Gambar header Vista Education Top Left Gambar header Vista Education Top Right
Icon Whatsapp Vista Education

Panduan Memilih Program Online Kuliah di Luar Negeri

Panduan Memilih Program Online Kuliah di Luar Negeri

Ambil program online universitas dari luar negeri? Boleh banget! Baca ini dulu ya

Karena adanya perkembangan teknologi, pembelajaran tidak terbatas dilakukan di dalam kelas. Selama ada koneksi internet dan komputer, kamu bisa kuliah di mana saja tanpa hadir di kampus.. Banyak sekali institusi pendidikan tinggi di luar negeri yang menawarkan pembelajaran jarak jauh dengan sistem online. Tidak heran jika pendidikan di luar negeri dinilai lebih siap dalam menghadapi pandemi ini.

Pilih program dan cek biayanya

Sebelum menentukan pilihan, sebaiknya kamu mencari tahu program apa saja yang tersedia berikut keunggulan dari masing-masing program tersebut. Misalnya dukungan pembelajaran dan aplikasi smartphone yang tersedia. Pilihlah yang sesuai dengan minatmu ya! Selanjutnya kamu bisa membandingkan harga yang ditawarkan oleh masing-masing kampus. Cek juga apakah biaya tersebut sudah all-in.

Periksa akreditasi program dan berapa kredit yang kamu dapat

Akreditasi adalah jaminan kualitas yang diakui oleh banyak pihak, termasuk perusahaan. Nah, akreditasi bisa jadi berbeda pada setiap negara. Jadi, pelajari tentang akreditasi program tersebut di negara yang kamu tuju. Misalnya, akreditasi di US diatur oleh Departemen Pendidikan dan CHEA. Semakin baik akreditasi program, maka kamu akan semakin diperhitungkan di dunia industri.

Kedua adalah masalah kredit (SKS kalau di Indonesia). Pastikan berapa kredit yang akan kamu terima nanti. Jika program online yang kamu ambil adalah level community college, kamu wajib tahu :
apakah kreditmu sudah memenuhi syarat untuk program transfer

Ketahui bagaimana penyampaian materinya

Kuliah memang akan berlangsung jarak jauh, melalui teleconference atau rekaman audio. Namun ada juga program online yang mengharuskan pertemuan di kelas. Tentu tak dapat dilakukan kalau misalnya kamu mengambil program kuliah online di universitas Amerika dari Indonesia. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu apakah ada pertemuan fisik yang bersifat wajib dan apakah memungkinkan jika dilakukan via chatting atau video conference.

Periksa perangkat dan teknologi yang akan kamu butuhkan

Memutuskan untuk kuliah online berarti kamu harus mahir menggunakan teknologi pendukung penyampaian materi. Ketahui perangkat apa saja yang kamu perlukan. Misalnya beberapa software seperti Word, Spreadsheet, PowerPoint, grafis, dan software lain yang terkait dengan bidangmu. Pastikan komputer yang kamu gunakan capable untuk menjalankan program-program tersebut.

Sesuaikan jadwal

Banyak yang beranggapan bahwa kuliah online itu lebih santai dari kuliah tatap muka. Nyatanya, kamu malah harus lebih disiplin dalam menjalani perkuliahan. Mungkin ada beberapa tugas yang harus kamu kumpulkan dalam waktu tertentu dan beberapa forum diskusi online yang harus kamu ikuti. Apalagi jika ada perbedaan waktu yang signifikan antara kedua negara. 

“Kalau saya ikut kelas online dari USA, apakah saya harus bangun dini hari mengikuti jam disana?”

Nah, pertanyaan seperti ini perlu banget kamu konfirmasi. Nyatanya, banyak universitas sudah memiliki cara khusus agar mahasiswa dari berbagai belahan dunia tak perlu terikat dengan jam dari asal kampus.

Mengikuti program kuliah online benar-benar menuntut tanggung jawabmu. Meskipun lebih fleksibel dari kuliah tatap muka, bukan berarti kamu terlewat sibuk sehingga terlambat submit tugas loh. 

Satu hal lagi yang penting. Kamu bisa menghubungi konsultan pendidikan seperti Vista Education  untuk informasi kuliah online ini. Cari tahu juga universitas mana saja yang memiliki program online dan mana yang cocok dengan mu. Serius deh, informasi valid dan komplit itu syarat no 1. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi kami ya.

Siapkah kamu untuk kuliah online di luar negeri tahun ini?