Tips Cepat Bekerja Untuk Fresh Graduate
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Tips Cepat Bekerja Untuk Fresh Graduate

Tips Cepat Bekerja Untuk Fresh Graduate

Sering nggak sih kalian denger kakak kelas atau teman kalian yang mengeluh karena tidak kunjung mendapat kerja selepas kuliah?. Kira-kira apa yang salah ya dengan mereka?. Apakah karena lapangan pekerjaan kita yang semakin menipis, ataukah karena ada beberapa skill yang belum mereka miliki. Ya sih, pasar kerja memang mempunyai listnya tersendiri. Termasuk hal apa saja yang harus dimiliki oleh calon karyawan mereka. Ada beberapa yang bisa kita dapatkan saat berada di lingkup sekolah, ada juga yang harus didapatkan secara otodidak. 

Pada umumnya, perguruan tinggi dan jurusan yang kamu pilih akan sangat mempengaruhi pengalaman kerjamu nanti. Jika kamu memilih universitas yang tepat, secara tidak langsung kamu akan mendapat koneksi serta kualitas pendidikan yang oke. Dan dengan memilih jurusan yang sesuai, kamu akan dengan mudah mengetahui trend pasar di masa depan. Tapi, dua hal itu saja tidak cukup. Pada kenyataanya kamu harus mempunyai skill-skill dibawah ini agar mudah diterima.

a. Networking

Coba perhatikan deh, kenapa anak yang aktif selalu lebih famous dari pada anak biasa? . Apakah karena sekedar mereka sering ikut kegiatan? Yap, itu salah satunya. Mereka yang aktif akan lebih banyak terlibat dengan berbagai aktifitas. Dengan sering join aktifitas tersebut mereka akan mengenal banyak orang. Secara efek domino, jika kamu punya banyak kenalan, maka alur informasi yang kamu dapatkan akan lebih banyak dan cepat. Itu kenapa mereka sering mendapat kesempatan yang bahkan anak biasa belum sempat dengar. Hal ini juga berlaku di dunia kerja. Mereka yang "cupu" juga rawan sekali tertinggal. Mereka yang aktif dan mencoba mengenal banyak orang akan mendapat informasi yang lebih baik.

b. Team-Work

Hanya pintar saja sangat tidak cukup. Masih ada skill yang sangat urgent untuk dimiliki. Khususnya dengan skill team-work. Dunia professional akan menuntut kita mampu bekerja sama dengan orang lain. Apalagi jika bergabung dalama sebuah organisai, tanpa kerja sama kita akan sangat susah untuk berkembang.

tips untuk fresh graduate, tips cepat mendapat kerja untuk fresh graduate

c. Global Mindset

Pasar kerja di peghujung tahun 2015 sedang membutuhkan orang-orang yang mempunyai mindset secara global. Karena, semua hal sudah terhubung dengan internet. Trend di belahan dunia lain akan dengan cepat mempengaruhi trend dunia yang lainya. Hal-hal yang bersifat pemikiran pribadi tidak lagi bisa menjadi reverensi. Kamu harus melihat dengan sudut pandang yang lebih luas.

Apa saja yang berkembang dengan cepat sekarang? Salah satunya adalah bahasa. Bahasa Internasional pertama memang masih Bahasa Inggris, tapi Bahasa- Bahasa lain mulai banyak dipelajari. Contohnya adalah bahasa china. Perkembangan ekonomi China telah membuat banyak businessman harus mampu menguasai Bahasa Tiongkok agar mampu berbisnis dengan mereka.

global mindset

d. Kegigihan

Pekerjaan pertama adalah bagian paling menantang bagi fresh graduate. Antara masih adaptasi dari lingkungan belajar dan lingkungan kerja. Banyak juga yang masih perlu untuk dipelajari. Tanpa kegigihan, mental dan management stress, kita akan kembali menjadi jobless. Jika ini adalah salah satu yang membuatmu khawatir, kamu perlu tanyakan kembali pada dirimu sendiri. Untuk apa dan mengapa kamu harus bekerja.

e. Kecerdasan

Jika kamu adalah seorang lulusan accounting, paham cara mengatur keuangan saja masih kurang. Setidaknya kamu harus tahu bagaimana cara membuat perusahaan kita semakin berkembang dengan ilmu yang kita miliki.Kuncinya adalah inovasi. Saat kamu mampu memberikan kontribusi lebih pada perusahaan sama halnya kamu memang sudah layak untuk menjadi seorang professional.  

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !