Jurusan Marine Engineering
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Jurusan Marine Engineering

Jurusan Marine Engineering

Tentunya kalian memahami bahwa Indonesia adalah negara maritim. Bahkan wilayah Indonesia sebagian besar terdiri dari hamparan laut yang menghasilkan banyak sekali sumber daya alam yang kalian nikmati. Saat ini sudah banyak bermunculan jurusan yang mempelajari bidang kelautan, misalnya ilmu kelautan, perikanan, ocean engineering, dan marine engineering. Kali ini akan dibahas mengenai adalah marine engineering atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai teknik sistem perkapalan.

Marine engineering mempelajari tentang desain instalasi, pemeliharaan, pengembangan, perbaikan, dan manajerial dari infrastruktur pesisir dan lepas pantai, misalnya kapal permukaan dan kapal selam. Untuk menguasai hal-hal tersebut, kalian akan mempelajari beberapa bidang keilmuan dalam marine engineering, seperti mechanical engineering, environment, welding engineering, chemical engineering, pipping engineering, statistika, dan arsitektur kapal. Cukup banyak juga, ya!

Nah, jangan khawatir. Beberapa perguruan tinggi di Indonesia menawarkan jurusan ini, diantaranya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Universitas Hasanuddin (Unhas). Sementara itu marine engineering juga dapat kalian tempuh di luar negeri, beberapa pilihannya yaitu di University of Sydney Australia, University of New Orleans Amerika Serikat, Newcastle University Inggris, Nanyang Technological University (NTU) Singapura, dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM).

Meskipun kalian akan mempelajari banyak ilmu di jurusan ini, namun peluang karir yang menanti kalian juga sangat beragam. Kalian berkesempatan menjadi seorang engineer di perusahaan pembangkit listrik, pertambangan minyak lepas pantai (offshore), dan bahkan perusahaan minyak dan gas yang banyak tersebar di Indonesia. Bukan tidak mungkin untuk bekerja di pemerintahan yang membidangi perkapalan, lho. Mengingat saat ini pemerintah Indonesia juga sedang mengembangkan potensi laut yang dimiliki. Bahkan kalian bisa menjadi seorang entrepreneur di bidang ini, misalnya membua jasa bengkel mesin kapal dan jasa gambar kapal. Berkarir di luar negeri pun tak ada masalah, asal selalu aktif mencari peluang dan terus upgrade kemampuan kalian.

Bagaimana, sudah memutuskan masuk jurusan marine engineering? Semoga tulisan ini membantu memberikan gambarannya untuk kalian, ya!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !