10 Universitas Terbaik di ASEAN 2020 Versi QS Rangking
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

10 Universitas Terbaik di ASEAN 2020 Versi QS Rangking

10 Universitas Terbaik di ASEAN 2020 Versi QS Rangking

ASEAN University Rank 2020

QS World University Rangking telah merilis peringkat perguruan tinggi seluruh dunia. Berikut adalah 10 besar universitas terbaik di Asia Tenggara 2020:

1.       Nanyang Technological University (NTU)

Kampus ini memiliki 33,000 mahasiswa aktif pada program undergraduate dan postgraduate bidang Engineering, Business, Science, and Humanities, Arts and Social Sciences, dan Graduate College. NTU secara aktif menjalin kemitraan dengan universitas terbaik lainnya dan menjalankan program dual degree PhD dengan universitas ternama. Beberapa mitra utamanya dalam bidang akademik dan penelitian termasuk Imperial College London, Technical University of Munich, dan University of California, Berkeley.

2.       National University of Singapore (NUS)

NUS berawal dari sebuah sekolah kedokteran sederhana dengan 23 siswa pada tahun 1905, didirikan oleh sekelompok pengusaha yang dipimpin oleh Tan Jiak Kim, untuk melayani kebutuhan masyarakat setempat. Kampus ini adalah universitas riset yang komprehensif, menawarkan berbagai disiplin ilmu seperti sciences, medicine and dentistry, design and environment, law, arts and social sciences, engineering, business, computing and music dalam jenjang undergraduate dan postgraduate.

3.       Universiti Malaya (UM)

Saat ini, UM memiliki lebih dari 2.500 fakultas yang terbagi dalam 12 fakultas, 2 akademi, dan 3 pusat akademik. Pada QS World University Rankings 2020, UM berada di peringkat ke-70 di dunia, ke-13 di Asia, ke-3 di Asia Tenggara, dan institusi pembelajaran berperingkat tertinggi di Malaysia.

4.       Universiti Putra Malaysia (UPM)

University Putra Malaysia (UPM) dahulu dikenal sebagai Universiti Pertanian Malaysia atau Sekolah Tinggi Pertanian Malaya atau Sekolah Pertanian diakui oleh penilaian pemerintah independen sebagai salah satu universitas riset terkemuka Malaysia. Saat ini, UPM menawarkan berbagai program sarjana dan pascasarjana di sebagian besar bidang seperti sains, teknik, kedokteran, kedokteran hewan, bisnis dan ilmu sosial.

5.       Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM)

UKM atau National University of Malaysia terletak di Bandar Baru Bangi, Selangor, yang berada di selatan Kuala Lumpur. Rumah sakit pendidikannya, Pusat Medis Universiti Kebangsaan Malaysia (UKMMC) berlokasi di Cheras dan juga memiliki kampus cabang di Kuala Lumpur.

6.       Universiti Sains Malaysia (USM)

USM menawarkan berbagai jurusan di bidang Natural Sciences, Applied Sciences, Medical and Health Sciences, Pharmaceutical Sciences to Building Science and Technology, Social Sciences, Humanities, and Education. Terdiri dari program sarjana dan pascasarjana untuk sekitar 30.000 mahasiswa di 17 sekolah akademik di kampus utama di Pulau Penang, 6 Sekolah di Kampus Teknik di Nibong Tebal, dan 3 di Kampus Kesehatan di Kubang Kerian, Kelantan.

7.       Universiti Teknologi Malaysia

Berdiri sejak tahun 1972, kampus ini telah memiliki hampir 38.000 mahasiswa yang tersebar di seluruh kampus Johor Bahru, Kuala Lumpur, dan Pagoh. UTM berkomitmen untuk unggul dalam pengembangan sumber daya manusia serta ilmu pengetahuan dan teknologi melalui inovasi.

8.       Chulalongkorn University Thailand

Berdiri sejak tahun 1899, saat ini Chulalongkorn University telah memiliki 38 Faculties, Schools, Colleges, dan Institutes dengan lebih dari 400 program akademik. Lebih dari 37.000 mahasiswa dari seluruh dunia tengah menempuh studi di kampus ini.

 9.       Universitas Indonesia (UI)

UI adalah salah satu universitas negeri yang berlokasi di Depok, Jawa Barat dan Salemba, Jakarta, Indonesia. Berdiri sejak tahun 1924 (sebagai RHS / Rechts Hogeschool dan GHS / Geneeskundige Hogeschool) dan 1950 (sebagai Universiteit Indonesia). Kampus dengan jas almamater berwarna kuning ini telah memiliki puluhan ribu mahasiswa. UI memiliki afiliasi dengan AUN, ASAIHL, APRU, ASEAN-European University Nework (ASEA UNINET), SEAMEO, serta Asosiasi Universitas Asia dan Pasifik (AUAP).

10.   Universiti Brunei Darussalam (UBD)

Berdiri pada tahun 1985, University of Brunei Darussalam adalah universitas pertama di negara ini. Kolaborasi terus dilakukan dalam bentuk pertukaran dosen dan mahasiswa terkait dalam penelitian, pengajaran, serta kolaborasi industri. Hingga saat ini, 51% dari anggota fakultas UBD adalah staf internasional. Selain itu, 19% dari mahasiswa berasal dari berbagai latar belakang internasional yang berasal dari 40 negara.

Itulah 10 perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara tahun 2020. Semoga bisa jadi referensi ntuk kamu yang tak ingin kuliah jauh-jauh dari Indonesia.

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !