Cara Mudah Menjawab Soal structure and written expression
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Cara Mudah Menjawab Soal structure and written expression

Cara Mudah Menjawab Soal structure and written expression

Bagian apakah yang paling susah saat kamu mengerjakan TOEFL? Kebanyakan orang pasti akan menjawab bagian “structure and written expression”. Bener juga sih, sebagian besar orang bisa ngomong Bahasa Inggris cap-cip-cus tapi agak kagok kalau harus menulis. Apalagi jika dituntut menggunakan structure dan grammar yang benar. Yep, bagian ini memang membutuhkan kejelian dan pengetahuan extra. Bukan semata-mata kita menebak mana yang paling enak untuk dibaca, grammar membutuhkan analisa dari rumus tenses yang sudah dibakukan. 

Ada beberapa strategi untuk mempermudahmu dalam menjawabnya secara tepat pada bagian structure and written expressiom. Strategi ini meliputi sebagai berikut.

  • Lihatlah subjek dan kata kerja pada kalimat utama. Jika tidak ada subjek atau frasa kata kerja yang lengkap, Kamu harus menemukannya pada pilihan jawaban. Untuk membantu melihat subjek dan kata kerja utama, sederhanakan kalimat dengan menghilangkan frasa preposisi (preposisi ditambah artikel (a, an, and, the), kata sifat, atau kata benda.
  • Tentukan struktur seperti apa yang diperlukan kalimat.
  • Baca kalimat untuk melihat apakah kalimat tersebut masuk akal dan terlihat benar.

Ada lima belas bagian soal grammar dalam menyempurnakan kalimat, mulai dari noun phrase, word order, conjuction, parallel coonstruction, clause, comparison, gerund, superlative, conditional, hingga pronoun. Misalnya, berikut ini contoh penyelesaian dalam bentuk noun phrase (frasa kita benda).

 

1. ______________ the economy’s performance, strengths and weaknesess are the tables, charts, and data published by public and private agencies.

a. Analyzing

b. The tools for analyzing

c. The analysis of

d. There are tools of

 

Kata kerja utama dari contoh soal di atas adalah “are”. Kalimat ini memerlukan frasa kata benda untuk melengkapi subjek. Amati frasa preposisi “by public and private agencies”. Jawaban tepatnya melalui kerangka logika (masuk akal) bisa Kamu temukan melalui penentuan sebagai berikut.

a. Analyzing the…. are the tables, charts, and data….

Kata “analyzing” adalah subjek, tapi tidak benar.

b. The tools for analyzing…. are the tables, charts, and data….

Pilihan jawaban ini benar: tools…. Are … tables, charts, ….

c. The analysis of …. are the tables, charts, and data….

Pilihan jawaban ini tidak tepat. An analysis is not a table. An analysis is performed from table or chart.

d. Penyederhanaan kalimat ini pada pilihan jawaban ini menunjukkan kalimat tersebut sudah memiliki kata kerja utama sehingga penggabungan kata benda dan kata kerjanya menjadi tidak tepat.

( Buku TOEFL Ari Rahayu)

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !