Apa itu Associate Degree ? 
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Apa itu Associate Degree ? 

Apa itu Associate Degree ? 

 

apa itu associate degree

Apabila kamu berencana untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri, pasti sudah tidak asing dengan istilah Associate Degree bukan? Associate Degree adalah program akademik yang diambil di tingkat sarjana (tahap pertama setelah sekolah menengah) selama 2 tahun. Jika di Indonesia, Associate Degree ini setara dengan pendidikan Diploma. Program Associate Degree biasanya dipilih oleh siswa sebagai bekal untuk langsung terjun ke dunia kerja atau studi lebih lanjut di bidang yang siswa pilih. Bagi sebagian besar mahasiswa internasional, program ini ditempuh sebagai adaptasi dengan sistem pendidikan lokal.

Associate Degree umum diberikan di negara Amerika Serikat namun ada juga di negara bagian Kanada, Hong Kong, Australia, dan Belanda. Negara lain memiliki program yang sama meskipun dengan nama yang berbeda, misalkan Inggris menyebutnya dengan istilah Foundation Degree. Di Amerika Serikat, Associate Degree tersedia di berbagai jenis perguruan tinggi, termasuk akademi komunitas, akademi teknik dan akademi junior, perguruan tinggi afiliasi, dan institut universitas.

Cakupan materi di program Associate Degree lebih luas karena mempelajari tetang materi di luar jurusan seperti matematika, bahasa inggris, sastra, dan sejarah. Hal tersebut sama dengan di Indonesia dimana pada tahun pertama perkuliahan Sarjana (S1) diisi dengan  materi umum. Setelah lulus, gelar dari Associate Degree berfungsi untuk meningkatkan prospek kerja karena gelar tersebut dinilai lebih tinggi dibanding dengan gelar lulusan SMA.

Apabila lulusan Associate Degree ingin mentransfer ke gelar sarjana maka cukup sederhana prosesnya. Selama kredit program kamu relevan dan diterima oleh universitas yang menawarkan gelar sarjana, kamu dapat mentransfernya dan bergabung dengan program sarjana. Hanya dengan menempuh 2-3 tahun masa pendidikan tergantung kebijakan dari pihak universitas. Jika kamu ingin memiliki kesempatan tersebut, pastikan kamu telah mengetahui informasi mengenai institusi beserta persyaratannya. Hal tersebut memungkinkan kamu untuk mengambil kelas atau jam kredit khusus untuk memastikan kamu sepenuhnya siap untuk melanjutkan ke program sarjana.

Karier yang mungkin diperoleh dengan Associate Degree akan bervariasi dalam hal jenis Associate Degree dan juga subjek yang kamu pilih. Namun ada banyak pekerjaan dengan gaji relatif tinggi dan sangat terampil yang dapat di-apply oleh lulusan Associate Degree. Sebagai contoh, satu daftar karir baru yang menarik dengan gelar associate meliputi teknisi nuklir, ahli terapi radiasi, ahli kebersihan gigi, pengembang web, dan pengontrol lalu lintas udara.

Semoga ulasan di atas mampu menjawab rasa penasaran kamu mengenai Associate Degree, ya! Jangan lupa untuk selalu update informasi mengenai Associate Degree di negara impianmu. Biar gak salah, jangan lupa cari tahu juga step by step Kuliah ke Luar Negeri disini

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !