Cara Mudah Masuk UC Berkeley (Part 2)
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Cara Mudah Masuk UC Berkeley (Part 2)

Cara Mudah Masuk UC Berkeley (Part 2)

Tips lolos jadi mahasiswa transfer di UC Berkeley

Di judul artikel sebelumnya, kita membahas cara jitu masuk ke UC melalui College. College mempunyai akses transfer ke UC jauh lebih besar. Mempunyai biaya yang terjangkau, syarat yang tidak berat dan bimbingan Bahasa Inggris. Bagi mahasiswa asing, College sendiri adalah first step dan perlu diikuti dengan usaha lain agar jalanmu menuju University of California lebih lancar. 

Di bawah ini ada beberapa tips dan trik bagaimana menjadi mahasiswa College yang baik dan benar. Sebagai bocoran, UC tidak menggunakan nilai sebagai satu-satunya acuan untuk proses penerimaan students. Ada beberapa hal yang juga menjadi pertimbangan diantaranya adalah prestasi non akademik dan etika. Wajib baca bagi yang ingin kuliah di Amerika.

1. Jadi mahasiswa aktif

Menjadi mahasiswa aktif disini hampir mirip dengan menjadi mahasiswa aktif di Indonesia. Kamu sangat dilarang untuk hanya sekedar menjadi mahasiswa kupu-kupu (Kuliah Pulang Kuliah Pulang). Cobalah untuk mengikuti berbagai ekstrakurikuler. Biasanya College mempunyai banyak club ekskul olahraga dan seni. Jika kamu berhasil menjadi kapten tim sepak bola hampir pasti kamu akan semakin mudah masuk ke UC Berkeley. Keaktifan mahasiswa adalah point penting untuk mahasiswa transfer.

2. Pertahankan nilai

Meskipun sudah masuk di college, kamu harus mempastikan kamu masih mempunyai nilai bagus. Bagaimanapun juga standart nilai untuk masuk ke UC Berkey untuk mahasiswa transfer masih tinggi. Tapi untungnya, memperoleh IPK tinggi cenderung lebih mudah saat di college. Sistem pembelajaran dalam kelas-kelas kecil dan dosen yang ketche badai membuatmu lebih konsen buat belajar. Kalau tidak paham soal makul (mata kuliah) tertentu, dosen juga open les diluar jam kampus. Berbagai fasilitas kampus seperti perpustakaan dan wifi, akan menunjang semua proses belajar mengajarmu.

“Result never betray the effort”

3. Malu bertanya sesat disana

Disetiap College pasti ada yang namanya "student service". Disinilah biasanya mahasiswa akan melakukan proses konsultasi masalah kuliah di College maupun program transfer mereka. Mereka bebas bertanya jurusan apa yang akan diambil di uni nanti, apa saja persyaratnya dan bagaimana prosedurnya melalui student service.  Usahakan dirimu untuk update dan sering-sering berkunjung. Tanyakan apapun sampai jelas dan mintalah bantuan jika memang kamu kesulitan mengurusnya sendiri.

4. Cari informasi seputar calon Universitas mu

Transfer dari College ke Universitas memang membutuhkan persiapan khusus. Kamu harus secara total cek akomodasi calon kampus baru mu. Mulai mencari penginapan jauh-jauh hari. Cari juga informasi seputar lingkungan disana. Persiapkan segalanya dengan baik jangan sampai H - beberapa hari masuk pertama di uni kamu masih ribet dengan pindahan

5. Cari tahu seluk beluk kampus

Bagi seorang mahasiswa transfer, kamu akan sama halnya dengan mahasiswa pindahan. Untuk mempermudah proses adaptasi kamu harus kepo duluan seputar kehidupan kampus. Contohnya adalah ekskul apa yang paling popular, event-event apa yang sering jadi pembicaraan atau bahkan sampai ke mahasiswa paling populer,hehe. Wawasan kampus ini sedikit banyak akan membantumu mempunyai bahan pembicaraan saat berkenalan dengan mahasiswa lain.


 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !