Sekolah Masak Terbaik di Australia, Le Cordon Bleu Australia !
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Sekolah Masak Terbaik di Australia, Le Cordon Bleu Australia !

Sekolah Masak Terbaik di Australia, Le Cordon Bleu Australia !

Sekolah masak terbaik dan bergengsi di Australia, Le Cordon Bleu berhasil mencetak alumni sukses di seluruh dunia ! Informasi yang Anda perlu ketahui terkait Le Cordon Bleu Australia dari kurikulum, biaya, dan prospek karir bisa ditemukan disini !

Jika Anda ingin memulai karir di industri kuliner, sekolah masak adalah cara yang tepat untuk memulai. Sekolah masak akan memberikan Anda keterampilan dan pengetahuan yang Anda butuhkan untuk sukses di industri ini. Siapa yang tidak tahu Le Cordon Bleu yang sukses mencetak alumni yang sukses di seluruh penjuru dunia ? Le Cordon Bleu menawarkan berbagai program pelatihan kuliner dan perhotelan, mulai dari sertifikat dan diploma hingga gelar sarjana dan master. Untuk Anda yang tertarik sekolah masak di Le Cordon Bleu, yuk simak artikel ini ! 

Sejarah Le Cordon Bleu 

Le Cordon Bleu (LCB) adalah jaringan sekolah kuliner dan perhotelan internasional yang berpusat di Paris, Prancis. Sekolah ini didirikan pada tahun 1895 oleh jurnalis dan penerbit majalah La Cuisinière Cordon Bleu, Marthe Distel. Pada awalnya, Le Cordon Bleu hanya menerima siswa perempuan. Program pelatihannya berfokus pada teknik memasak klasik Prancis. Pada tahun 1950, Le Cordon Bleu mulai menerima siswa laki-laki.

Le Cordon Bleu memiliki lebih dari 35 institut di 20 negara di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Prancis, Australia, dan Jepang. Bagi pelajar Indonesia yang ingin sekolah masak tapi tidak ingin pergi terlalu jauh dari Indonesia, Le Cordon Bleu Australia menjadi salah satu opsi yang terdekat. 

Sekolah Masak Terbaik Le Cordon Bleu Australia

Le Cordon Bleu Australia memilik empat kampus yang tersebar di Adelaide, Brisbane, Melbourne dan Sydney. Apa beda dari keempat Le Cordon Bleu yang berada di Australia ini ? 

Le Cordon Bleu Adelaide

Le Cordon Bleu Adelaide terletak di kota yang dikelilingi oleh taman yang indah, ruang terbuka hijau dan kehidupan yang tenang dengan kuliner yang datang dari berbagai macam negara, wine, dan seni. Berikut beberapa jurusan yang tersedia di Le Cordon Bleu Adelaide : 

1. Certificate III in Commercial Cookery 
Program ini mengajarkan para murid untuk belajar tentang pengetahuan dan keterampilan dasar terkait teknik kuliner Perancis klasik yang mendasari semua masakan kontemporer. Jika Anda tertarik untuk membaca lebih lanjut terkait sertifikasi ini, Anda bisa cek disini.

2. Certificate IV in Kitchen Management 
Sertifikasi ini merupakan program lanjutan dari Certificate III in Commercial Cookery. Program ini nantinya akan mempelajari lebih lanjut mengenai studi kuliner setelah murid kembali dari program magang selama 6 bulan. Informasi lebih lanjut Anda bisa cek disini.

3. Advanced Diploma of Hospitality Management 
Bagi Anda yang ingin mengambil jalur profesional untuk mengembangkan keterampilan dalam industri perhotelan maka program ini sangat sesuai untuk Anda. Program ini akan mengajarkan lebih jauh terkait ilmu manajemen dalam perhotelan. Penjelasan lebih lanjut terkait program ini Anda bisa cek disini.

4. Certificate III in Patisserie
Program ini dibuat secara intensif dan komprehensif bagi murid yang ingin belajar mengenai teknik pastry klasik Perancis. Sertifikasi ini juga akan memberikan ilmu terbaru tentang cara membuat pastry, jika Anda tertarik untuk tau lebih lanjut mengenai program ini Anda bisa cek disini. 

5. Certificate IV in Patisserie 
Sertifikasi ini bisa diambil jika murid sudah menyelesaikan program sebelumnya yaitu Certificate III in Patisserie. Studi kuliner tingkat lanjut ini dilakukan setelah program 6 bulan magang. Informasi lebih lanjut terkait program ini Anda bisa cek disini.

Le Cordon Bleu Brisbane 

Berbeda dengan Le Cordon Bleu yang berada di Adelaide, Le Cordon Bleu Brisbane terletak di sungai yang berada di South Bank. LCB Brisbane juga dikelilingi oleh kafe dan restoran populer, galeri seni, taman dan juga letaknya yang berdekatan dengan pantai. Beberapa jurusan yang ditawarkan oleh LCB Brisbane sebenarnya hampir sama dengan yang ada di Adelaide dalam bidang Cuisine dan Pattiserie namun yang membedakan adalah adanya program Grand Diplôme. Program ini akan mempelajari kedua sertifikasi yang telah dijelaskan di kampus LCB Adelaide yaitu Certificate III in Commercial Cookery & Certificate III in Patisserie. Gelar yang akan didapat dari program ini tentu akan menunjang kualifikasi para muridnya dalam karir bidang kuliner kedepannya. Jika Anda tertarik membaca lebih lanjut terkait pogram ini, Anda bisa cek disini.

Le Cordon Bleu Melbourne 

LCB Melbourne terletak di lokasi yang dikelilingi oleh pusat kuliner dan hiruk pikuk perkotaan yang menawarkan berbagai budaya restoran dari seluruh dunia. Program- program yang tersedia di LCB Melbourne hampir sama dengan LCB yang ada di Adelaide dan Brisbane. Program- program yang tidak ada di di kota sebelumnya yaitu:

1. Evening Short Couse 

  1. Les Fondements de La Cuisine- 5 Weeks (Saturday Classes) 
    Program short course ini cocok bagi murid yang memang memiliki waktu terbatas untuk belajar memasak. Dalam proses pembelajaran selama 6 minggu, Anda akan belajar mengenai resep dan teknik terbaru dalam memasak. Informasi lebih lanjut terkait program ini, Anda bisa cek disini.
  2. Les Fondements de La Pâtisserie- 5 Weeks (Saturday Classes) 
    Berbeda dengan short course sebelumnya, pada program ini Anda akan belajar terkait teknik dan resep pastry khas Perancis. Tentunya selama proses belajar mengajar Anda akan dipimpin oleh chef kelas dunia yang tidak perlu dipertanyakan lagi pengalaman dalam bidang kuliner. Jika Anda tertarik untuk mengambil program ini, Anda bisa melihat informasi lebih jelas disini.
  3. Les Fondements de La Boulangerie (Weekday Classes)
    Berbeda dengan program sebelumnya yang hanya diadakan pada hari sabtu saja, untuk program les fondements de la boulangerie akan diadakan 2 kali dalam seminggu pada hari kerja. Bagi Anda yang tertarik untuk belajar lebih banyak terkait roti khas Perancis maka kursus ini sangat cocok. Penjelasan lebih lanjut terkait program ini Anda bisa cek disini. 

  2. Hospitality Management 

  1. Bachelor of Business 

    Tidak hanya mempunyai fokus dalam program pembelajaran dalam bidang kuliner, Le Cordon Bleu juga menawarkan program bachelor dalam bidang lain contohnya seperti jurusan bisnis. Jurusan ini menawarkan fokus bisnis untuk manajemen perhotelan. Dengan durasi kuliah yang lebih singkat daripada di Indonesia yaitu hanya tiga tahun, program ini bisa menjadi pilihan bagi pelajar Indonesia yang ingin belajar lebih lanjut tentang perhotelan. Informasi lebih lanjut terkait program ini Anda bisa cek disini. 

  2. Bachelor of Business Administration 

    Jika Anda tertarik belajar tentang analisa pasar untuk bisnis Anda atau ingin mengembangkan produk atau jasa baru, program ini bisa menjadi salah satu pilihan. Ilmu terkait administrasi bisnis ini akan menjadi skillset yang dibutuhkan individu yang ingin menjadi profesional di sebuah perusahaan. Penjelasan lebih lengkap terkait jurusan ini, Anda bisa cek disini

  3. Master of Business Administration 

    Seseorang yang mempunyai jenjang pendidikan yang lebih tinggi akan mendukung kredibilitas inividu dalam profesinya. Salah satu cara yang bisa ditempuh yaitu mengambil magister dalam bidang administrasi bisnis. LCB Melbourne menawarkan program ini yang memiliki fokus dalam manajemen hotel. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa cek disini. 

  4. Bachelor of Business Administration 

    Jika Anda tertarik belajar tentang analisa pasar untuk bisnis Anda atau ingin mengembangkan produk atau jasa baru, program ini bisa menjadi salah satu pilihan. Ilmu terkait administrasi bisnis ini akan menjadi skillset yang dibutuhkan individu yang ingin menjadi profesional di sebuah perusahaan. Penjelasan lebih lengkap terkait jurusan ini, Anda bisa cek disini

Baca Juga : Panduan Lengkap untuk Kuliah di Melbourne, Australia

Le Cordon Bleu Sydney 

LCB Sydney mempunyai beberapa program yang sama dengan LCB di kota lain yang ada di Australia. Program yang membedakan LCB Sydney dengan program yang ada di kota lain yaitu dua program bachelor dalam bidang hospitality management yaitu: 

  1. Bachelor of Business in International Hotel Management 
    Jika Anda ingin belajar terkait keterampilan dalam berkomunikasi, pengetahuan terkait marketing, dan strategi bisnis dalam pengelolaan hotel atau resort jurusan yang ada di LCB Sydney ini sangat cocok dengan Anda. Jenjang karir gemilang seperti resort manager, event management atau sales & marketing manager menunggu Anda ! Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa cek disini.
  2. Bachelor of Business in International Restaurant Management 
    LCB Sydney juga menawarkan jurusan yang mempunyai fokus dalam aspek kewirausahaan dan kuliner perhotelan, manajemen usaha, marketing, dan manajemen wine & beverage secara bersamaan. Jika Anda tertarik menjadi manajer restoran, manajer resort, atau pemilik usaha maka jurusan ini bisa menjadi salah satu opsi. Informasi lebih lanjut terkait jurusan Business in International Restaurant Management bisa cek disini.

Biaya Kuliah di Le Cordon Bleu Australia 

Biaya kuliah di kampus Le Cordon Bleu yang ada di Australia sangat variatif tergantung jurusan atau sertifikasi yang mau diambil. Berikut perbandingan biaya kuliah 4 kampus LCB yang ada di Australia bagi pelajar internasional:

Kampus Le Cordon Bleu Australia  Estimasi Biaya Kuliah*
Le Cordon Bleu Adelaide AU$ 13,081 - AU$ 66,729
Le Cordon Bleu Brisbane  AU$ 13,081 - AU$ 66,729
Le Cordon Bleu Melbourne  AU$ 3,180 - AU$ 66,729
Le Cordon Bleu Sydney AU$ 3,180 - AU$ 69,860

*Data diambil per 23 Januari 2024 dapat berubah sesuai dengan ketentuan Le Cordon Bleu Australia

Baca Juga : Biaya Kuliah di Australia dalam Rupiah

Kuliah di Le Cordon Bleu Australia Bersama Vista Education 

Sekolah masak di salah satu pencetak alumni sukses di seluruh dunia merupakan suatu kebanggaan yang tidak ternilai. Bagi Anda yang mempunyai impian untuk sukses memiliki skill memasak dan memiliki gelar dari sekolah masak ternama, Le Cordon Bleu Australia bisa menjadi pilihan Anda ! 

Vista Education merupakan konsultan pendidikan yang memiliki pengalaman lebih dari 25 tahun dalam industri pendidikan. Sejak tahun 1998, Vista Education telah berhasil memberangkatkan puluhan ribu murid ke negara dan universitas impian mereka. 

Persiapkan kebutuhan kuliah di luar negeri Anda bersama Vista Education, Anda bisa menghubungi kami dengan klik tombol WhatsApp atau isi datamu disini. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !