Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Rame Drama Hometown Cha-Cha-Cha, Yuk Cari Tahu Tentang Jurusan Kedokteran Gigi

Rame Drama Hometown Cha-Cha-Cha, Yuk Cari Tahu Tentang Jurusan Kedokteran Gigi

Shin Minah berperan jadi dokter gigi nih, yuk cari tahu seperti apa ya jurusan kedokteran gigi itu

Setelah sukses bikin second lead syndrom di drama Start-Up, kini Kim Seon Ho kembali beraksi dalam drama terbarunya, yaitu Hometown Cha-Cha-Cha. Ia membintangi drama tersebut bersama Shin Min Ah, yang berperan sebagai dokter gigi. Sedangkan Kim Seon Ho berperan sebagai pengangguran banyak acara.

Nah, sosok Shin Min Ah sebagai dokter gigi yang jujur , baik hati namun tidak suka basa-basi ini begitu menarik perhatian. Menurutnya, menjadi dokter gigi juga pekerjaan yang mulia sekaligus menghasilkan banyak uang. Wah, apakah kamu juga tertarik menjadi seorang dokter gigi? Yuk cari tahu dulu tentang jurusan ini

Seperti apa jurusan kedokteran gigi?

Jurusan kedokteran gigi merupakan jurusan di bidang kesehatan yang mempelajari kesehatan dan estetika area gigi dan mulut, dan penanganan serta pengobatan permasalahan di area tersebut.

Tak hanya itu, jurusan ini juga mengulas tentang perawatan dan promosi kesehatan mulut, kerja gigi dan lidah, hingga kesadaran tentang pentingnya menjaga kesehatan mulut. Maka dari itu, jangan hanya terpaku pada namanya lalu mengira hanya mempelajari gigi ya kawan kawan.


Apa saja yang dipelajari di jurusan kedokteran gigi itu?

Seperti pada deskripsinya, jurusan kedokteran gigi tidak hanya mempelajari kesehatan gigi dan cara perawatannya. Kamu juga mempelajari tentang penyakit jaringan penyangga gigi, hingga skills lab pembuatan gigi tiruan lepas sebagian maupun penuh.

Kemudian, kamu akan mempelajari berbagai jenis penyakit atau gangguan dalam mulut. Antara lain adalah gangguan tumbuh kembang dan oklusi, restorasi pasca endo dan RKG, penyakit jaringan lunak mulut dan kelainan oromaksilofasial.

Banyak pula materi yang harus dipraktikkan, contohnya adalah mempraktikkan cara menambal gigi yang ditanam pada cetakan, tidak langsung ke mulut orang. Ada pula praktik mencetak gigi palsu, cabut gigi, dan pasang kawat gigi.


Jenjang karir lulusan jurusan kedokteran gigi

Apa kamu mengkhawatirkan masa depan seorang lulusan dokter gigi? Biasanya, lulusan kedokteran gigi akan membuka tempat klinik, praktik di instansi kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit dan menerima gaji sebesar 6 juta rupiah.

Perlu kamu tahu, lulusan dalam negeri dan luar negeri memiliki angka gaji yang berbeda. Untuk lulusan luar negeri, dokter gigi baru yang terkualifikasi bisa meraih gaji hingga 47 juta rupiah per bulan lho!

Itu masih dokter yang tergolong baru. Untuk dokter gigi berpengalaman yang bekerja di lembaga pemerintah akan memperoleh gaji yang besarnya hampir dua kali lipat dokter gigi pemula. Sedangkan dokter gigi berpengalaman yang bekerja di lembaga swasta dapat meraih gaji di angka 200 juta rupiah per bulan. Fantastis bukan?

Seorang dokter gigi tidak hanya bekerja di tempat praktik atau instansi kesehatan, tetapi juga menjadi tenaga medis institusi TNI dan Polri. Pun, dokter gigi dapat terlibat dalam pelayanan medis maupun non-medis di pusat pelayanan kesehatan.

Dokter gigi juga terbuka akan dunia media dan jurnalisme. Dengan menjadi pengisi konten kesehatan gigi dan mulut misalnya atau menjadi narasumber di televisi untuk suatu talk show atau acara kesehatan.


Universitas terbaik di luar negeri dengan jurusan kedokteran gigi

Kamu bisa menemukan universitas terbaik di luar negeri dengan jurusan kedokteran gigi lho! Kira-kira dimana saja ya?

  • University of Hong Kong
  • King’s College London
  • University of Michigan
  • Academic Centre for Dentistry Amsterdam
  • Tokyo Medical and Dental University


Masih ragu dan butuh informasi lebih tentang jurusan kedokteran gigi? Yuk mulai diskusi dengan konsultan pendidikan Vista Education