<strong>Student life in U.S Universities</strong>
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Student life in U.S Universities

<strong>Student life in U.S Universities</strong>

 

Universitas mana yang cocok dengan saya ?

Meneliti sekolah tinggi yang akan anda pilih membutuhkan waktu. Pembimbing sekolah di SMA adalah sumber yang baik untuk memulai pencarian universitas Anda. Pasca pendidikan sekolah tinggi dapat meliputi perguruan tinggi setempat baik negari atau universitas swasta, perguruan tinggi militer, seni atau sekolah kuliner, atau perdagangan atau sekolah pelatihan teknis.

 sitt

College or University

Beberapa sekolah di Amerika menawarkan program 2 tahun yang sering disebut sebagai community colleges. Program 4 tahun biasa disebut public (state) atau private universities. Anda dapat memilih untuk mendapat gelar sertifikat, sarjana atau diploma dari career trade atau technical school yang akan melatih anda kepada karir spesifik, profesi atau trade.

Beberapa sekolah kelihatannya bagus akan tetapi belum tentu mereka mendapat akreditasi dari U.S Department of Education’s Office of Postsecondary Education (OPE).

Ada beberapa saran bagaimana untuk menekan biaya kuliah di Amerika. Tapi Anda harus menindaklanjuti di universitas atau career schools yang anda minati untuk mendapatkan informasi tambahan.

Buatlah budget yang sesuai kemampuan Anda karena ini bisa menolong untuk membandingkan pengeluaran antara 1 universitas dengan yang lain.

Biaya sekolah bisa bervariasi sangat signifikan dan banyak sekolah dengan biaya yang terjangkau dengan bantuan finansial dari sekolah tersebut. Pastikan Anda meneliti semua sekolah yang akan sesuai dengan kebutuhan akademik dan keuangan Anda.

 

Ada 4 langkah penjelasan tentang proses sebagai siswa internasional dalam mengikuti studi di College atau universitas di USA :

Teliti pilihanmu. Univeritas terdiri dari 6 level yaitu associate, bachelor, first-professional, master, advanced intermediate, dan research doctorate. Sistem pendidikan di U.S tidak menyediakan second atau higher doctorate, tapi menyediakan postdoctoral research programs. Pelajari pengalaman siswa lain yang pernah studi di Amerika supaya Anda mendapat gambaran lebih rinci tentang kehidupan siswa internasional disana.

Cocokkan kemampuan finanisial Anda. Pemerintah Amerik tidak menyediakan pinjaman atau beasiswa umum untuk siswa internasional. Sebagai siswa internasional Anda harus mencari alternative lain seperti :

  • Otoritas Pendidikan di Indonesia yang menyediakan bantuan biaya sekolah keluar negeri sesuai dengan program yang dicanangkan untuk siswa yang memenuhi syarat dari program itu sendiri.
  • Kantor Administrasi Internasional. Banyak akademik institusi di Amerika menyediakan bantuan ke siswa internasional.Silakan hubungi kantor administrasi sesuai dengan sekolah yang Anda minati untuk mengetahui apakan Anda berhak mendapatkan bantuan atau tidak.
  • Beasiswa dari yayasan pribadi, tempat bisnis dan organisasi non profit.
  • Exchange Program yang dicanangkan Pemerintahan Amerika yang termasuk the Fullbright Program dan semua tingkat pendidikan, menyediakan bantuan untuk ‘qualified’ siswa internasional.

Lengkapi formulir aplikasi dari College atau Universitas yang Anda minati, termasuk test standar yang harus dipenuhi dan memenuhi semua permintaan aplikasi yang sudah diatur oleh institusi tersebut.

TOEFL, ini sudah menjadi standar requirements untuk calon mahasiswa yang ingin meneruskan studi di Amerika

american map

 

College Life

Belajar untuk mengenal diri sendiri menjadi unsur penting dalam memutuskan untuk pergi ke Amerika. Pada waktu Anda sanggup meraihnya, maka Anda akan bisa mengidentifikasi tempat yang cocok untuk Anda hidup dan studi di Amerika. Pada saat anda merencanakan hidup, belajar dan berkembang di Amerika, Anda sudah memiliki karakter sebagai orang Amerika yang mempunyai jiwa petualang.

Sebagai siswa internasional, anda akan mengalami hal-hal yang sangat bagus. Ada beberapa aspek kehidupan sebagai siswa internasional yang harus diperhatikan, yaitu :

 

  • Culture shock, Belajar diluar negeri adalah pengalaman baru untuk semua siswa dan melalui itu datang beberapa tantangan. Anda bisa merasa bingung dan tidak nyaman saat berada di USA. Orang di Amerika memiliki tradisi dan cara yang berbeda dengan kita dan itu bisa menjadi sesuatu yang kita anggap aneh. Anda akan merasa semua nya berubah, termasuk dukungan langsung dari teman dan keluarga. Untuk mengurangi perasaan itu anda akan selalu berhubungan dengan teman dan keluarga di Indonesia, tapi menjadi penting anda untuk mencari dukungan baru.Orang yang anda temui disekolah adalah sama-sama siswa internasional yang juga merantau untuk bersekolah di Amerika, nah ini bisa menjadi sumber dukungan baru untuk Anda. Jika Anda memiliki sanak saudara di Amerika juga bisa menjadi sarana dukungan.
  • Hidup sosial, Kehidupan sosial di Amerika berbeda dengan Indonesia. Hal ini dapat dilihat ketika kita bertemu dengan teman-teman baru yang mereka tidak segan untuk mengucapkan salam atau bertegur sapa. Sikap seperti ini mencerminkan betapa ‘friendly’ mereka terhadap 1 sama lainnya. Dengan sikap seperti inilah membuat Anda lebih mudah untuk mengembangkan ‘Deep Friendship’ yang dimana nantinya akan membangun networking itu sendiri. Cari tahu cara orang US berkomunikasi karena itu akan juga memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan mereka. Bersosial dengan cara mereka tapi jangan sampai kita melupakan adat dan budaya timur yang kita miliki dari bimbingan orang tua.
  • Transportasi, Tergantung letak Universitas yang akan anda tempati akan sangat bergantung pada sarana transportasi yang ada. Di New York, fasilitas transportasi umum bisa diakses 24 jam sehingga memiliki mobil itu bukan menjadi sesuatu yang penting. Di Kansas berbeda dengan New York yang fasilitas transportasi umum tidak sebanyak New York yang berarti Anda harus mempersiapkan alat transportasi sendiri seperti sepeda atau mobil sendiri. Seiring dengan kehidupan Anda di kampus, Anda akan temukan cara-cara yang baru. Jika bepergian antara 1 state dengan yang lain, pesawat terbang sangatlah efektif karena disamping murah biayanya, Anda akan cepat sampai tujuan. Lain halnya jika Anda ingin menikmati ‘road trip’, maka membawa kendaraan sendiri akan menjadi pengalaman tersendiri bagi hidup Anda.
  • Akomodasi, Tiap Universitas di Amerika menyediakan sarana akomodasi mulai dari asrama, apartemen dan perumahan. Biaya yang ditawarkanpun berbeda dan peraturannya beragam. Jadi komunikasikanlah akomodasi yang disediakan Universitas sebelum Anda berangkat supaya semuanya jelas dan terarah.
  • Budaya Amerika, Banyak siswa internasional yang mempunyai kesulitan untuk menyelaraskan budaya kita dengan mereka. Anda perlu mengetahui dulu mengenai budaya Amerika sebelum berangkat supaya memudahkan masa transisi anda sebaik-baiknya. Orang Amerika kuat dalam hal individualism, mereka yang mengontrol hidup mereka sendiri daripada ikut aturan orang tua dan agama. Mereka pun menganggap bahwa mereka mempunyai kedudukan yang sama, maka mereka tidak akan membungkuk kepada siapapun dalam menghormati orang lain. Mereka bicara blak-blakan, jadi jangan kaget bila melihat respon yang instant dari mereka. Mereka tidak mau mencampuri urusan orang lain, dalam arti jika urusan itu tidak menyangkut mereka, maka bukan menjadi urusan yang harus diselesaikan.

career

 

Kesempatan Berkarir

Pada waktunya nanti setiap siswa internasional yang berkuliah di U.S akan memilih karir yang cocok setelah lulus. Mencari pekerjaan setelah graduation tidaklah hal yang mudah dilalui bagi siswa internasional dan banyak pulan yang menghadapi masalah untuk tinggal di U.S setelah lulus. Nah, ini beberapa tips untuk Anda dalam mengawali perjalanan karir :

  • Ketahui dimana ada kesempatan untuk bekerja. Beberapa State di Amerika yang memiliki reputasi lebih ramah terhadap pekerja internasional adalah California, New York, Texas. State tersebut merupakan tempat bagi perusahaan-perusahaan besar dari segi materi dan kebutuhan akan lulusan siswa internasional dimana State ini juga mempunyai kesempatan lebih baik untuk pekerja internasional tinggal menetap.
  • Carilah intership sesuai jurusan yang off campus. Bukan proses mudah untuk 1 perusahaan untuk menerima pekerja siswa internasional. Biaya Perusahaan untuk menerima siswa internasional biasanya lebih tinggi daripada menerima pekerja dari Amerika sendiri. Oleh sebab itu akan menjadi sulit untuk banyak perusahaan jika mereka menerima pekerja dari siswa internasional. Jika Anda sudah mendapatkan internship pada saat sophomore atau junior, itu akan menjadi kesempatan yang bagus pada saat anda ke dunia pekerjaan nantinya.
  • Bicaralah dengan Kantor Perencana Karir. Banyak Universitas di US memiliki departemen khusus yang menolong siswa internasional mendapat pekerjaan setelah lulus. Kantor ini sudah membantu banyak siswa mendapat pekerjaan sebelumnya dan menggunakan koneksi alumnus akan sangat membantu dalam jaringan karir.
  • Melamar OPT (Optical Practical Training) sebagai kesempatan untuk siswa internasional mendapatkan pengalaman secara praktikal sesuai dengan jurusan mereka, dengan beberapa ketentuan dan masa waktu hingga 1 tahun. Informasi selengkapnya bisa dicari di U.S. Citizenship and Immigration Services website. Ini menjadi satu cara yang sering dilakukan perusahaan untuk mendapat karyawan dari siswa internasional, sekalipun hanya 1 tahun. Perusahaan tidak perlu membayar extra fee untuk mempekerjakan siswa internasional yang memiliki status OPT, tetapi siswalah yang dikenai biaya untuk apply ke training program.

embassy

International Students - Networking

Apa itu Networking?

Secara fundamental, networking mempunyai jiwa karakter untuk berkomunikasi dengan seseorang yang mempunyai maksud untuk menjelajahi karir atau pekerjaan atau internship. Seseorang itu bisa jadi teman, teman kelas, profesor, alumnus yang bekerja diperusahaan yang Anda minati, atau bahkan orang yang Anda temui di coffee shop. Membicarakan hal ini belum tentu wajar bagi setiap orang, jadi bisa mulai melatih pembicaraan itu dengan seseorang agar nantinya menjadi lebih nyaman pada saat Anda memulainya. Networking adalah komponen penting dalam mencari perkerjaan atau intership secara efektif, apakah Anda mencarinya di USA atau di luar USA. Networking bisa ditemui pada saat sedang berada di coffee shop, konferensi, Acara Newtorking, atau seminar.

Mengapa Networking itu sangat penting ?

Dengan membangun profesional networking, Anda akan mulai mendapatkan akses ke job market yang tidak terlihat dan ini sangat penting karena menjadi indikator statistic 70-80% tidak terdaftar secara umum. Mencari kesempatan melalui networking berarti Anda mengakses posisi yang tersedia sebelum diumumkan secara bebas yang memberikan dampak bagus kepada Anda sendiri.

Sumber Networking

  • Interview yang bersifat informational adalah salah 1 cara efektif untuk memuIainya.
  • Mengikuti International Student & Alumni Network LinkedIn Group yang menghubungkan Anda dengan siswa yang lain untuk bisa mengetahui perusahaan mana yang mereka sudah dapatkan untuk bekerja.
  • LinkedIn adalah salah 1 sumber mencari pekerjaan atau intership yang sangat berharga, khususnya untuk mengembangkan dan merawat hubungan networking.
  • untuk Siswa Internasional International Alumni Network, kembangkan dan pelihara alumni network yang sudah Anda dapat sehingga itu menjadi alat bantu dalam mendapatkan karir yang tepat untuk masa depan Anda.
  • Melibatkan diri dalam kampus adalah cara yang baik untuk berkenalan dan bertemu dengan orang baru, melatih bahasa inggris dan memperbesar jaringan.

 

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !