Mengatasi Rasa Takut dan Tidak Percaya Diri Saat Public Speaking
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Mengatasi Rasa Takut dan Tidak Percaya Diri Saat Public Speaking

Mengatasi Rasa Takut dan Tidak Percaya Diri Saat Public Speaking

Kegiatan berdiskusi di kelas memang sangat menyenangkan. Rasanya, pelajaran menjadi sangat mudah. Kita tidak perlu lagi hanya duduk bengong dengerin guru. Dengan berdiskusi, kita bisa saling tukar pikiran atau berdebat seru. Sayangnya, banyak dari kita berubah menjadi panik saat sesi diskusi berhenti dan sesi presentasi dimulai. 

tips-presentasi depan kelas-rasa takut-sukses presentasi-belajar ke luar negeri- kuliah di luar negeri

Salah satu momok pelajaran Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris adalah saat kita harus berbicara di depan kelas. Entahlah, banyak orang yang sebenarnya mengusai grammar dan vocab,  tapi masih saja ketakutan untuk berbicara di depan umum. Hal ini mungin terjadi karena public speaking menuntut banyak faktor bekerja bersamaan. Bukan hanya dengan kata-kata, tapi public speaking adalah penggabungan dari bahasa tubuh, suara dan visual.  

Fakta lain mengenai public speaking yang menjadi beban para newbie adalah fungsi public speaking itu sendiri. Secara teori, berbicara di depan umum masuk dalam ilmu komunikasi. Dimana, setiap komunikasi selalu mempunyai tujuan untuk menciptakan kesadaran, merubah persepsi, memperkuat sikap serta mendapat respon langsung. Sehingga wajar, banyak dosen yang mendapat penghargaan sana-sini tapi masih kikuk saat mengajar.

Momok Hampir Semua Orang

Sebuah lembaga The People’s Almanac Book mengadakan survey tentang hal apa saja yang paling mereka takuti. Dan hasilnya adalah

No

Hal Yang Di takuti

Jumlah Jiwa

Presentase

1

Berbicara di depan umum

630

21

2

Ketinggiam

510

17

3

Serangga

360

12

4

Keuangan

360

12

5

Air yang dalam

360

12

6

Penyakit

270

9

7

Kematian

270

9

8

Terbang

240

8

Total

3000

100

Mengejutkan bukan? Jadi jika kamu merasa punya phobia berbicara di depan umum? jangan bersedih. Banyak orang juga mengalami hal yang sama. Tapi bukan berarti, masalah ini harus didiamkan. Di masa depan, kamu harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik jika ingin menjadi orang besar. Kalau begitu, apa sih sebenarnya yang membuat banyak orang takut pada public speaking?

  1. Takut gagal.
  2. Tidak ada rasa percaya diri
  3. Traumatis
  4. Perfeksionis
  5. Kurang persiapan
  6. Stress
  7. Blank

 

tips-presentasi depan kelas-rasa takut-sukses presentasi-belajar ke luar negeri- kuliah di luar negeri

Cara Mengusir Rasa Gugup

Menurut buku yang ditulis oleh Affan ghari, Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar rasa takut saat presentasi menghilang.

1. Persiapan Matang

Berbicara di depan tidak dapat dilakukan dengan persiapan SKS –System Kebut Semalam-. Banyak persiapan yang harus dimatangkan sebelum hari H. Diantaranya adalah pemilihan tema. Dengan mempunyai tema yang sudah kita kuasai, maka akan semakin mudah bagi kita untuk memahami dan menghafal. Seandainyapun kita balnk ditengah pidato, kita masih punya pengetahuan lain yang bisa kita ungkapkan.

2. Memperhatikan Calon Audiens

Jika kamu diwajibkan berbicara di depan kelas, harusnya mudah bagimu untuk tahu hal-hal apa saja yang teman-teman mu sukai. Namun jika kamu tidak bisa menduga audience yang akan datang, ada baiknya untuk datang lebih awal. Lngkah terbaik untuk menarik perhatian adalah dengan memberi sedikit bumbu joke saat kita berbicara.

3. Pakai Alat Bantu

Jika rasa gugup itu memang tidak ketulungan, kamu bisa menggantinya dengan menggunakan media sebagai pengalih. Biasanya banyak orang menggunakan PPT atau memutarkan sebuah video yang menarik. Dengan begini, kamu tidak akan merasa semua mata tertuju padamu dan otomatis mengurangi rasa gugup.

4. Mengorganisir Isi pidato

Buatlah pembukaan isi dan penutup secara jelas. Kamu juga bisa membuat content speech mu menjadi per poin. Hal ini akan membantumu menghindari pengulangan kata dan pidato yang berputar.

 

Selamat Mencoba :)

 tips-presentasi depan kelas-rasa takut-sukses presentasi-belajar ke luar negeri- kuliah di luar negeri

 

Free Consultation
Fill the form and start the consultation !