Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Tipe Visa Untuk Kuliah di Luar Negeri

Tipe Visa Untuk Kuliah di Luar Negeri

Apa sih fungsi visa kalau kamu ingin kuliah di luar negeri? Dan visa jenis apa yang harus kamu miliki sebagai mahasiswa internasional? Berikut kupas tuntas visa beserta cara membuat visa

Kuliah di luar negeri tidak cukup dengan surat rekomendasi dari sekolah, nilai rapor, dan kepandaianmu. Kamu memerlukan visa untuk bisa kuliah di luar negeri. Kenapa membutuhkan visa? Memang apa fungsi visa yang sebenarnya? Apakah berpengaruh terhadap pendidikanmu?

Visa ini memiliki peran yang cukup penting jika kamu ingin kuliah di luar negeri. Tetapi, bukan sembarang visa bisa digunakan untuk mengantarmu sampai ke luar negeri. Ada jenis tertentu untuk visa bagi mahasiswa internasional.


Visa itu apa?

Jika kamu ingin berpergian ke luar negeri, pasti kamu sering mendengar kata paspor dan visa. Banyak orang sudah mengetahui paspor yang berbentuk seperti buku kecil. Paspor merupakan berkas perizinan yang dikeluarkan oleh negara asal yang memperbolehkan warga negaranya pergi ke luar negeri. Sedangkan visa itu apa sih?

Visa adalah berkas yang dikeluarkan oleh negara tujuan sebagai tanda izin dan diperbolehkan masuk oleh negara tersebut dengan ketentuan waktu tertentu. Biasanya, di negara-negara tertentu hanya meminta paspor, namun di beberapa negara lainnya juga membutuhkan adanya visa sebagai persyaratan lengkap.

Ternyata, untuk kuliah di luar negeri pun, kamu memerlukan visa. Visa jenis apa untuk mahasiswa internasional? Apakah ada jenis visa khusus untuk mahasiswa internasional?


Apa tipe visa untuk mahasiswa internasional?

Pada dasarnya, terdapat beberapa jenis visa sesuai dengan kebutuhannya. Untuk kepentingan bisnis, pendidikan, atau untuk turis yang banyak melakukan perjalanan ke luar negeri. Jika keperluannya untuk kuliah di luar negeri, maka jenis visanya adalah visa student.

Visa student dapat digunakan mahasiswa selama kuliah di luar negeri, berlaku selama masa pendidikan tersebut termasuk waktu libur. Visa ini tidak dapat digunakan untuk melakukan pertukaran pelajar.

Di Amerika, Visa student disebut Visa F dan dibagi menjadi 2 jenis.

Visa F1 : Digunakan mahasiswa untuk belajar di Universitas atau perguruan tinggi, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Dasar Swasta, Seminari, Konservatorium, Institusi akademik lainnya, termasuk program pelatihan bahasa.

Visa M: Digunakan untuk mengikuti kursus, Kejuruan atau institusi non akademik lainnya yang diakui, selain program pelatihan Bahasa

 

Bagaimana cara membuatnya?

Cara membuat visa ada beberapa langkah. Ada beberapa dokumen pula yang perlu dipersiapkan.

1. Registrasi sesuai negara tujuan

Kamu perlu mendaftarkan diri ke kedutaan atau Visa Center negara tujuanmu. Saat ini kamu sudah bisa mendaftar melalui website resmi milik kedutaan besar negara tujuanmu dan membaca syarat dan ketentuan yang dibutuhkan. Kamu juga bisa langsung menjadwalkan sesi wawancara dan verifikasi dokumen pada website tersebut.

2. Dokumen yang perlu disiapkan

Untuk membuat visa, dokumen yang perlu dipersiapkan antara lain:

  • KTP dan paspor yang masih berlaku
  • Formulir permohonan
  • Surat keterangan terdaftar prodi di institusi pendidikan
  • Bukti pembayaran visa
  • Dokumen keuangan seperti slip gaji, buku tabungan dan rekening koran
  • Pas foto

3. Verifikasi dokumen dan wawancara

Proses verifikasi berkas-berkas di atas berlangsung di pusat visa atau kedutaan. Bawa berkas-berkas di atas sekaligus dengan fotokopiannya. Karena antrian pembuatan visa sangat panjang, sebaiknya kamu datang lebih awal.

Visa yang kamu ajukan akan diurus selama 5 hari kerja atau setidaknya satu minggu. Pengambilan visa tidak dapat diwakilkan oleh siapapun, sehingga kamu harus mengambilnya sendiri.


Jika kamu ingin kuliah di luar negeri, kamu harus memperhatikan apa saja persyaratan yang harus kamu penuhi dan dokumen apa saja yang harus kamu bawa. Untuk bisa sampai di luar negeri pun, ada hal-hal yang harus kamu persiapkan. Maka dari itu, baca persyaratan kuliah di luar negeri dengan seksama.

Kalau kamu masih bingung dan membutuhkan panduan kuliah di luar negeri termasuk pengurusan visa ini, kamu bisa hubungi Vista Education. Vista Education merupakan konsultan pendidikan yang akan membantumu menyiapkan keperluan sebelum kuliah di luar negeri hingga hari keberangkatan.