Prediksi Jurusan Baru Paling Banyak Diminati di 2022 Yuk!
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Prediksi Jurusan Baru Paling Banyak Diminati di 2022 Yuk!

Prediksi Jurusan Baru Paling Banyak Diminati di 2022 Yuk!

Meskipun pandemi melanda, inovasi di berbagai bidang selalu ada, salah satunya di bidang pendidikan. Munculnya prediksi jurusan baru ini dipicu dari kemajuan teknologi dan perubahan kehidupan di sekeliling. Kira-kira apa ya prediksi jurusan baru tahun ini?

Walaupun dihantam pandemi sejak 2020, dunia tidak pernah berhenti rubuh. Buktinya, makin banyak teknologi dan penemuan ilmiah yang bermunculan. 2 Tahun ini juga memaksa kita untuk beradaptasi dengan cepat. Mencari solusi, opsi dan pengetahuan baru lebih tepat. Alhasil, dunia juga membutuhkan ahli-ahli baru yang relevan dengan kondisi sekarang. Maka tak heran, banyak jurusan baru di dunia pendidikan ikut muncul. Jika tahun lalu kita melihat lahirnya jurusan digital marketing, e-commerce dan cybersecurity, kira-kira jurusan apa saja ya yang akan hadir di 2022?

Data Science

Sebelumnya, data science ini dikenal sebagai data science and analytics. Jurusan ini diprediksi akan jadi jurusan baru atau jurusan yang dikembangkan dengan inovasi terbarunya. Dalam jurusan ini, mahasiswa akan mendapat ilmu mengenai data pada informasi tertentu, proses menganalisis dan memvisualisasikan data, hingga mengatur informasi yang didapat menjadi sebuah laporan.

Seiring berkembangnya waktu, volume data semakin banyak. Meskipun terdapat mesin atau perangkat lunak yang dapat memudahkan proses analisis data, masih harus dibutuhkan orang yang bisa menjalankan mesin tersebut dan memproses datanya. Maka dari itu, mahasiswa jurusan data science ini, nantinya akan belajar pula tentang bahasa pemrograman, perangkat lunak visualisasi data, dan pembelajaran mesin. Nantinya, hasil laporan tersebut dapat digunakan pada bisnis hingga pemerintah.

Homeland Security Management

Di luar negeri, khususnya Amerika, homeland security management diprediksi akan menjadi jurusan baru. Pasalnya, di Amerika sendiri tingkat ancaman keamanannya cukup tinggi. Jurusan ini memiliki konsep yang hampir mirip dengan jurusan kriminologi. Namun, tentu saja ada perbedaan mengenai homeland security management dan kriminologi ini.

Jurusan manajemen keamanan dalam negeri dapat menjadi jembatan bagi mahasiswa yang ingin bekerja di lembaga penegak hukum. Mahasiswa akan mendapat pengetahuan tentang terorisme, teror di dunia maya, manajemen krisis, dan kelas ekstensif perencanaan bencana. Di jurusan ini, kamu punya kesempatan juga untuk magang di FBI dan Gedung Putih kalau kamu punya rekomendasi yang kuat dari dosenmu. Wah keren kan? Di Indonesia belum ada jurusan ini, jadi kamu bisa cari jurusan homeland security management di luar negeri.

Biomedical Engineering

Jurusan teknik mungkin akan terus berkembang. Namun, kali ini teknik juga akan berkembang di bidang kesehatan. Saat ini kualitas kesehatan di seluruh negara perlu ditingkatkan. Jadi, harus ada kemajuan teknologi yang beriringan dengan berkembangnya ilmu.

Rekayasa biomedis diprediksi menjadi jurusan baru yang bisa diambil oleh mahasiswa yang tertarik dengan kedokteran, biologi, maupun teknik. Menariknya, jurusan ini akan menggabungkan teknik perancangan dengan kesehatan secara langsung. Lulusan ini nantinya dapat menjadi perancang perangkat media revolusioner untuk membantu meningkatkan kualitas kesehatan dan hidup pasien. 

Software Development

Orang-orang berbondong-bondong melakukan transformasi digital untuk segala bisnis dan lain-lain. Untuk bisa beradaptasi di era digital ini, perlu adanya pengembangan perangkat lunak. Jurusan ini diprediksi akan hadir di tahun 2022 ini.

Pelajar atau mahasiswa yang memiliki pengetahuan dasar di bidang teknologi, programming, atau teknik informasi, cocok banget untuk daftar di jurusan ini nantinya. Lulusannya pun dapat bekerja di perusahaan besar atau perusahaan rintisan yang membutuhkan teknisi atau developer.


Pembaruan jurusan perkuliahan ini tidak melulu soal teknologi, tetapi ada juga mengenai keamanan dan kesehatan. Jurusan-jurusan ini ada yang sudah terdapat di universitas di luar negeri namun dengan nama yang berbeda dan mata kuliahnya belum disempurnakan. Kalau kamu berminat untuk cari tahu lebih lengkap tentang jurusan baru, hubungi Vista Education saja yuk!

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !