Tips Agar Masa Magang mu semakin Berkah
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Tips Agar Masa Magang mu semakin Berkah

Tips Agar Masa Magang mu semakin Berkah

Kesempatan magang adalah saat-saat yang paling dinantikan oleh mahasiswa. Bukanya, mau kabur sesaat dari rutinitas. Namun, magang memberi kita kesempatan mengenal dunia kerja meski belum lulus. Magang juga menjadi sebuah golden time bagi yang paham. Mengapa? Kalau kamu anak magang dengan predikat bagus “disukai oleh atasan”, siap-siap aja langsung ditawari pekerjaan. Makanya, memilih tempat magang bukanlah perkara biasa.

“Meski anak magang, tapi kami menyeleksi dengan cukup ketat. Nah, calon anak magang yang biasanya lolos seleksi kami lihat dari CV nya. Kalau V menarik, kemungkinan dia bisa menarik perhatian”, ungkap Ellisa Briyandhanie, Training and Development Section, Group of Magazine, Kompas Gramedia.

Cewek yang akrab disapa Ellisa ini juga menyarankan untuk menuliskan seluruh kegiatan yang diikuti selama di kampus. Mereka juga menganggap itu merupakan informasi yang sangat penting. Setelah urusan CV beres dan kamu siap masuk magang, disinilah letak poin yang lebih serius lagi. Vista telah merangkumkanya untuk mu, hal apa saja yang tidak boleh kamu lakukan selama magang.

tips saat magang, tips sukses magang, kuliah di luar negeri

Cuek dan Sok – sok an

Perusahaan selalu dikelilingi oleh orang-orang yang telah ahli dalam bidangnya. Jika bukan kamu yang mendekat dan berkenalan dengan mereka, jangan harap deh kamu dianggap ada. Kamu harus aktif dan belajar banyak dari para senior. Dilarang keras untuk cuek alias sok-sok an. Meskipun kamu berasal dari universitas ketce, sosialmu di perusahaan tetap mempengaruhi peluang mu mendapat banyak ilmu dan kesempatan emas lainya.

Telat

Nah ini nih, kalau kamu masih punya kebiasaan datang mepet-mepet selama di kampus, jangan dilanjutin deh selama magang. Jadikan magang sebagai momentum perubahaan dirimu yang lebih disiplin. Kebayang nggak sih rasanya malu kalau telat masuk kantor dengan predikat mahasiswa magang. Oh ya, terlambat disini juga bisa berarti terlambat mengumpulkan tugas. Asalkan kamu mau tertib dan menjadi pendengar yang baik, semua kata telat bisa segera di coret.

Sering Ketahuan mainan HP

Hobby game atau mainin HP jangan di bawa-bawa ke kantor ya. Tahan hasrat ingin buka jejaring social atau ingin main game. Kalau kamu memang belum punya banyak pekerjaan, masih halal kok Tanya sama senior. Coba tawarkan bantuan mu atau setidaknya basa-basi dulu dan minta mereka untuk mengajarimu sesuatu.

tips magang, trick magang, kuliah ke luar negeri

Banyak Tanya

Eh, meskipun harus interaksi sama senior dan proaktif, nggak berarti harus banyak Tanya lo yah. Kalau kamu kesulitan coba selesaikan dulu dengan tim mu atau hubungi dosen pembimbing. Universitas di luar negeri seperti BHMS mengharuskan dosen mereka untuk stand by bagi mahasiswa magang kok. Jadi nggak usah sungkan-sungkan. Kenapa sih nggak boleh banyak Tanya? Soalnya, karyawan kan juga punya pekerjaan mereka sendiri. Mereka juga dikejar deadline dan tugas-tugas yang lain.

Malas

Selain banyak Tanya dan terlambat, malas adalah hal haram selanjutnya. Magang adalah cara mahasiswa memperoleh pengalaman dan jaringan baru. Bukan ajang pamer di media social atau sekedar numpang pakai wifi. Asli, magang adalah kesempatan yang terlalu berharga untuk kamu sia-siakan.

Nggak Punya Informasi

Nah ini juga penting. Sebelum memilih tempat magang, cari tahu dulu dimana perusahaan kamu bergerak dan informasi-informasi penting lainya. Jadi nggak boleh tuh yang namanya asal apply karena temen disana, deket dari rumah dan alasan-alasan lain. Karena, product knowledge seputar perusahaan akan mempengaruhi caramu berpenampilan. Jangan sampai salah gaul aja.

 kuliah ke luar negeri

Well, itu tadi hal-hal apa aja yang nggak boleh kamu lakuin selama magang. Semoga magangnya menyenangkan ya.  

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !