Perbedaan Univeritas, College, Politeknik dan Institute
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Perbedaan Univeritas, College, Politeknik dan Institute

Perbedaan Univeritas, College, Politeknik dan Institute

Waktu kita masih SMP, pokoknya habis SMA itu belajarnya di kampus. Eh giliran waktunya daftar, kita dibuat bingung dengan banyaknya jenis kampus itu sendiri. Ada yang nyebut universitas, ada yang bilang politeknik. Banyak juga yang menyebut college, ada loh yang bilang itu institute. Jadi apa sih beda Universitas, Politeknik, College dan lainya  ?. Gak pake lama, cari tahu yuk !

Oh ya, sebelumnya udah paham kah kamu dengan perbedaan pendidikan akademik dan vokasi? Gampangnya sih kalau SMA itu akademik, sedangkan SMK adalah vokasi. Yap SMA kita akan belajar banyak teori. Sedangkan SMK 60% praktek langsung. Belajar matematika, Bahasa Indo dan Bahasa Inggris gak anak SMK ? Iya dong, cuman tak sebanyak anak SMA. Oke sudah cukup modalnya. Yuk lanjut.

Universitas

Universitas adalah jenis perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Universitas merupakan perguruan tinggi dengan rumpun ilmu yang paling luas. Dengan kata lain, hampir semua jenis ilmu pengetahuan ada di universitas.

Institute

Mirip dengan universitas, institute juga menyelenggarakan pendidikan vokasi dan akademik sekaligus. Nah apa bedanya dengan universitas ? . Kalau Universitas sangat luas maka institute lebih spesifik. Contohnya adalah ITB dan ITS . Kedua institute terkenal di Indonesia ini lebih fokus pada bidang keilmuan sains dan teknologi saja.

Politeknik

Nah, kalau politeknik 100% akan mengajarkan pendidikan vokasi. Sudah pasti lingkungan dan pendidikan yang mahasiswanya dapatkan di sini adalah teknik seutuhnya. Praktikum adalah makanan sehari-hari. Materi diajarkan namun dalam porsi yang kecil

College

Istilah college banyak dipakai dalam system pendidikan di USA. Beda dengan Universitas, mahasiswa College akan lulus dalam waktu 2 tahun dengan gelar certificate. Setelah itu, mereka bisa langsung bekerja atau transfer ke universitas besar. Enaknya, pun kalau transfer, mereka akan tetap pada kelas ke 3. College sering jadi pilihan karena mempunyai kelas-kelas kecil. Suasana ini cocok untuk mahasiswa internasional yang masih membutuhkan adaptasi. College juga bisa menjadi cara lain untuk masuk ke Universitas yang system seleksinya super ketat. Katakanlah Diablo Valley Colege ke UC ( University of California) atau CSU ( California State University)

Hm…Kamu boleh memilih type kampus mana yang kamu inginkan. Namun sebelum pilih universitas, mantapkan dulu jurusanmu ya !

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !