Penyakit yang Sering "Mampir" dulu Ke Mahasiwa
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Penyakit yang Sering "Mampir" dulu Ke Mahasiwa

Penyakit yang Sering

Pernahkah kamu merasa tiba-tiba sedih padahal kamu baru saja pulang hangout bareng temen ? Tiba tiba merasa kesepian atau pasrah tanpa alasan?. Merasa gelisah saat membuka mata di pagi hari dan benar-benar malas beranjak pergi. Memikirkan mapel hari ini. Orang-orang yang akan kita temui. Apakah dosen hadir atau tidak. Tugas yang belum sempat kita kerjakan. Entah malas atau memang tidak tahu cara mengerjakanya?. Hm.. perasaan-perasaan ini wajar dan memang sering terjadi. Sebuah fakta menunjukkan bahwa

  • 1 dari empat mahasiswa didiagnosa mempunyai penyakit
  • 40% tidak perduli dan tidak mencari bantuan
  • 80% merasa tugas-tugasnya sangat membebani
  • 50% merasa gelisah selama di kampus

Yap, mahasiswa memang belum sepenuhnya bisa dikatakan orang dewasa. Berbagai persoalan baru akan selalu muncul seiring dengan kita tumbuh. Secara psicologis, hal tersebut tentu saja membawa tantangan tersendiri. Apalagi jika kamu sedang kuliah ke luar negeri atau di kota orang. Yah, lebih enaknya sih mahasiswa perantauan. Tinggal jauh dari orang tua dan culture shock adalah pemicu beberapa penyakit fisik dan psicologis ini mampir padamu dulu.

konsultan pendidikan di Indonesia, education consultant in Indonesia, les TOEFL, Les IELTS, Les Bahasa Inggris exclusive, Promo Les Bahasa Inggris, Kelas Conversation

Psicologic disease

Depresi

Berdasarkan  Association for University and College Counseling Center Directors, 36 % mahasiswa pernah mengalami depresi dengan berbagai level. Faktor penyebabnya tentu saja beragam. Lingkungan, pelajaran, tuntutan dari orang tua dan masalah hati. Kebanyakan mahasiswa juga tidak mencari tempat untuk berbagi ketika mereka mengalami kesulitan. Terutama mahasiswa laki-laki. Wah, padahal berbagi itu indah loh!

Gejala depresi tiap orang juga berbeda – beda. Secara garis besar,  depresi dapat di identifikasi dari :

  1.  Merasa sedih dan gelisah
  2. Tidak nafsu makan dan kehilangan berat badan
  3. Tidak fokus
  4. Tidak tertarik pada aktifitas atau kegiatan sosial
  5. Lelah dan malas
  6. Selalu teringat pada kesalahan di masa lampau
  7. Cepat marah tanpa alasan yang jelas

Depresi bisa menjadi masalah sesaat jika cepat di sadari dan cepat “move on”. Mungkin dengan piknik, pulang kampung atau segera berkomunikasi jika masalah melibatkan orang lain. Jangan malu untuk mencari teman bercerita. Setidaknya kamu akan mendapat pandangan dari berbagai perspective dan menerima masukan. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu juga boleh banget peka pada teman. Mengidentifikasi apakah mereka sedang membutuhkan bantuanmu apa tidak. Biasanya jika mereka tiba-tiba berubah sikap. Negatif dan tidak tertarik pada hal apapun dan berubah menjadi lebih pendiam.

 

Physical Disease

-         Maag

Sakit maag adalah salah satu penyakit yang sering mampir ke mahasiswa. Aktifitas yang padat dan stress beresiko membuat pola makan tidak teratur. Apalagi kalau suka makanan pedes dan makanan instant. Sudah pasti maag cepat datang. Gejala yang muncul jika maag sudah menyerang adalah mual sampai muntah. Sakit perut secara hebat, pusing bahkan pingsan. Sakit maag harus segera diobati, jika tidak dia akan banyak memberikan gejala lebih parah seiring waktu.

 

-          Tipus

Tipus menjadi tanda jika tubuh mu benar-benar telah kelelahan. Tak hanya itu, tipus juga menyerang karena ada bakteri Salmonella typhi yang biasanya berasal dari makanan yang tidak bersih. Nah loh, udah tubuhnya kecapekan, kebersihan makanannya juga tidak dijaga.

Gejala tipus adalah demam tinggi dan keringat tinggi. Mual, muntah, diare dan perut terasa sakit. Merasa sembuh di pagi hari namun kembali merasa lemas di sore hari. Tipus tidak bisa sembuh sebelum kamu memberi hadiah pada dirimu sendiri dengan beristirahat.

 konsultan pendidikan di Indonesia, education consultant in Indonesia, les TOEFL, Les IELTS, Les Bahasa Inggris exclusive, Promo Les Bahasa Inggris, Kelas Conversation

-          Demam berdarah

 

Demam berdarah umum bagi mahasiswa kost yang tidak suka bersih-bersih. Penyebabnya adalah nyamuk Aedes aegypti yang notabenya suka tempat-tempat “semrawut” . Yap, tanda-tanda DB adalah demam disertai bintik-bintik. Kalau sakit yang ini gak boleh main-main lagi. Segera ke rumah sakit untuk mendapat perawatan lebih lanjut

 

Nah, diatas adalah list penyakit yang suka mampir sama mahasiswa, khususnya mahasiswa perantauan. Banyak kasusnya tapi belum pasti tiap mahasiswa akan kena. Asal kamu sadar kesehatan, maka masa kuliahmu bisa lebih lancar.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !