruk menghampiri, jika saja si kecil tiba-tiba "ingin jalan-jalan sendiri *baca nyasar" dia bisa memberikan informasi orang tuanya saat bersama petugas. Ajarkan dia untuk tidak percaya pada siapapun dan langsung menhampiri petugas atau security jika dia terlepas dari pantauan Anda. Tapi mom..and daddy, pliss jangan sampai hal ini terjadi.  Dengan begitu, keamanan Anda dan keluarga akan lebih terjamin.

7. Jaga Kesehatan

Perjalanan panjang dan melelahkan bisa membuat Anda tidak fit setelah sampai di tujuan. Padahal, Anda masih harus mendaki, berenang atau berbelanja. Untuk menghalau hal tersebut terjadi , jaga kesehatan dengan baik. Perbanyak minum air putih dan juga fitamin. Hati-hati saat makan makanan baru, pun jika itu menggiurkan dan terlihat unik, tanya dulu komposisinya. Siapa tahu Anda punya alergi dan atau membuat Anda sakit perut. Siapkan selalu cairan pencuci tangan. Lebih bersih lebih sehat kan?

Oke, semua persiapan bisa mulai dilakukan hari ini. Berwisatalah bersama orang-orang yang Anda cintai agar Quality time yang dibangun semakin berkesan. 

merencanakan liburan akhir tahun- tips traveller- tips liburan

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !