Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Tipe Kepribadian dan Jurusan yang Cocok Untukmu

Tipe Kepribadian dan Jurusan yang Cocok Untukmu

Sebelum memilih jurusan untuk kuliah, kamu bisa melihat kecocokannya berdasarkan kepribadianmu.

Menurut Hipocrates, tipe kepribadian ada 4. Yaitu sanguinis, koleris, plegmatis, dan melankolis. Keempat kepribadian ini tentu berbeda dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mereka juga punya ciri khas yang bisa menjadi petunjuk untuk mencocokkannya pada jurusan perkuliahan.


Sebelum mengetahui jurusan yang cocok denganmu, kenali dulu yuk apa saja tipe-tipe kepribadian menurut Hipocrates berikut.


1. Sanguinis

Ciri-ciri orang dengan kepribadian ini adalah optimis dan memiliki semangat yang tinggi. Sifat kepribadian ini adalah ramah, mudah bergaul, suka mendapat perhatian, kreatif, dan pandai mendominasi dalam kelompoknya.

Tipe kepribadian ini tidak suka menghadapi situasi serius, hal-hal yang rumit dan tidak egois serta mudah lupa. Tipe sanguinis juga kurang bisa berkomitmen untuk kepentingan kelompok atau bersama.

Orang dengan kepribadian ini cocok untuk masuk ke dalam jurusan marketing, fashion, pariwisata, kuliner, dan olahraga. Di masa depan, kamu bisa menjadi tour guide, koki, guru olahraga atau pelatih, brand executive, media planner, dan fashion stylist. Jurusan-jurusan tersebut tidak mudah membuatmu stres dan sangat cocok untuk kamu yang selalu ceria.


2. Koleris

Kalau kamu merupakan seorang yang logis, fokus, dan mandiri, maka kamu termasuk ke dalam kepribadian ini. Kepribadian ini biasanya juga dipilih untuk memimpin karena dapat mengambil keputusan dengan tepat serta berani mengambil risiko.

Sayangnya, kepribadian ini cukup emosional atau mudah emosi dan keras kepala. Orang dengan kepribadian koleris mampu menghabiskan waktu untuk mengobrol dengan topik serius.

Untuk kamu dengan kepribadian koleris sangat cocok masuk ke jurusan teknologi, engineering, pemrograman, dan statistika. Nah, di masa depan kamu bisa menjadi network engineer, programmer, aktuaris, hingga bekerja di instansi pemerintah. Kamu dapat bekerja secara teknik, terstruktur, dan tentunya rapi.


3. Plegmatis

Berikutnya adalah kepribadian plegmatis yang dingin, santai, dan cinta damai. Kepribadian ini pandai menjalin hubungan baik dengan orang sekitar, serta dapat terlibat pada banyak kegiatan sosial atau acara amal.

Kepribadian plegmatis memiliki sifat buruk seperti memendam perasaan dan masalah sehingga membuatnya merasa tertahan. Orang dengan kepribadian ini pun selalu mementingkan orang lain dalam membuat keputusan, sehingga keputusan yang diambil cukup lama karena harus memikirkannya matang-matang.

Jika kamu memiliki kepribadian ini, maka kamu cocok untuk masuk jurusan psikologi, ilmu pendidikan, dan keperawatan atau kesehatan. Untuk pekerjaan, mungkin kamu bisa menjadi psikolog, konselor, guru, dan perawat. Pekerjaan tersebut dapat dilakukan dengan lancar berkat kemampuan komunikasi dan jiwa sosialmu.


4. Melankolis

Yang terakhir adalah tipe kepribadian yang memiliki sikap serius dan tekun. Orang dengan kepribadian melankolis mampu membuat rencana dengan detail. Tipe ini juga berjiwa sosial dan cinta keluarga.

Sisi negatif dari kepribadian melankolis adalah terlalu sensitif, sehingga membuatnya susah percaya kepada orang lain karena perasaan khawatir.

Melihat dari sifat-sifat yang dimiliki tipe kepribadian melankolis, jurusan yang cocok adalah administrasi, manajemen, akuntansi, teknik pertambangan dan jurusan sosiologi. Sehingga, untuk ke depannya kamu bisa menjadi admin, manajer, akuntan, hingga bekerja di BUMN energi listrik.


Sudah tahu kamu termasuk kepribadian yang mana? Atau mungkin kamu masih ragu apakah jurusan tersebut cocok denganmu? Kamu bisa konsultasi dengan Vista Education untuk mengetahui seperti apa kamu dan jurusan seperti apa yang cocok untukmu. Kamu juga bisa mengikuti pameran pendidikan WORLDWIDE EDUCATION FAIR 2021 untuk bisa berbicara dengan perwakilan universitas langsung. Klik infonya di sini