Seru! Ini dia Jurusan - Jurusan Paling Populer di Asia
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Seru! Ini dia Jurusan - Jurusan Paling Populer di Asia

Seru! Ini dia Jurusan - Jurusan Paling Populer di Asia

Butuh rekomendasi jurusan untuk kuliah di luar negeri? Coba cek ini dulu ya!

Asia adalah benua terbesar di dunia. Tentu, Asia punya banyak sekali negara didalamnya. Beberapa diantaranya juga menjadi negara tujuan favorit untuk kuliah di luar negeri. Ada Singapore, Malaysia, Hongkong, Korea Selatan dan juga China. Kalau Australia terkenal berkat pendidikan penelitian, bagaimana dengan Asia? Kira-kira, mahasiswa yang kuliah di Asia suka ambil jurusan apa aja sih? Yuk kita coba intip: 

Jurusan STEM (Science, Technology, Engineering, Math)

Jurusan di bidang STEM adalah jurusan favorit mahasiswa di Asia. STEM ini dapat dibagi lagi menjadi lebih luas.

Science

Di bidang science, mahasiswa di Asia banyak yang menyukai biologi. Biologi adalah jurusan yang mempelajari lingkungan, tumbuhan, hewan, dan manusia. Cakupan pembelajarannya cukup banyak, sehingga prospek kerjanya juga bisa luas. Bahkan, mahasiswa lulusan science bisa bekerja di bidang kesehatan juga lho!

Technology

Jurusan Computer and Information Sciences adalah salah satu jurusan tentang teknologi yang jadi favorit para mahasiswa di Asia. Apalagi sekarang. Semua hal pakai teknologi informasi. Dari kita memesan transportasi, pesan makanan, booking hotel, berbelanja, konsultasi dokter, semua pakai produk IT. Belum lagi Internet of Things (IoT). Cabang ilmu baru yang mengkombinasikan elektronika industri dan juga IT. IoT mulai menjadi jurusan tersendiri. Salah satu universitas yang menyediakan jurusan ini adalah James Cook University di Singapore.

 

Engineering

Menurut data dari Statista Research Department, jurusan teknik memiliki mahasiswa asal Asia yang cukup besar. Sebanyak 26% mahasiswa Asia memilih jurusan teknik karena jurusan ini juga cukup populer di kalangannya.

Jurusan di bidang teknik pun ada banyak. Seperti teknik mesin, teknik nuklir, teknik kimia, teknik sipil, dan lain-lain. Singapore juga masih menjadi negara yang memiliki jurusan engineering terbaik. Ada National University of Singapore, Singapore Institute of Management, Singapore Institute of Technology dan masih banyak lagi

Math

Jurusan matematika mempelajari hubungan antara angka, struktur dan pola. Kelas mereka berkisar dari aljabar hingga statistik. Mahasiswa akan mempelajari keterampilan seperti logika, analisis, pemikiran abstrak, dan pemecahan masalah. Para ahli matematika punya opsi kerja yang cukup beragam. Diantaranya adalah professor, aktuaria, Market Research Analyst, Economist. Aerospace Engineer dan Financial Analyst. Universitas Asia terbaik yang memiliki jurusan matematika adalah National University of Singapore dan Tsinghua University. Oh ya, Taylors University di Malaysia juga bisa kamu pertimbangkan lho. 


Jurusan Bisnis

Si jurusan yang tidak pernah ada matinya. Bisnis tetap populer meski banyak jurusan baru di bidang teknologi yang muncul. Jurusan bisnis mempersiapkan mahasiswanya untuk menjadi seorang yang cakap dalam mengelola perusahaan. Baik saat mereka berkarya di company lain, atau saat mereka merintis usahanya sendiri. Di beberapa tempat, jurusan bisnis terbagi menjadi beberapa bagian. Ada international business, finance, marketing, ekonomi, product management dan lain-lain. 


Statistics and Decision Science

Mahasiswa di Asia juga memiliki minat yang tinggi pada jurusan statistik. Statistik tidak hanya membahas soal prediksi cuaca dan mengumpulkan informasi untuk kebutuhan pemerintahan. Sekarang hampir di setiap bisnis membutuhkan data statistik untuk mengembangkan bisnis mereka dan membuat keputusan terkait bisnis yang dijalankan.

Terlebih, pamor saham dan investasi diprediksi kian meroket. Dan tentu saja, data statistik akan sangat dicari kedepannya. 

Itu dia sejumlah jurusan terfavorite mahasiswa di Asia sekaligus alasan jurusan tersebut menjadi favorit mereka. Jurusan yang dipilih rata-rata merupakan jurusan yang memiliki peluang besar di masa depan. Kamu ragu mau pilih jurusan apa? Atau kamu bingung mau kuliah di mana? Langsung diskusi dengan konsultan pendidikan kami saja! Klik icon kuda di kiri bawah atau isi form konsultasi ya!

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !