Tips Aman Saat Kuliah di Luar Negeri

Tips menjaga diri saat kuliah di luar negeri

Kuliah di luar negeri dapat menjadi sesuatu seru tapi juga bisa mendebarkan. Kamu akan bertemu orang-orang baru, serta menjelajahi tempat dan budaya baru. Karena jauh dari keluarga, kamu juga wajib extra waspada. Karena kejadian buruk bisa saja terjadi (tapi amit-amit ya, huhu). Berikut beberapa hal yang dapat kamu lakukan demi menjaga keamanan diri.

1.  Buat salinan dokumen-dokumen penting

Penting untuk memiliki backup dokumen seperti paspor, visa, konfirmasi hotel dan pesawat, lalu memisahkannya dari dokumen aslinya. Kamu bisa membuat salinannya secara digital di ponsel atau laptop. Jadi, jika kamu kehilangan dokumenmu, kamu punya salinannya dan bisa membuat dokumen baru dengan lebih cepat.

2. Ketahui nomor-nomor kontak penting

Selama berada di luar negeri, baiknya kamu mengetahui beberapa nomor darurat seperti nomor darurat kepolisian, nomor darurat rumah sakit, nomor konsulat kedutaan, atau nomor-nomor orang terdekat yang bisa kalian andalkan jika memerlukan bantuan cepat. Catat dan simpan nomor-nomor penting di notes atau handphone.

3.Pahami sistem transportasi di negara tujuan

Kamu akan membutuhkan alat transportasi lokal untuk aktivitas sehari-hari sebagai mahasiswa, sehingga ada baiknya kamu mempelajari sistem transportasi lokal di negara tujuanmu. Cari tahu rute, jadwal, harga tiket, dan cara membeli tiket bus atau kereta yang akan kamu gunakan. Hal tersebut akan memudahkanmu untuk memperhitungkan perjalananmu. Kalau bisa, coba cari tahu gosip atau isu jalan mana yang aman atau rawan. Hal ini sangat berguna sebagai informasi tambahan.

4.  Carilah informasi tentang daerah tujuan

Saat off perkuliahan mungkin kamu ingin mengunjungi kota lain untuk refreshing. Nah, kamu sebaiknya mencari informasi daerah mana saja yang aman untuk dikunjungi, kapan saja waktu yang tidak aman atau tidak cocok untuk bepergian, dan kemungkinan terjadi penipuan.

5. Selalu awasi barang pribadi

Kamu harus tetap waspada dimanapun berada karena kejahatan bisa saja terjadi. Yang paling sering terjadi adalah pencopetan dan pencurian barang bawaan. Hal ini terjadi karena korban tidak memperhatikan apa yang terjadi di sekitarnya. Jadi selalu awasi barang pribadimu,terutama saat bepergian untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

6.Hindari masalah sipil dan politik

Sebaiknya jangan mengikuti atau bahkan hanya menonton gerombolan demonstrasi massa. Aksi tersebut mungkin saja akan menjadi tidak terkendali pada akhirnya dan dapat mengancam keselamatanmu. 

Demikian beberapa tips untuk menjaga kamu tetap aman saat hidup di negeri orang. Tak ada salahnya untuk selalu waspada. Nikmatilah waktu belajarmu disana dan tetap jalani kehidupan yang positif. 

Jika kamu masih bingung nanti mau kuliah di mana, ayo gabung aja dalam

WORLD VIRTUAL EDUCATION FAIR 2021

CEK INFONYA DISINI