Cara Mendapatkan Kerja Part-time di USA
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Cara Mendapatkan Kerja Part-time di USA

Cara Mendapatkan Kerja Part-time di USA

Saat kamu menjadi seorang mahasiswa asing, salah satu masalah krusial yang harus kamu hadapi adalah masalah uang. Jatah bulanan yang dikirim oleh keluarga mu biasanya hanya cukup untuk akomodasi sehari hari. Lah, gimana kalau Kamu ingin membeli barang-barang tertentu atau ingin berwisata ke suatu tempat?. Nggak lucu kan kalau kita harus minta uang tambahan ke orang tua. Apakah ada solusi? Ada dong!. Dengan kerja Part time.

Setiap Negara mempunyai kebijakannya masing-masing seputar Part time.  Termasuk maksimal jam kerja, perizinan dari pihak kampus dan di bidang apa saja. Di USA, maksimal jam kerja untuk mahasiswa adalah 19 jam/minggu. Di tahun pertama, kamu hanya diizinkan untuk bekerja paruh waktu di universitas saja. Tapi setelah tahun kedua dan mendapat DSO (Designated School Official) maka kamu baru diizinkan untuk bekerja di luar kampus. Bahkan hasil survey lembaga khusus di Amerika memaparkan jika 80% mahasiswa mempunyai pekerjaan sampingan.  Yang jelas, apapun part time yang akan kamu ambil, tidak menggangu waktu belajar. Justru membuatmu bisa memanagement waktu dengan baik.

kerja part-time- kerja paruh waktu-mahasiswa asing- mencari part-time job- education consultant in Indonesia- belajar keluar negeri -kuliah keluar negeri

Mengapa Mereka Memilih Part-Time?

  1. Hasil dari kerja sampingan akan membantumu membayar biaya tambahan untuk kuliah. Contoh untuk biaya kegiatan extra atau untuk sekedar mengikuti rekreasi sekolah
  2. Untuk mengembangkan kemampuan berkomunikasi. Selama kerja paruh waktu, kamu pasti akan bertemu dengan banyak orang. Belajar untuk menerima tekanan dan memberikan layanan pada orang lain. Pada proses inilah kamu akan mengetahui bagaimana system di dunia kerja itu berjalan.
  3. Kesempatanmu untuk lebih membaur dengan budaya baru lebih tinggi. Semakin tinggi interaksi, semakin cepat pula kamu akan beradaptasi.
  4. Belajar bersosialisasi dan memperoleh teman baru
  5. Merintis usaha di bangku kuliah
  6. Bisa membeli apapun dengan hasil keringat sendiri.

Kapan Seharusnya Mulai Bekerja Paruh Waktu?

Disarankan untuk mulai mengambil Part-time setelah kamu melewati semester pertama. Minimal tiga atau empat bulan setelah kepindahan. Bagaimanapun juga kamu harus berinteraksi dengan lingkungan kampusmu terlebih dahulu. Karena, waktumu akan banyak tersita setelah kamu mulai bekerja paruh waktu.

Dimana Bisa Bekerja Part-time?

1. Universitas dimana kamu belajar

Seperti yang dijelaskan diatas, kamu belum diizinkan untuk bekerja di luar kampus sebelum mendapat perizinan. Oleh karena itu, pihak kampus juga menyiapkan berbagai pilihan sebagai tempat bekerja paruh waktu mahasiswa. Diantaranya adalah computer science dan cafeteria. Persaingan untuk bisa bekerja part-time di dalam kampus memang sedikit berat, tapi peluang itu masih sangat besar jika kamu melamar di saat yang tepat.

2. Café dan Restaurant

Lingkungan di sekitar kampus biasanya mempunyai banyak café dan restaurant. Apalagi di US, rasanya tempat-tempat seperti ini bertaburan di setiap jalan. Tantangan yang harus kamu hadapi jika bekerja di café dan restaurant adalah waktu. Karena terkadang kamu harus bekerja di malam hari dan menyesuaikan dengan jadwal restaurant.

3. Call-Centre

Call-Centre adalah tempat yang cocok untuk kamu yang mempunyai communication skill yang bagus. Atmosphere yang disuguhkan mirip dengan suasana kantor yang sesungguhnya. Bekerja paruh waktu sebagai call centre juga tidak membutuhkan kekuatan fisik yang terlalu besar.

4. Tutoring

Kerja part-time yang juga membuat kita tetap belajar adalah tutoring. Tapi sepertinya bekerja paruh waktu dengan menjadi seorang tutor dapat kamu lakukan saat kamu sudah berada di semester tiga lebih. Di masa inilah, kamu dinilai sudah cukup matang untuk bisa berbagi ilmu saat menjadi tutor.

5. Agricultural Industry

Tidak semua daerah mempunyai agricultural industry seperti pertanian dan perkebunan buah. Jika kamu kebetulan berada di area tersebut, tidak ada salahnya untuk bekerja sebagai pemetik buah atau perangkai bunga. Selain tidak membutuhkan banyak tenaga, pekerjaan paruh waktu seperti ini tergolong menyenangkan.     

Bagaimana Cara Mendapat Kerja Part-Time?

  1. Join Group Part-time Hunter di Sosial media. Banyak group di jarsos yang memberikan informasi seputar lowongan kerja part-time. Dengan menjadi salah satu membernya, pastilah kamu akan mendapat informasi lebih cepat
  2. Hubungi University Careers Team dan minta arahan lowongan on atau off campus. Career center memang didirikan bukan hanya untuk alumni, tapi juga untuk mahasiswa yang mencari pekerjaan paruh waktu.
  3. Sering-sering membaca loker di Koran dan di website khusus. 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !