Bedah Tuntas Kuliah di Amerika<br />(Part 1)
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Bedah Tuntas Kuliah di Amerika
(Part 1)

Bedah Tuntas Kuliah di Amerika<br />(Part 1)

 

konsultan pendidikan di Indonesia, education consultant in Indonesia, les TOEFL, Les IELTS, Les Bahasa Inggris exclusive, Promo Les Bahasa Inggris, Kelas Conversation, kuliah di Amerika, Kuliah di USA

 

Tentang Amerika

  • Amerika Serikat tercatat sebagai negara tujuan mahasiswa internasional terbanyak di dunia. Lebih dari 800,000 siswa luar negri berangkat ke Amerika Serikat untuk mendapat pendidikan guna meningkatkan kualitas hidup mereka
  • Amerika sebagai negara multikultural dan beragam latar belakang. Hal ini akan memberi pengalaman tersendiri bagi mahasiswa internasional di Amerika Serikat, meliputi rekan sekelas dengan rentang usia bervariasi, agama yang berbeda-beda, serta asal negara mahasiswanya. Kesempatan ini baik untuk menstimulus pergaulan lintas batas dan kultur serta memaknai hubungan berdasarkan perbedaan yang ada. Rata-rata kelas tak melebihi dari 20 mahasiswa dan professor pengajar akan dengan senang hati dalam membimbing bahkan hingga di luar kelas.
  • Pendidikan di Amerika Serikat menjadi salah satu acuan dunia. Peringkat 30 universitas teratas di dunia berlokasi di Amerika Serikat berdasarkan hasil survey Quacquarelli Symonds World University Rankings 2015/2016. Reputasi ini tentu menjadi acuan yang sangat baik untuk meneruskan jenjang pendidikan tingkat atas.

Mengapa Studi ke Amerika

  • Kualitas Pendidikan. Amerika Serikat merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan tingkat universitas terbaik di dunia dengan program-program belajar variatif yang unggul. Pendidikan di Amerika berfokus pada hal-hal yang sifatnya terapan/ praktikal. Membaca jurnal-jurnal ilmiah adalah hal yang esensial dalam sistem pendidikan di Amerika Serikat. Selain itu silabus-silabus pendidikannya terus diperbarui dan paper perkuliahan merefleksi pada tuntutan dunia industri pada masa terkini. Hal ini mendorong mahasiswa untuk dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang berkembang di masa sekarang.  
  • Kesempatan bekerja. Ada banyak kesempatan untuk magang sesuai dengan pengalaman studi yang diambil oleh mahasiswa. Kesempatan bekerja dapat dilakukan secara paruh waktu di masa perkuliahan dan bekerja penuh saat masa libur musim panas. Kesempatan ini juga membuka peluang untuk dapat bekerja tetap selepas masa kuliah.
  • Kemampuan Berpikir Kritis. Pendidikan Amerika Serikat memungkinkan mahasiswanya untuk mengekspresikan pemikirannya sendiri. Mulai dari diskusi di ruang kelas hingga pada pekerjaan yang dibawa kembali ke rumah, mahasiswa diberi keleluasaan ruang berpikir. Kelas yang kondusif dengan peserta belajar sekitar 20 orang dengan metode pengajaran menyerupai seminar memungkinkan berlangusungnya diskusi secara aktif.

 

Pendidikan di Amerika Serikat

  • Belajar di Amerika Serikat memberi akses yang kuat pada jenjang profesional. Jejaring ikatan alumni yang dimilikipun kuat. Kesempatan ini menungkinkan setiap alumni untuk dapat memiliki mentor, mencari pekerjaan baru bahkan untuk mendapatkan posisi kerja melalui referensi internal.
  •  Amerika Serikat secara konsisten mempertahankan peringkat universitasnya pada jajaran kualitas teratas dunia dengan pencapian 50 besar kampus terbaik di dunia. Hal ini membuat  para mahasiswa bersemangat dan mengetahui bahwa dikemudian hari melalui almamaternya ia akan mudah dikenal di kancah internasional.
  • Amerika Serikat unggul dibanyak area teknologi dan riset. Keunggulan ini juga menguntungkan bagi mahasiswa dimana mereka dapat mengakses peralatan-peralatan canggih yang akan membantu mereka dalam belajar. Hal ini meliputi mulai dari sarana praktikum, riset, dan penunjang infomasi. Mahasiswa juga akan berkoneksi dengan para peneliti, dosen dan ahli diberbagai bidang di seluruh dunia.
  • Lebih dari 2000 perguruan tinggi dan universitas di Amerika Serikat menawarkan program studi empat tahun dengan gelar bachelor’s degree. Kurikulum di banyak universitas pada tingkat sarjana berdasarkan pada filosofi “liberal arts”, dimana mahasiswa disyaratkan untuk mengambil matakuliah umum seperti komposisi Bahasa Inggris, ilmu pengetahuan sosial, kemanusiaan, sejarah, matematika dan ilmu pengetahuan alam. Setelah mahasiswa berhasil melalui kurikulum wajib tersebut, barulah mereka diminta untuk memilih jurusan spesifik yang diminati. Spesifikasi ini diharapkan dipilih berdasarkan pada apa yang disukai dan menjadi konsentrasi untuk mencari pekerjaan di masa datang. Dua tahun terakhir dikonsentrasikan untuk mengambil mata kuliah-mata kuliah yang berhubungan langsung dengan jurusan yang telah dipilih. Ada juga kampus lain yang mempersiapkan studi empat tahunnya untuk mengarah pada area profesional seperti: fine arts, farmasi, teknik, bisnis, agrikultur dan area spesifik lainnya.
  • Terdapat dua tipe gelar bachelor’s degree dalam tingkat undergraduate program yaitu B.A degrees (Bachelor of Art Degrees) dan B.S degrees (Bachelor of Science Degrees). Untuk gelar B.A jurusan yang meliputinya adalah seni, ilmu pengetahuan sosial, dan kemanusiaan. Sementara bagi mahasiswa bergela B.S degrees dengan jurusan meliputi bidang kehidupan, fisika dan sains matematika.

konsultan pendidikan di Indonesia, education consultant in Indonesia, les TOEFL, Les IELTS, Les Bahasa Inggris exclusive, Promo Les Bahasa Inggris, Kelas Conversation, kuliah di Amerika, Kuliah di USA

  • Pendidikan lanjutan dari undergraduate/ sarjana adalah graduate atau pasca-sarjana. Setiap tahun ada lebih dari 500,000 mahasiswa yang memperoleh gelar master.Ada dua jenis gelar master yang diberikan oleh U.S, akan tetapi dua gelar yang umum adalah Master’s of Arts dan Master’s of Science. Mahasiswa biasanya menghabiskan waktu dua hingga tiga tahun dalam menyelesaikan masa pasca-sarjananya, meski juga ada kemungkinan untuk menyelesaikannya dalam waktu satu tahun. Umumnya, gelar pasca-sarjana mensyaratkan terselesaikannya enam sampai delapan mata kuliah lanjutan, dan sebagai tambahan adanya proyek belajar intensif dan thesis. Beberapa program pasca-sarjana memiliki kesempatan untuk magang, dimana kesempatan bekerja sesuai dengan bidang yang dipelajari dengan tujuan untuk mendapatkan pengetahuan dan pengalaman.
  • Program pasca-sarjana berbeda dengan tingkat sarjana dimana seluruh mata kuliah yang difokuskan berhubungan erat dengan jurusan yang dipelajari. Mahasiswa juga dimungkinkan untuk mengambil pilihan beberapa mata kuliah namun dengan lebih selektif dibandingkan saat sarjana. Mata kuliah yang diambil lebih menantang, namun hanya fokus pada tema yang berhubungan dengan mata kuliah yang diambil saja. Hal inilah yang menarik bagi para mahasiswa pasca-sarjana.

PART 2

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !