Mengenal Perbedaan Waktu di Kanada dan Indonesia! Cek, Disini!
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Mengenal Perbedaan Waktu di Kanada dan Indonesia! Cek, Disini!

Mengenal Perbedaan Waktu di Kanada dan Indonesia! Cek, Disini!

Temukan bagaimana perbedaan waktu antara Kanada dan Indonesia yang dapat mempengaruhi jadwal Anda di artikel ini. Dapatkan juga wawasan singkat tentang perbedaan zona waktu dan cara terbaik untuk mengelola komunikasi lintas-waktu secara efektif.

Waktu adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan sehari-hari. Setiap negara memiliki zona waktu yang berbeda-beda, tergantung pada letak geografisnya. perbedaan waktu antara negara-negara dapat mempengaruhi banyak hal, mulai dari komunikasi bisnis hingga perjalanan lintas zona waktu.

Kanada dan Indonesia memiliki perbedaan waktu yang signifikan karena luasnya wilayah kedua negara dan penggunaan zona waktu yang berbeda. Nah, di Artikel kali ini akan membahas secara lengkap perbedaan waktu di antara keduanya.

Lokasi Geografis

Kanada:

Kanada merupakan negara terluas kedua di dunia setelah Rusia, terletak di Amerika Utara bagian utara. Negara ini terdiri dari 6 zona waktu, yaitu Newfoundland Standard Time (NST), Atlantic Standard Time (AST), Eastern Standard Time (EST), Central Standard Time (CST), Mountain Standard Time (MST), dan Pacific Standard Time (PST).

Zona waktu di Kanada diperlakukan secara seragam di seluruh wilayah negara tersebut. Misalnya, jika di kota Toronto waktu menunjukkan pukul 12:00 siang di Eastern Standard Time, maka di kota Vancouver, yang berada di Pacific Standard Time, waktu akan menunjukkan pukul 09:00 pagi.


Indonesia:

Indonesia terletak di Asia Tenggara dan merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT) adalah tiga zona waktu resmi yang digunakan di Indonesia.

Perbedaan waktu antara WIB, WITA, dan WIT adalah satu jam. Misalnya, jika di Jakarta waktu menunjukkan pukul 12:00 siang di WIB, maka di Makassar, yang berada di WITA, waktu akan menunjukkan pukul 13:00 siang.


Baca juga artikel kami yang lain : Perbedaan Waktu Indonesia Dan Malaysia? Ini Konversi Zona Waktunya!


Perbedaan Waktu

Zona Waktu di Kanada

Kanada, sendiri terbagi menjadi 6 zona waktu, yaitu:

  • Atlantic Standard Time (AST): UTC-4 (berlaku di Newfoundland dan Labrador, Nova Scotia, Prince Edward Island, New Brunswick)
  • Eastern Standard Time (EST): UTC-5 (berlaku di Ontario, Quebec, sebagian besar New Brunswick)
  • Central Standard Time (CST): UTC-6 (berlaku di Manitoba, Saskatchewan, sebagian kecil Ontario)
  • Mountain Standard Time (MST): UTC-7 (berlaku di Alberta, British Columbia, Northwest Territories, Yukon)
  • Pacific Standard Time (PST): UTC-8 (berlaku di sebagian kecil British Columbia)
  • Yukon Standard Time (YST): UTC-9 (berlaku di sebagian kecil Yukon)

Zona Waktu di Indonesia

Indonesia terbagi menjadi 3 zona waktu, yaitu:

  • Waktu Indonesia Barat (WIB): UTC+7 (berlaku di Sumatra, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah)
  • Waktu Indonesia Tengah (WITA): UTC+8 (berlaku di Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi)
  • Waktu Indonesia Timur (WIT): UTC+9 (berlaku di Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat)

Untuk perbedaan waktu antara Kanada dan Indonesia tergantung pada zona waktu mana yang dibandingkan. Berikut dibawah ini adalah beberapa contohnya, yakni :

  • Toronto (EST) dan Jakarta (WIB): 12 jam (Toronto 12 jam lebih lambat daripada Jakarta)
  • Vancouver (PST) dan Bali (WITA): 16 jam (Vancouver 16 jam lebih lambat daripada Bali)
  • Montreal (EST) dan Papua (WIT): 14 jam (Montreal 14 jam lebih lambat daripada Papua)

Melihat data jam diatas, bisa dikatakan, Jakarta lebih cepat 12 jam dibandingkan Toronto. Jadi Anda tinggal mengurangi 12 jam dari waktu di Indonesia, maka itulah waktu yang ada di Canada.

Waktu ini juga di ukur menggunakan Central Time di Kanada atau Canada GMT, sedangkan di Indonesia memakai Waktu Indonesia Barat (WIB). Hasilnya juga akan berbeda lagi kalau kamu berpindah ke kota lain yang memiliki zona waktu yang berbeda.


Baca juga artikel kami lainnya : Ketahui Perbedaan Waktu Antara Indonesia dan Amerika


Dampak Perbedaan Waktu pada Komunikasi dan Bisnis Antar Kanada dan Indonesia

Perbedaan zona waktu antara Kanada dan Indonesia mungkin menjadi faktor utama yang memengaruhi komunikasi bisnis dan kerjasama lintas negara. Saat malam menjelang di Kanada, di Indonesia mungkin masih pagi atau siang, yang dapat mempersulit perencanaan pertemuan atau koordinasi bisnis.


Tantangan Jet Lag dan Perjalanan Antar Negara

Bagi pelaku perjalanan lintas negara antara Kanada dan Indonesia, perbedaan waktu dapat menyebabkan jet lag yang signifikan. Perbedaan yang besar dalam zona waktu kedua negara ini bisa mengganggu pola tidur dan aktivitas sehari-hari, memerlukan waktu penyesuaian yang cukup.


Perbedaan Pengaturan Waktu

Pengaturan waktu di Kanada berbeda dengan di Indonesia. Kanada menerapkan perubahan waktu antara musim panas dan musim dingin, di mana jam maju satu jam pada musim panas dan mundur satu jam pada musim dingin. Sementara di Indonesia, tidak ada sistem pengaturan waktu semacam itu.

Dalam kesimpulannya, perbedaan waktu antara Kanada dan Indonesia dapat menjadi hal yang penting untuk dipahami. Mengetahui perbedaan waktu ini dapat membantu kita mengatur komunikasi dan perjalanan dengan lebih efektif. 


Apakah Anda tertarik untuk kuliah ke luar negeri, terutama ke kanada ?

Jika iya, untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, Anda bisa menghubungi team vista education dan berkonsultasi secara GRATIS. 

Sejak tahun 1998, vista education telah membantu lebih dari 14.000 siswa untuk mengejar studi mereka di luar negeri. Terutama, ke Kanada.

Tim kami biasa membantu siswa sejak proses pemilihan jurusan, pencarian universitas, update info dan syarat masuk terbaru, membantu proses pendaftaran, admission sampai ke pencarian akomodasi di Kanada. Semua akan dibantu langsung oleh konsultan berpengalaman kami. 

Yuk, segera kontak kami di Whatsapp 0822-1000-8181 atau bisa juga isi form konsultasi disini, untuk berkonsultasi langsung terkait study Anda di luar negeri.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !