Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Tips Mengerjakan Soal Reading di Test TOEFL Ala Vista English

Tips Mengerjakan Soal Reading di Test TOEFL Ala Vista English

Tips mengerjakan test TOEFL bagian reading anti gagal

Umumnya sertifikat TOEFL menjadi syarat masuk ke universitas di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia. TOEFL akan menguji kemampuan speaking, listening, writing, dan reading. Kali ini kita akan bahas bersama tentang tips mengerjakan soal sesi reading yuk!

Karena TOEFL ini buat persiapin kamu untuk belajar di kampus, teks bacaan di TOEFL biasanya akan bersifat akademis, seperti research articles atau penggalan buku. Jadi, tingkat kerumitannya sesuai dengan apa yang mungkin kamu hadapi saat kuliah nanti. 

Sulit? Nggak kok! Tips berikut ini bisa buat kamu lebih pede saat ngerjain soal-soal Reading di TOEFL. 

Menurut situs ETS, lembaga penyelenggara tes TOEFL, teks bacaan dalam tes biasanya diambil dari buku-buku yang digunakan mahasiswa universitas. Sehingga, tingkat kerumitannya sesuai dengan apa yang akan kamu hadapi saat kuliah nanti. Lalu, bagaimana ya cara efektif mengerjakan soal reading?

Jangan terburu-buru saat membaca teks bacaan

Ini akan membuatmu salah membaca informasi atau melewatkan poin penting dalam bacaan. Meskipun waktumu terbatas, tetaplah tenang saat membaca dan pahami benar-benar informasi di dalamnya

Gunakan strategi saat membaca

Baca teks sekilas terlebih dahulu. Ini bisa memudahkan kamu untuk mencari ide pokok bacaan. Lalu, baca semua pertanyaan yang ada. Setelah itu, baca kembali teks secara detil. Hal ini memudahkanmu untuk mencari jawaban dalam teks yang dibutuhkan untuk menjawab soal. Juga, kamu bisa tahu di bagian mana kamu harus konsentrasi karena sudah membaca sekilas pertanyaan.

Buat notes

Saat membaca, jangan lupa untuk take notes informasi penting di bacaan. Jadi, saat ada soal tentang informasi tadi, kamu nggak perlu baca ulang teks bacaannya. Cukup tinggal lihat notes kamu aja.  

Soal susah? Lewatin dulu aja!

Selalu jawab soal yang menurut kamu gampang terlebih dahulu. Soal-soal vocabulary atau reference biasanya akan menjadi soal yang paling gampang, karena kamu hanya perlu baca satu atau dua kalimat aja dalam bacaan. Juga, soal-soal seperti itu akan ngasih tahu kamu, di line berapa, kamu harus baca. Lalu, gunakan waktu yang tersisa untuk mengerjakan soal seperti main idea, inference, atau soal-soal jenis lain

Jawab semua soal

TOEFL nggak akan mengurangi nilaimu kalau kamu memilih jawaban yang salah. Jadi, manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin saat waktu sudah hampir habis. Siapa tahu jawaban yang kamu pilih adalah jawaban yang tepat. Jadi, ngitung kancing saat kepepet? Why not!

So, udah nggak nervous lagi kan setelah baca tips tadi? Selain itu, perbanyak baca buku atau artikel ilmiah berbahasa Inggris juga ya untuk memperkaya vocabulary-mu. Kamu juga bisa kok coba-coba kerjain soal TOEFL IBT di situs-situs online. Tapi, kalau ingin belajar lebih lanjut, daftar kursus TOELF IBT Preparation Course aja di Vista English. Dengan pemilihan materi yang tepat dan teacher yang berpengalaman, mimpimu untuk kuliah di luar negeri jadi lebih dekat.