10 Jurusan Kuliah Yang Gampang Dapat Kerja Setelah Lulus
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

10 Jurusan Kuliah Yang Gampang Dapat Kerja Setelah Lulus

10 Jurusan Kuliah Yang Gampang Dapat Kerja Setelah Lulus

Temukan 10 jurusan kuliah yang menawarkan peluang karier yang menjanjikan dan memudahkan lulusannya dalam mendapatkan pekerjaan. Jelajahi pilihan-pilihan yang memberikan keunggulan kompetitif di pasar kerja saat ini.

Pendidikan tinggi adalah investasi untuk masa depan yang lebih cerah. Namun, dengan semakin kompetitifnya pasar kerja, memilih jurusan kuliah yang tepat menjadi krusial.

Banyak sekali calon mahasiswa mencari jurusan yang tidak hanya menarik minat mereka tetapi juga menawarkan peluang karier yang menjanjikan di masa depan. 

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menyampaikan 10 jurusan kuliah yang lulusannya mudah sekali mendapatkan pekerjaan.

Berikut 10 jurusan kuliah yang lulusannya mudah mendapatkan pekerjaan

 

1. Ilmu Komputer, Teknik Informatika dan Teknologi Informasi

Perkembangan teknologi yang pesat sepanjang tahun membuka peluang kerja yang besar bagi lulusan Ilmu Komputer, Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Teknologi Informasi. 

Permintaan akan tenaga kerja di bidang teknologi informasi terus meningkat sepanjang tahun. Lulusan teknik informatika memiliki kesempatan besar untuk bekerja sebagai programmer, software engineer, data scientist, analis sistem, atau administrator jaringan dan web developer.

peluang karier untuk lulusan teknologi informasi terbuka tidak hanya terbatas pada pekerjaan penuh waktu di perusahaan. Sebagai lulusan, Anda memiliki opsi untuk menjelajahi jalur sebagai freelancer, memberikan Anda fleksibilitas untuk bekerja dari lokasi mana pun yang Anda inginkan.

Sebagai seorang freelancer di bidang ini, Anda tidak hanya akan menarik perhatian klien dari perusahaan dalam negeri, tetapi juga dari luar negeri. Hal ini memperluas peluang Anda untuk mendapatkan pendapatan dalam bentuk mata uang dolar, tentunya juga meningkatkan potensi penghasilan Anda.

2. Akuntansi

Jurusan yang mudah dapat kerja dan juga dapat gaji besar tentu saja dari jurusan keuangan. Sama halnya marketing,  Profesi accounting dibutuhkan di semua jenis perusahaan. Selain mengatur keuangan perusahaan, accounting juga akan mengatur pembayaran pajak yang sifatnya wajib.

Lulusan Jurusan  Akuntansi dapat bekerja sebagai auditor, akuntan, konsultan pajak, dan financial analyst, manajemen investasi, atau perencanaan keuangan pribadi.

3. Teknik Industri

Teknik Industri memiliki peluang kerja yang luas di berbagai bidang, muali dari manufaktur, konsultan, keuangan, dan logistik. Lulusan Teknik Industri dibekali dengan kemampuan problem solving, analisis data, dan manajemen yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan.  

Kini, banyak sekali perusahaan besar memiliki posisi khusus untuk mengatur SOP supaya keselamatan kerja terjamin, lulusan dari jurusan ini akan banyak diincar. 

4. Kedokteran

Profesi dokter selalu dibutuhkan di mana saja dan kapan saja serta profesi ini juga sangat dihormati oleh masyarakat. Jurusan ini memiliki prospek kerja yang menjanjikan dengan gaji yang tinggi. Lulusan kedokteran dapat bekerja di rumah sakit, klinik, puskesmas, atau membuka praktik sendiri. Namun, jika Anda memilih untuk kuliah di jurusan ini Anda harus memiliki tekad dan komitmen yang tinggi, karena proses belajarnya terbilang cukup lama.

Setelah menyelesaikan pendidikan tingkat sarjana, langkah berikutnya bagi calon dokter adalah menjalani masa koas selama 2 tahun. Masa ini merupakan tahap penting untuk memperoleh pengalaman praktis di dunia kedokteran sebelum dapat memperoleh lisensi praktik.

Setelah menyelesaikan masa koas, calon dokter harus menjalani ujian kompetensi untuk memenuhi syarat mendapatkan sumpah dokter setelah kelulusan.

Proses pendidikan dokter tidak berakhir di situ. Setelah mendapatkan lisensi, dokter muda harus melalui masa magang sebelum mendapatkan izin praktik secara resmi.

Setelah menyelesaikan masa magang, ada opsi bagi dokter untuk melanjutkan pendidikan spesialisasi dengan mengambil program selama 4–6 tahun, jika mereka ingin mendalami bidang tertentu di dunia kedokteran.


Baca juga artikel kami lainnya : Simak Cara Membuat Visa Pelajar untuk Kuliah ke Luar Negeri


5. Psikologi 

Psikologi adalah bidang yang berkembang pesat, dengan peluang kerja yang luas di sektor kesehatan, pendidikan, dan bisnis. Permintaan akan layanan kesehatan mental semakin meningkat setiap tahun menjadikan lulusan Ilmu Psikologi memiliki peluang kerja yang luas di berbagai bidang selain menjadi psikolog, seperti human resources, marketing, public relations, dan social research.

6. Administrasi Bisnis

Jurusan administrasi bisnis memberikan pemahaman yang kokoh tentang manajemen, pemasaran, dan keuangan bisnis ke lulusannya. Jurusan ini menawarkan keunggulan dalam pasar kerja karena menyediakan keterampilan yang sangat dicari oleh berbagai industri.

Pertama, program ini mengajarkan keterampilan manajemen umum, termasuk keuangan, sumber daya manusia, dan operasi bisnis, yang relevan untuk hampir semua perusahaan.

Kedua, jurusan ini juga fokus pada administrasi dan teknologi informasi yang memberikan pemahaman tentang sistem pengelolaan data modern yang sangat penting dalam era digital saat ini.  Lulusan dari jurusan ini dapat karier sebagai manajer, analis bisnis, atau konsultan.

7. Pendidikan

Meskipun jurusan pendidikan sering dianggap remeh, namun lulusan dari jurusan ini sangat dibutuhkan setipa tahunnya untuk mengisi posisi guru di sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan lainnya, baik formal maupun non formal.

Selain itu, lulusan ini juga memiliki peluang berkarir di bidang konseling atau administrasi pendidikan. 

8. Statistika

Jurusan statistika merupakan jurusan yang lulusannya mudah dapat kerja, karena lulusan jurusan ini mempunyai  ilmu yang dibutuhkan untuk menganalisis data dan membuat prediksi. Lulusan Statistika dapat bekerja di berbagai bidang, seperti keuangan, perbankan, dan industri.

9. Farmasi

Kebutuhan akan obat-obatan yang terus meningkat membuat peluang kerja bagi lulusan Farmasi terbuka lebar. Lulusan Farmasi dapat bekerja di apotek, rumah sakit, dan industri farmasi.

10. Hukum

Profesi hukum tetap menjadi salah satu yang paling dicari di berbagai bidang seperti hukum bisnis, hukum pidana, atau hukum lingkungan. Namun, menjadi seorang pengacara membutuhkan pendidikan yang panjang dan ujian sertifikasi yang sulit.

Meskipun jurusan-jurusan diatas sering kali menawarkan peluang kerja yang menjanjikan, penting untuk diingat bahwa kesuksesan dalam karier tidak hanya bergantung pada jurusan kuliah saja. Keahlian, pengalaman, dan jaringan profesional juga memainkan peran penting dalam mencapai kesuksesan dalam dunia kerja.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda serta berusaha untuk  terus mengembangkan diri selama masa kuliah untuk meningkatkan peluang karier di masa depan.


Baca artikel kami yang lain : 10 prospek kerja lulusan hubungan internasional paling ok!


Mau Kuliah Ke Luar Negeri Dengan Aman Dan Mudah ? Yuk Vista Education bantu!


Vista Education adalah konsultan pendidikan yang berpengalaman selama 25 tahun. Bermitra dengan 200 lebih universitas dari USA, UK, Kanada, Swiss, Korea Selatan, China, Hongkong, Singapore, Malaysia, Australia, New Zealand dan masih banyak lagi.

Team kami biasa membantu sejak proses pemilihan jurusan, universitas, negara, pendaftaran, admission sampai akomodasi. Pokoknya, proses kuliah ke luar Negeri Anda dijamin lebih mudah dan aman

Yuk diskusi dengan konsultan kami sekarang, disini!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !