Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Teknik Informatika Vs Sistem Informasi

Teknik Informatika Vs Sistem Informasi

Perbedaan teknik informatika dan sistem informasi itu apa saja sih? Meski terlihat sama dan berada di bidang yang sama, kedua jurusan ini memiliki banyak sisi yang berbeda lho

Jurusan teknik informatika dan sistem informasi sangat berbeda meskipun berada di bidang yang sama. Masing-masing bidang juga berfokus pada hal yang berbeda dan berpengaruh terhadap pekerjaan yang akan diambil. Menurutmu, apa saja perbedaan kedua jurusan tersebut? Dan jurusan mana yang akan lebih cocok untukmu?


Pengertian

a. Teknik informatika

Jurusan ini mempelajari tentang teknologi komputer untuk menangani masalah transformasi atau pengolahan data dengan proses logika. Jurusan teknik informatika adalah jurusan yang banyak dibutuhkan oleh BUMN dan instansi pemerintah saat ini. Dari jurusan ini pun, kamu akan berkesempatan untuk bekerja di Google.

Pada teknik informatika, kamu akan lebih menaruh fokus pada teknologi yang dipakai untuk menyusun atau merancang sebuah perangkat dan mempelajari perangkatnya untuk kebutuhan mendapatkan informasi dan sistem operasi perangkat tersebut.

b. Sistem informasi

Sistem informasi merupakan jurusan untuk mempelajari cara mendesain, mengembangkan, serta menjalankan sistem informasi pada organisasi atau perusahaan. Pada perusahaan, kamu yang merupakan lulusan dari jurusan ini akan menjadi ahli sistem informasi yang paling diandalkan.

Kamu akan lebih memfokuskan diri pada informasi yang kamu dapat dan menjalankan, mengolah, serta hal lainnya yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan organisasi. Sehingga kamu perlu familiar dengan data-data yang kamu dapat.


Mata kuliah yang dipelajari

a. Teknik informatika

Pada jurusan teknik informatika, mahasiswa akan mempelajari tentang prinsip terkait ilmu komputer, meliputi proses perancangan, pengembangan, pengujian, sampai evaluasi sistem operasi perangkat lunak. 

Mata kuliah yang dipelajari jurusan teknik informatika adalah strategi algoritma, rekayasa perangkat lunak, Artificial Intelligence (AI), dan pemrograman internet.

b. Sistem informasi

Cakupan jurusan sistem informasi adalah ilmu komputer sebagai landasan dalam menerapkan bidang lain yang dipelajarinya, seperti bisnis dan ekonomi manajemen. Menurut fungsinya, jurusan sistem informasi akan digunakan dalam kebutuhan pemrograman aplikasi perusahaan, administrasi bisnis, hingga sistem informasi akuntansi dan keuangan.

Untuk materi yang dipelajari pada jurusan ini adalah bahasa pemrograman, basis data, struktur data dan algoritma, jaringan komunikasi data, kecerdasan artifisial dan sains data dasar, hingga analisis proses bisnis.

 

Gelar

a. Teknik informatika

Gelar untuk lulusan jurusan teknik informatika adalah Sarjana Teknik (S.T.). Namun, pada kampus tertentu akan memberi gelar Sarjana Komputer (S.Kom.). 

b. Sistem informasi

Pada umumnya, gelar yang seringkali diberikan kepada lulusan jurusan sistem informasi adalah gelar Sarjana Sistem Informasi (S.Si.).

 

Prospek karir

a. Teknik informatika

Lulusan teknik informatika bisa bekerja sebagai insinyur aplikasi, game programmer, software engineering, software developer, data scientist, dan technopreneur. Selain itu, lulusan teknik informatika bisa bekerja sebagai database administrator dan web administrator.

b. Sistem informasi

Prospek karir atau prospek kerja pada jurusan sistem informasi tak beda jauh dengan jurusan teknik informatika. Lulusan jurusan sistem informasi bisa jadi data analyst, data scientist, software developer, programmer analyst, web designer dan computer and information system manager.


Selain jurusan teknik informatika dan sistem informasi, ada jurusan lain yang tidak jauh berbeda dan punya fokus atau konsentrasi yang berfungsi untuk mengembangkan minat dan bakatmu. Jika kamu masih bingung terkait minat dan bakatmu, kamu bisa melakukan tes di Vista Education dengan mengisi formulir. Kamu juga bisa konsultasi untuk memilih jurusan yang cocok untukmu.