Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Penting! Berikut Negara yang Sudah Buka Border untuk Kuliah di Luar Negeri

Penting! Berikut Negara yang Sudah Buka Border untuk Kuliah di Luar Negeri

Covid-19 belum kunjung reda, banyak mahasiswa sudah resah ingin kuliah offline. Kamu sebagai mahasiswa internasional harus tahu daftar negara-negara yang sudah buka perbatasan di tahun 2022 ini.

Sudah mulai kangen ya untuk kembali masuk kuliah tatap muka? Banyak border dibuka namun cuma buat turis nih, mahasiswa kapan? Ini dia ada kabar positif dari beberapa negara yang telah membuka border bagi pelajar internasional. Negara mana saja ya?


Singapore

Kabar baik nih karena perbatasan Singapore telah dibuka sejak 29 November 2021 lalu. Sebagai negara yang banyak diincar mahasiswa internasional, langkah Singapura cukup tanggap untuk membuka border pula. 

Apakah ada persyaratan wajib sebelum memasuki negara Singapura? Tentu ada, yaitu kamu harus menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 menggunakan tes PCR atau tes cepat antigen (ART) paling lambat 2x24 jam sebelum keberangkatan ke Singapore.

Malaysia

Mulai tanggal 1 Januari 2022 kemarin perbatasan di Malaysia sudah dibuka untuk pengunjung asing. Dewan Pemulihan Nasional Malaysia (NRC) telah mempertimbangkan tingkat vaksinasi di Malaysia yang sudah cukup tinggi.

Pemerintah Malaysia sudah mengizinkan mahasiswa-mahasiswa lama ataupun baru yang ingin mendaftar kuliah. Perizinan diberikan kepada seluruh mahasiswa internasional kecuali yang berasal dari Inggris. Mahasiswa internasional yang diizinkan perlu menjalani tes Covid-19 dan karantina selama 2 minggu di stasiun karantina yang telah ditentukan oleh Pemerintah.

Swiss

Kamu sudah melakukan vaksin lengkap dan siap melakukan penerbangan untuk berangkat kuliah? Swiss jadi salah satu negara yang buka perbatasan untuk para wisatawan dan mahasiswa internasional. Bahkan, apabila kamu suka bervaksin lengkap, kamu tidak perlu melakukan karantina di negara ini.

Kamu bisa mengajukan aplikasi visa Schengen dari Swiss untuk kamu yang sudah bervaksin lengkap. Warga Indonesia yang akan mengajukan visa diarahkan ke situs web VFS Global. Isi formulir untuk mengetahui dokumen dan biaya yang harus disiapkan. 

Australia

Australia menjadi salah satu negara yang sudah buka border untuk mahasiswa internasional. Di sejumlah kota-kota di Australia seperti Queensland, New South Wales, Victoria, dan Western Australia telah merilis rencana kedatangan pelajar internasional.

Bagi mahasiswa internasional yang ingin kembali kuliah di Australia harus tahu jenis vaksin Covid-19 yang disetujui oleh Therapeutic Goods Administration. Jenis vaksinnya adalah 

  • Coronavac (Sinovac)
  • Vaxzevria (AstraZeneca)
  • Covishield (AstraZeneca)
  • Spikevax (Moderna)
  • Takeda (Moderna)
  • Comirnaty (Pfizer)
  • Janssen-Cilag (Johnson & Johnson)
  • Covaxin (Bharat Biotech)

USA

Sejak 8 November 2021 kemarin border di USA sudah dibuka untuk turis asing yang ingin berlibur. Kamu yang ingin masuk ke USA, setidaknya telah melakukan vaksinasi dengan jenis yang diterima di USA dan diizinkan Food and Drug Administration (FDA), yaitu Pfizer, Modernam dan Johnson & Johnson. Namun, USA juga mengizinkan jenis vaksin seperti AstraZeneca dan Sinovac.

Pada 8 Januari 2022 kemarin, USA sedang mencapai level tertinggi terhadap adanya virus Omicron. Bahkan, banyak dokter dan perawat yang mengalami kelelahan dan frustrasi akibat lonjakan pasien yang tidak divaksin. Jadi, kalau kamu mau ke USA, kamu bisa pikirkan kembali ya. Sejumlah universitas disana juga pasti memiliki kebijakannya sendiri untuk membuka pendaftaran atau pembelajaran tatap muka.


Negara tempat studimu sudah buka belum nih? Kalau belum buka mungkin pada pertengahan tahun nanti. Kamu tinggal tunggu kabarnya saja sambil menjalani kuliah online dengan sabar ya! Untuk yang baru lulus SMA ingin kuliah di luar negeri tahun ini, bisa banget hubungi Vista Education untuk cari tahu informasi universitas hingga beasiswa-beasiswa kuliah di luar negeri yang tersedia.