Beberapa Ide Kerja Part Time Saat Kuliah di Luar Negeri
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Beberapa Ide Kerja Part Time Saat Kuliah di Luar Negeri

Beberapa Ide Kerja Part Time Saat Kuliah di Luar Negeri

Terpikirkan untuk kuliah di luar negeri sambil kerja? Simak sederet ide kerja part time ini yuk

Kuliah di luar negeri cenderung mahal. Hal ini membuat beberapa mahasiswa yang menempuh ilmu di negara asing merasa harus melakukan kerja part time. Kerja part time dilakukan karena mahasiswa masih dapat fokus terhadap kuliahnya.

Banyak jenis pekerjaan part time yang sering dilakukan para mahasiswa di luar negeri. Contohnya adalah barista, waiters, cleaning service, dan lain-lain. Selain itu, apakah ada lagi ide kerja part time saat kuliah di luar negeri yang lebih menarik dan memberimu pengalaman dan ilmu yang berguna untuk masa depan?

Simak beberapa ide kerja part time berikut ini dengan platform online tempat mencari pekerjaan part time.


Tour Guide

Jika kamu ingin kerja part time sambil keliling kota, bisa banget jadi tour guide nih! Untuk bekerja sebagai tour guide, setidaknya kamu merupakan mahasiswa yang berasal dari jurusan pariwisata dan dapat berbahasa asing. Juga, kamu harus memiliki sertifikasi kompetensi pramuwisata.

Tugas seorang tour guide adalah memberi penjelasan mengenai objek wisata kepada wisatawan, menyediakan jasa travel agent atau tour operator, memberi perlindungan dan jaminan keselamatan kepada wisatawan.

Untuk permulaan, kamu bisa menjadi tour guide untuk wisatawan Indonesia. Selain lebih mudah, kamu akan mendapat banyak pengalaman baru. Jika merasa sudah lebih pro, kamu boleh menjadi tour guide profesional seperti gambaran di atas.


Translator

Salah satu keuntungan bisa berbahasa lebih dari satu, kamu bisa bekerja part time sebagai translator sambil berkuliah. Sebagai translator tak harus bekerja outdoor dan menerjemahkan bahasa secara langsung kepada yang bersangkutan. Saat ini translator bisa bekerja secara virtual.

Jika kamu masih merasa gugup untuk menjadi translator pembicara pada pertama kalinya, kamu bisa menjadi penerjemah buku atau komik online. Kamu bisa menerjemahkan buku berbahasa asing sesuai negara tempat kuliahmu ke bahasa Indonesia atau sebaliknya.

 

Penulis

Saat ini banyak penulis lepas yang bisa bekerja part time. Bekerja sebagai penulis sangat worth it dilakukan oleh mahasiswa karena waktunya fleksibel dan dapat dilakukan secara WFH (Work From Home).

Kamu bisa menulis artikel untuk blog atau website, menulis cerpen lalu dikirimkan ke redaksi, atau menjadi wartawan untuk berita yang akan di-publish di koran. Untuk menjadi penulis, kamu tidak harus berasal dari jurusan tertentu, tetapi harus dapat menulis sesuai ketentuan dengan baik dan rapi.


Pengajar Bahasa Asing

Kuliah di luar negeri bisa sambil bekerja menjadi pengajar lho. Tak harus mengajar langsung dengan sistem privat atau semacamnya, tetapi kamu juga bisa mengajar lewat aplikasi. Dengan cara mengajar melalui aplikasi, artinya kamu dapat mengajar dengan waktu dan tempat yang fleksibel.

Kamu sudah tahu belum? Kamu bisa menjadi guru bahasa Indonesia lho di luar negeri! Contohnya negara Australia, negara yang membutuhkan banyak pengajar asing untuk mengajarkan bahasa Indonesia.


Relawan

Kamu suka mengikuti kegiatan sosial? Kamu bisa ikut menjadi relawan kampus saat ada acara kedutaan lho. Meskipun acaranya musiman, tetapi kamu akan mendapatkan fee yang lumayan kok.


Platform online yang digunakan mahasiswa untuk mencari pekerjaan part time biasanya adalah

  • Student Jobs 4U
  • Indeed UK
  • Employment 4 students
  • Fish4Job
  • Studentjob
  • Gum Tree
  • Foreign Students
  • The Big Choice
  • The Student Room

Jika kamu ingin melakukan salah satu pekerjaan part time di atas, kamu bisa menyesuaikannya dengan jurusan kuliahmu atau potensimu. Setelah itu pelajari apa saja sih syaratnya. Kamu dapat bertanya kepada temanmu yang asli dari negara tersebut atau bisa mendaftar bersama.

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !