Kuliah dan Tinggal di Penang Malaysia
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Kuliah dan Tinggal di Penang Malaysia

Kuliah dan  Tinggal di Penang Malaysia

Penang merupakan salah satu negara bagian di Malaysia yang juga dikenal sebagai Pulau Pinang. Kota ini terletak di pesisir barat Semenanjung Malaysia dan terdiri dari sejumlah pulau kecil di sekitarnya. Kota ini dikenal karena kaya akan fasilitas kesehatan, warisan budaya dan makanan lezat. Tahu nggak sih? Penang ternyata salah satu tujuan populer bagi pelajar internasional yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi. Wah, pas banget di artikel ini kita akan membahas mengenai kuliah dan tinggal di Penang, Malaysia.  

Perguruan Tinggi di Penang 

Penang memiliki beberapa perguruan tinggi terkemuka di Malaysia, seperti Universitas Sains Malaysia (USM), Universiti Teknologi MARA (UiTM), dan Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR). Banyak perguruan tinggi di Penang yang menawarkan program studi dalam Bahasa Inggris. Dengan demikian, hal tersebut mampu memudahkan pelajar internasional yang ingin melanjutkan studi mereka di sana. Namun, beberapa perguruan tinggi juga menawarkan program dalam bahasa Melayu yang merupakan bahasa resmi Malaysia. 

Biaya Hidup di Penang 

Biaya hidup di Penang cukup terjangkau, terutama jika dibandingkan dengan kota-kota besar lainnya di Asia Tenggara seperti Singapura dan Hong Kong. Biaya akomodasi untuk apartemen satu kamar tidur di pusat kota Penang berkisar antara RM1.500 hingga RM2.500 per bulan. Hal tersebut tergantung pada lokasi dan fasilitas yang disediakan. Selain itu, biaya hidup untuk makan dan transportasi juga cukup terjangkau. Satu porsi makanan di restoran lokal dapat didapatkan dengan harga sekitar RM10 hingga RM20. Biaya transportasi di Penang sangat murah, dengan biaya tiket bus hanya sekitar RM2 untuk sekali perjalanan. 

Baca juga: Informasi Kuliah di Malaysia yang Perlu Kamu Tahu

Kehidupan Sosial di Penang 

Penang memiliki warisan budaya yang kaya dan unik. Setiap tahun, kamu bisa menikmati berbagai festival budaya, seperti Festival George Town dan Penang Hot Air Balloon Fiesta. Selain itu, kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai restoran, kafe, dan gerai makanan di seluruh kota. Beberapa kuliner khas penang adalah nasi kandar, laksa, dan char kway teow. Selanjutnya, jika kamu menyukai rekreasi dan aktivitas fisik, kamu bisa pergi ke pantai, taman, atau melakukan hiking. Wah menarik bukan? 

For your information nih, Universitas di Penang menawarkan berbagai organisasi dan kegiatan sosial untuk mahasiswa internasional. Kamu bisa bergabung dengan organisasi mahasiswa yang menawarkan banyak kesempatan dan pengalaman baru. Organisasi yang populer di kalangan mahasiswa internasional antara lain AIESEC, Asian Students Association, dan Persatuan Pelajar Indonesia Malaysia. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Jurusan di Taylors University Malaysia

Tips Tinggal dan Belajar di Penang 

Ada hal penting yang harus kamu perhatikan agar bisa menghadapi tantangan dan memaksimalkan pengalaman saat kuliah di Penang. Apa aja tuh? 

Beberapa tips saat kamu tinggal di Penang adalah menguasai Bahasa Melayu, memastikan koneksi internet yang stabil, menjelajahi kampus dan lingkungan sekitarnya, menjaga keamanan dan kesehatan, dan terakhir mengenal budaya lokal. Gimana nih? Tertarik tinggal dan kuliah di Penang? Good luck!

Ingin kuliah di Malaysia? Mulai persiapan mu bersama Vista Education!

Tim professional Vista Education siap membantu mewujudkan mimpimu kuliah ke Malaysia. Berpengalaman sejak tahun 1998, kami telah membantu lebih dari 14.000 pelajar untuk melanjutkan studi di luar negeri. 

Tim kami akan mendampingimu mulai dari menentukan minat dan jurusan, pemilihan universitas dan negara tujuan, persiapan administrasi, pelatihan akademik, hingga persiapan keberangkatan. Segera isi form konsultasi untuk mulai berdiskusi dengan konsultan pendidikan kami atau hubungi kami via WhatsApp.


 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !