Jam Berapa Di Malaysia Sekarang? Ini Cara Konversi Zona Waktunya!
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jam Berapa Di Malaysia Sekarang? Ini Cara Konversi Zona Waktunya!

Jam Berapa Di Malaysia Sekarang? Ini  Cara Konversi Zona Waktunya!

Temukan perbedaan waktu antara Indonesia dan Malaysia di artikel kali ini! Pelajari juga cara menyesuaikan jadwal Anda dengan sempurna untuk perjalanan, komunikasi, dan kegiatan lintas batas antar negara.

Indonesia dan Malaysia memiliki hubungan yang erat, baik secara budaya maupun ekonomi. Tak heran, banyak orang yang bepergian atau melakukan bisnis antar kedua negara ini.

Salah satu perbandingan yang sering ditanyakan orang adalah perbedaan waktu antara Indonesia dan Kuala Lumpur, Malaysia. Nah, dalam artikel ini, kami akan membahas perbedaan waktu antara kedua tempat tersebut serta bagaimana melakukan konversi zona waktu.

Selisih Perbedaan Waktu

Secara umum, Indonesia dan Malaysia memiliki perbedaan waktu yakni 1 jam. Malaysia menggunakan Waktu Malaysia (MYT) yang berada di zona waktu UTC+8, sedangkan Indonesia sendiri menggunakan Waktu Indonesia Barat (WIB) yang berada di zona waktu UTC+7.


Baca artikel kami yang lain : Perbedaan Antara AM dan PM dalam Penunjukan Waktu dalam Bahasa Inggris


Contoh Konversi Waktu

Beriku dibawah ini adalah contoh konversi waktu antara WIB dan MYT:

  • WIB 08:00 = MYT 09:00
  • WIB 12:00 = MYT 13:00
  • WIB 17:00 = MYT 18:00

Zona Waktu di Indonesia

Perlu dicatat bahwa Indonesia memiliki 3 zona waktu, yakni :

  • WIB (UTC+7): Sumatra, Jawa, Madura, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah
  • Waktu Indonesia Tengah (WITA) (UTC+8): Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi, dan Gorontalo
  • Waktu Indonesia Timur (WIT) (UTC+9): Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua

Cara Untuk Konversi Zona Waktu

Untuk melakukan konversi zona waktu antara Indonesia dan Kuala Lumpur, Anda dapat menggunakan beberapa metode berikut, dibawah:

1. Pengurangan atau Penambahan Jam

Untuk mengkonversi waktu dari WIB ke MYT, tambahkan 1 jam pada waktu WIB. Sebaliknya, untuk mengkonversi waktu dari MYT ke WIB, kurangkan 1 jam dari waktu MYT.

2. Menggunakan Konverter Zona Waktu Online

Ada banyak situs web dan aplikasi yang menyediakan layanan konversi zona waktu secara langsung. Anda dapat memasukkan waktu dari suatu zona waktu dan menemukan waktu yang sesuai di zona waktu lainnya.

3. Pahami Perbedaan dalam Kalender Internasional

Selain perbedaan zona waktu, Anda juga harus memperhitungkan perbedaan tanggal jika Anda berurusan dengan pengaturan janji atau kegiatan lintas zona waktu.

Tips Mengatur Waktu Saat Bepergian ke Malaysia

  • Sesuaikan jam tangan Anda: Setibanya di Malaysia, atur jam tangan Anda 1 jam lebih maju dari WIB.
  • Gunakan konverter waktu online: Anda dapat menggunakan konverter waktu online untuk mengetahui waktu di Indonesia atau Malaysia secara real-time.
  • Perhatikan waktu penerbangan: Saat memesan penerbangan, perhatikan perbedaan waktu antara Indonesia dan Malaysia.
  • Beri tahu orang lain: Beri tahu keluarga, teman, atau kolega Anda tentang perbedaan waktu agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Perbedaan waktu antara Indonesia dan Kuala Lumpur adalah 1 jam, dengan Kuala Lumpur berada satu zona waktu di depan Jakarta.

Untuk mengkonversi waktu antara kedua zona waktu ini, Anda dapat menggunakan berbagai metode termasuk pengurangan atau penambahan jam, konverter zona waktu online serta memahami perbedaan tanggal. 

Dengan memahami perbedaan waktu dan zona waktu, Anda dapat menghindari kebingungan dan membantu dalam perencanaan serta koordinasi aktivitas lintas zona waktu dengan lebih efisien.

 

Baca artikel kami lainnya : Ketahui Perbedaan Waktu Antara Indonesia dan Amerika


Apakah Anda tertarik untuk kuliah ke luar negeri, terutama di malaysia?


Jika iya, untuk informasi mengenai studi di luar negeri dan juga berbagai jurusan, Anda bisa menghubungi team vista education dan berkonsultasi secara GRATIS. 

Sejak tahun 1998, vista education telah membantu lebih dari 14.000 siswa untuk mengejar studi mereka di luar negeri. Terutama, ke malaysia.

Tim kami biasa membantu siswa sejak proses pemilihan jurusan, pencarian universitas, update info dan syarat masuk terbaru, membantu proses pendaftaran, admission sampai ke pencarian akomodasi di Malaysia. Semua akan dibantu langsung oleh konsultan berpengalaman kami. 

Yuk, segera kontak kami di Whatsapp 0822-1000-8181  atau bisa juga isi form konsultasi disini, untuk berkonsultasi langsung terkait study Anda di luar negeri

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !