Perbedaan Pemakaian "Good Night" dan "Good Evening"
Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Perbedaan Pemakaian "Good Night" dan "Good Evening"

Perbedaan Pemakaian

Apa bedanya 'Good Night' dan 'Good Evening'? Temukan penjelasan mendetail tentang kapan dan bagaimana menggunakan kedua ucapan ini dengan benar dalam bahasa Inggris.

Saat berinteraksi dengan orang lain, kita seringkali menggunakan ungkapan salam seperti "Good Night" dan "Good Evening" untuk menyampaikan salam dan berkomunikasi dengan baik.  Walaupun Good evening dan good night sama-sama frasa bahasa Inggris yang berarti "selamat malam". Namun, terdapat perbedaan dalam penggunaannya:

Perbedaan Arti dan Penggunaan

  • "Good evening" digunakan sebagai salam sapaan di malam hari, biasanya dalam konteks formal dan profesional seperti dalam seminar, pidato, atau berbicara dengan atasan atau klien. Frasa ini setara dengan "hallo" atau "hi" dan umum digunakan sebagai salam sapaan yang formal dan sopan.

  • Sebaliknya, "good night" digunakan sebagai salam perpisahan di malam hari, biasanya ketika hendak berpisah dengan lawan bicara. Frasa ini setara dengan "goodbye" dan umum digunakan sebagai salam perpisahan yang formal dan sopan.

Waktu Penggunaan

  • "Good evening" digunakan mulai pukul 6 sore hingga 8 malam, walaupun masih gelap, tetapi tidak boleh digunakan sebagai salam perpisahan. Untuk salam perpisahan, digunakan "good night" atau "have a good evening".

  • "Good night" digunakan ketika hendak berpisah dengan lawan bicara, biasanya di akhir percakapan, seperti ketika hendak tidur, pulang, atau berangkat kerja di malam hari.

Baca juga artikel kami lainnya : Penggunaan Mr, Ms, Miss, dan Mrs dalam Bahasa Inggris Yang Benar

Contoh Penggunaan

Berikut adalah artikel contoh penggunaan "good evening" dan "good night":

  • "Good evening, sir. How may I help you?" (Selamat malam, Pak. Ada yang bisa saya bantu?)
  • "Good evening, Mike. How are you doing?" (Selamat malam, Mike. Bagaimana kabar Anda?)
  • "Good evening, ladies and gentlemen..." (Selamat malam, bapak ibu...)
  • "Good evening, everyone. How are you all doing tonight?" (Selamat malam, semuanya. Bagaimana kabar kalian malam ini?)
  • "I'm going to the movies tonight. Good evening!" (Aku akan pergi ke bioskop malam ini. Selamat malam!)
  • "Good night, Nadia. See you tomorrow." (Selamat malam, Nadia. Sampai jumpa besok.)
  • "Good night, dad. I'm going to bed." (Selamat malam, ayah. Aku akan tidur.)
  • "Good night, honey. I love you." (Selamat malam, sayang. Aku mencintaimu.)
  • "I'm going to bed now. Good night!" (Aku akan tidur sekarang. Selamat malam!)

Dalam kesimpulan, meskipun keduanya digunakan untuk menyampaikan salam dan mengucapkan selamat malam, ada perbedaan penting antara "Good Night" dan "Good Evening".

"Good Evening" digunakan saat berjumpa dengan seseorang pada sore hari, sementara "Good Night" digunakan saat berpisah dan menjelang waktu tidur. 
Memahami perbedaan ini akan membantu kita menggunakan ungkapan yang tepat dalam berkomunikasi dan menunjukkan kesopanan yang diharapkan.

Baca juga artikel kami lainnya : Perbedaan Have, has, dan had

 

Belajar bahasa Inggris Bareng Vista Education, Yuk!

Setelah Anda memahami perbedaan  "Good Night" dan "Good Evening",  serta cara penggunaannya dengan benar. Kini, Anda bisa langsung menggunakannya dalam percakapan bahasa Inggris sehari - hari.

Namun, Jika Anda saat ini masih bingung atau membutuhkan bantuan dalam belajar bahasa Inggris, Anda bisa lho mencoba join kelas bahasa inggris di vista education.

Kami menyediakan master teacher yang bisa membantu Anda meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda. Mulai dari reading, writing, listening hingga speaking!

Kami mempunyai program-program super lengkap ada TOEFL dan IELTS Preparation Course, Conversation Class, General English, dan masih banyak lagi.

Yuk diskusi dengan konsultan kami sekarang, disini! Atau hubungi kami via whatsapp dibawah

Konsultasi Gratis
Isi form untuk memulai konsultasi gratis !