Peluang dan Harapan Hospitality
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Peluang dan Harapan Hospitality

Peluang dan Harapan Hospitality

 

John Naisbitt dalam buku“ the world's largest industry “ menyatakan industry paling besar di dunia adalah pariwisata. Sejalan dengan apa yang di tulisnya, WTO (World Tourism Sector) juga mulai memasukkan berwisata sebagai hak fundamental . Tourism sector  dalam negeri nampaknya juga mulai menggeliat. Dengan banyak dibukanya tempat wisata baru dan berbagai acara pelesiran di televisi membuat kunjungan wisatawan asing naik 9,37 persen sepanjang 2014 (sumber: tribunnews.com) 

Semakin meroketnya dunia wisata di Indonesia membawa dampak bagi bisnis-bisnis lain, meliputi perhotelan, restaurant dan tourism management. Pertanyaannya adalah apa sebenarnya rahasia hotel-hotel seperti  JW Marriot, Sheraton dan restaurant Miyama yang menjadi hotel dan resto favorit di Indonesia.  Rahasianya terletak pada dedikasi meng-apliasikan service excellence hospitality.

Hospitality is more than you think!

Hospitality dari kata Host yang berarti tuan rumah. Di jaman Yunani Kuno, tuan rumah senantiasa menyambut tamu dengan ramah. Mempersilakan makan dan menjamu mereka setara dengan Zeus (Pimpinan para dewa dalam mythology Yunani).

Kini hospitality dipelajari dalam sebuah program pendidikan yang berorientasi pada kepuasan pelanggan atau pengunjung. Kunci kesuksesan perhotelan dan restaurant bukan hanya bangunan yang mewah dan makanan yang lezat, tetapi juga cara management memberikan pelayanan sebaik mungkin. Selain 2 bisnis di atas, lulusan hospitality juga dibutuhkan aneka bidang usaha dan bisnis lain. Karena pada dasarnya semua perusahan harus mempunyai seseorang yang bertanggung jawab pada excellent service mereka.

Hospitality menjadi jurusan elegant di berbagai universitas terkemuka dunia. Yang paling banyak dicari adalah jurusan Hospitality di Laureate group. Mereka memasukkan Glion dan Les Roches di TOP 3 Hospitality campus based on luxury international hospitality companies. Hospitality campus juga ada di Blue Mountains International Hotel Management School (Australia), Les Roches Jin Jiang International Hotel Management College (China)dan Kendall College (United States).

 

 

Perkembangan Hospitality di Asia Pasifik

 

Asia Pasifik mengalami perkembangan paling tinggi diandingkan daerah lain. Rencana pengembangan hotel baru di kawasan Asia Pasifik mencapai 1.788 hotel dengan jumlah kamar diperkirakan sebanyak 385.043 unit sampai Maret 2013. Jumlah ini tentu saja melonjak sampai akhir tahun 2015.

 

Di Indonesia sendiri, pertumbuhan dunia hospitality tidak jauh berbeda. Indonesia akan membangun 149 hotel dengan 23.778 kamar atau sekitar 7,7% dari seluruh hotel yang akan dibangun di Asia Pasifik. Hal ini dilatar belakangi oleh banyaknya tempat-tempat wisata baru dan munculnya berbagai café atau restaurant kreatif. Didukung dengan daya beli masyarakat pada makanan dan juga berwisata juga semakin tinggi.


Prospek Jurusan Hospitality 

Dalam hal prospek kerja, lulusan dari jurusan kuliah perhotelan (Hospitality) tidak hanya bisa kerja di hotel atau resort. Kamu juga dapat bekerja di bidang industri pariwisata (Tourism), pemerintahan, peneliti, konsultan pariwisata, dan dosen/guru yang professional dalam bidang pariwisata.

 

 

 

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !