Soft Skill yang Wajib Dimiliki di Tahun 2024
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Soft Skill yang Wajib Dimiliki di Tahun 2024

   Soft Skill yang Wajib Dimiliki di Tahun 2024

Sebentar lagi akan memasuki tahun baru nih! Apakah kamu sudah siap menghadapi tantangan di tahun 2024?. 2024 akan menjadi masa yang penuh dengan perubahan dan challenges di berbagai bidang kehidupan. Revolusi industri 4.0 akan terus berkembang seiring dengan perubahan waktu. Hal tersebut tentunya akan memunculkan trend baru. Kita dituntut untuk cepat beradaptasi agar tak tertinggal. Artikel ini akan memuat informasi tentang beberapa soft skill yang wajib kamu miliki sebagai kunci sukses di tahun 2024. Penasaran? Yuk, simak sampai akhir! 

Kreativitas dan Inovasi 

Kemajuan teknologi di masa kini akan memerlukan pemikir kreatif dan inovatif. Robot dan mesin dapat melakukan banyak hal, tetapi mereka tidak bisa menciptakan sesuatu, berimajinasi, dan berinovasi. Teknologi di masa yang akan datang membutuhkan cara berpikir baru yang didapat dari kreativitas manusia. Kemampuan untuk berpikir out of the box dan solutif akan menjadi aset yang berharga buat kamu. Pemahaman tentang design thinking dan metodologi inovasi juga akan menjadi keunggulan tambahan loh! Kamu bisa menjadi kreatif di bidang apapun yang kamu suka. Contoh: kamu adalah seorang mahasiswa jurusan culinary. Yuk coba cari ide makanan baru, dan memiliki nilai jual. Bisa memakai bahan lokal tapi berkonsep eropa, begitu juga sebaliknya.

Komunikasi yang Efektif 

Komunikasi diartikan sebagai kemampuan untuk bertukar informasi antar manusia. Keterampilan komunikasi menjadi salah satu kunci sukses di dunia bisnis. Orang yang bisa mengartikulasikan ide-ide mereka dengan baik akan memiliki keunggulan kolaborasi dengan orang lain. Kamu harus mengasah kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif dan seksama. Artinya, berkomunikasi dengan nada bicara dan bahasa tubuh yang sesuai dan mudah dipahami. Hal ini dimaksudkan agar pesan bisa mudah tersampaikan kepada orang lain. Kamu sudah pasti diharuskan bisa bahasa Inggris. Lebih baik juga bisa bahasa lain seperti china dan korea. Level setelahnya adalah belajar presentasi dan teknik-teknik negosiasi.

Baca Juga: Program Bahasa Inggris di VIP Vista Education

Kemampuan Beradaptasi 

Perubahan cepat dalam teknologi dan lingkungan bisnis menuntut kemampuan beradaptasi yang kuat. Di tahun 2024, individu yang dapat dengan cepat beradaptasi akan memiliki keunggulan kompetitif yang besar. Kemampuan ini mencakup fleksibilitas dalam berpikir, mengubah strategi, dan menghadapi situasi yang tidak pasti. Keterampilan ini bisa kamu kembangkan dengan beberapa cara loh! Cara tersebut antara lain berani mencoba hal-hal baru, menambah wawasan dari berbagai sumber, dan menjalin network dengan orang yang lebih berpengalaman. Ingat, semakin kamu adaptif, maka kamu akan semakin siap untuk menangani masalah. Salah satu cara terbaik untuk belajar mandiri dan beradaptasi di lingkungan global adalah dengan kuliah di luar negeri.

Baca Juga: 12 Cara Jitu Untuk Kuliah di Luar Negeri


 Time Management

Kemampuan manajemen waktu didefinisikan sebagai cara agar bisa mengelola waktu secara efektif. Distraksi dari media sosial, notifikasi, atau arus informasi yang tidak pernah berhenti seolah terus menggoda kamu. Nah, teknik manajemen waktu yang efektif dapat membantu kamu dalam mengatasi masalah-masalah tersebut. Selain itu, aspek penting dalam manajemen waktu adalah kemampuan untuk merancang jadwal yang efisien. Tetapkan deadline untuk menyelesaikan pekerjaan dan aturlah timeline kegiatan dengan baik. Dengan begitu, kamu akan lebih produktif dan tidak membuang waktu untuk hal yang kurang penting. 

Leadership

Leadership atau keterampilan kepemimpinan merupakan salah satu soft skill yang sangat dibutuhkan untuk mengatasi tantangan di era digital. Setiap orang, baik menjadi atasan maupun bawahan, perlu memiliki skill ini jika ingin sukses di dunia profesional. Seorang pemimpin di era digital juga harus mampu menangani perubahan dan mengatasi tantangan. 

Mau mempertajam skill yang mana dulu nih? Semoga bermanfaat ya!



 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !