Mahasiswa Baru Wajib Baca
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Mahasiswa Baru Wajib Baca

Mahasiswa Baru Wajib Baca

Cie yang udah lulus SMA. Selamat datang di dunia kampus!. Banyak perbedaan yang akan kalian rasakan selama beranjak dari siswa ke mahasiswa. Kamu akan berada di lingkungan sekolah baru. Belajar hal baru dan mendapat teman-teman baru. Bahkan kamu akan bertemu dengan orang-orang yang bukan satu kota lagi. Ya, kehidupan di kampus biasanya lebih heterogen. Kamu berpeluang untuk bertemu dengan mereka dari daerah lain bahkan negara asing. Jadi, jangan bawa kebiasaan SMA ya. Perhatikan beberapa hal ini agar masa transisimu berjalan lancar.

1. Cari tahu trend kampus

Apa yang sedang “hot” di kampus biasanya menjadi buah bibir. Contoh, tim olahraga yang sedang digandrungi. Prestasi yang baru diperoleh dan hal-hal menarik lainnya. Dengan mengetahui informasi kampus kamu akan lebih mudah membaur. Jadi ceritanya kamu sudah bisa nimbrung obrolan seputar tema kampus dan dianggap salah satu dari mereka

 

Tips maba, kuliah, mahasiswa baru, kuliah di luar negeri, senior, konsultan pendidikan di Indonesia

2. Pakai Bahasa nasional

Karena kamu tidak lagi berada di lingkungan yang seluruhnya berlatar belakang sama, jangan pakai bahasa daerah dulu. Selain orang lain mungkin tidak paham,secara tidak langsung kamu membentuk sebuah kelompok sendiri. Orang lain akan susah masuk karena mereka bisa jadi merasa tidak sama. Padahal mencari teman sebanyak-banyaknya sangat penting. Jangan sampai di kampus pun teman mu itu-itu saja.

 

Tips maba, kuliah, mahasiswa baru, kuliah di luar negeri, senior, konsultan pendidikan di Indonesia

 

3. Be humble

Teman baru atau senior biasanya paling sensi dengan mereka yang hyper aktif –suka mencari perhatian-. Berlaku dan berpenampilan sewajarnya saja. Dengan bersikap baik dan tidak berlebihan akan membuatmu mudah disukai dan tidak mendapat haters di tempat baru.

4. Protect their privacy

Saat berkenalan, tetaplah menarik dengan tidak menanyakan hal-hal pribadi. Contoh adalah agama, pekerjaan orang tua dll. Sebagian orang tidak suka menceritakan privasinya saat pertama kali bertemu. Toh, kamu juga bisa mencari tahu seiring berjalannya waktu kan.

5. Pasang wajah menyenangkan

Berada di lingkungan baru memang menjadi bebean. Tapi cobalah untuk memasang wajah penuh senyum. Aura positif yang kamu perlihatkan akan mempengaruhi “first impression” orang lain terhadapmu. Na kalau kamu pasa ng poker face apalagi selalu cemberut, siapa yang mau ajak kenalan.

 

Oke, semoga kamu mendapat banyak pengalaman ya. Selamat datang di dunia mahasiswa!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !